Home / News

Senin, 28 Februari 2022 - 11:34 WIB

1 Maret Ditetapkan sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

NYATANYA.COM, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

“Menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara,” bunyi Diktum Kesatu peraturan yang ditandatangani Presiden Jokowi pada tanggal 24 Februari 2022 yang dikutip melalui laman setkab.go.id pada Minggu (27/2/2022).

Ditegaskan pada Diktum Kedua, Hari Penegakan Kedaulatan Negara bukan merupakan hari libur.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” ditegaskan pada Diktum Ketiga.

Adapun penetapan Hari Penegakan Kedaulatan Negara dilakukan dengan sejumlah pertimbangan.

Pertama, bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945 adalah negara yang merdeka dan berdaulat sehingga dapat mewujudkan tujuan bernegara sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Baca juga   Vaksinasi Lengkap Terbukti Cegah Gejala Berat Hingga Kematian Akibat Covid-19

Kedua, bahwa setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 upaya bangsa Indonesia untuk memperoleh pengakuan kedaulatan dari dunia internasional mendapat perlawanan dari Belanda dengan melakukan agresi militer dan propaganda politik di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ketiga, bahwa peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 yang digagas oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan diperintahkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman serta disetujui dan digerakkan oleh Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta dan didukung oleh Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, laskar-laskar perjuangan rakyat, dan segenap komponen bangsa Indonesia lainnya, merupakan bagian penting dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang mampu menegakkan kembali eksistensi dan kedaulatan Negara Indonesia di dunia internasional serta telah berhasil menyatukan kembali kesadaran dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Baca juga   Puncak Arus Balik, 270 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Jabodetabek

“Dalam rangka menanamkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai sejarah perjuangan bangsa guna memperkuat kepribadian dan harga diri bangsa yang pantang menyerah, patriotik, rela berkorban, berjiwa nasional, dan berwawasan kebangsaan, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan nasional, perlu menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara,” demikian ditegaskan Presiden dalam Keppres 2/2022.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bank Indonesia (BI) meluncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 Kamis (18/8/2022). Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Bank Indonesia Luncurkan Uang Kertas Tahun Emisi 2022, Ini Nominal dan Gambarnya
BPS RI berkunjung secara langsung ke Kota Yogyakarta untuk melakukan Field Evaluation/ Ground Check Tim Visitasi, Rabu (14/12/2022) di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Kelurahan Gunungketur Terpilih Desa Cantik, Siap Maju 12 Besar Tingkat Nasional 2022
TP PKK Sumbar bekerja sama dengan ACT meluncukan "Humanity Food Bus" untuk membantu pemenuhan gizi anak-anak kurang mampu. (Foto:MC Prov Sumbar)

News

Pertama di Luar Jawa, TP PKK Sumbar dan ACT Luncurkan “Humanity Food Bus”
Penumpang kereta api menunggu keberangkatan KA di stasiun. (Foto: KAI)

News

PT KAI Mengimbau Penumpang Alokasikan Waktu agar Tidak Ketinggalan Kereta
Anggota DPR RI Komisi II fraksi Gerindra Andika Pandu Puragabya memberikan sosialisasi 4 Pilar kepada komponen masyarakat di Kecamatan Ngaglik, Sleman. (Foto: Istimewa)

News

Sosialisasikan 4 Pilar, Andika Pandu Ajak Amalkan Nilai-Nilai Pancasila  
Bupati Klaten Sri Mulyani memberikan sosialisasi di kawasan penyumbang terbanyak kasus PMK di Klaten. (Foto: Kominfo-Klt)

News

Dapat 1.500 Dosis, Vaksinasi PMK Jateng Dimulai Besok Pagi
Ilustrasi. Foto: BMKG

News

Cuaca Indonesia Sepekan ke Depan Masih Didominasi Berawan hingga Hujan, Termasuk di Lokasi KTT G20
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/rwa

News

Foto: Kedatangan Pemudik Awal di Aceh