Home / Peristiwa

Jumat, 20 Agustus 2021 - 13:53 WIB

10 Kampung KB di Klaten Jadi Pioner Program ‘Dashat 2021’

Desa Gemblegan, Kalikotes Klaten dipilih secara seremonial dilaksanakan program Dashat disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual. (Foto:Diskominfo Klaten)

Desa Gemblegan, Kalikotes Klaten dipilih secara seremonial dilaksanakan program Dashat disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual. (Foto:Diskominfo Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Sebanyak 10 desa di Klaten melalui Kampung KB-nya dipersiapkan menjadi percontohan pelaksanaan Program Dapur Sehat Atasi Stunting atau Dashat 2021.

Desa Gemblegan, Kalikotes Klaten dipilih secara seremonial dilaksanakan program Dashat disaksikan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual bertempat di Gedung Baru Kominfo, Jumat (20/8/2021).

Acara ditandai dengan pembacaan deklarasi kesiapan pelaksanaan Program Dashat di Klaten oleh Kepala Desa Gemblegan Waloya dan penyerahan alat masak, bahan makanan lokal dan buku menu oleh Ketua TP PKK Klaten Endang Yoga Hardaya didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan, Perlindungan Perempuan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten Muh Nasir.

Baca juga   Ribuan Pedagang Pasar Ditarget Vaksinasi Hingga Akhir Juni

“Kami mempersiapkan 10 desa dengan kampung KB-nya untuk melaksanakan Program Dashat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas. Jadi program ini akan berkelanjutan. Nanti pemerintah memberikan bantuan program pendampingan. Untuk Program Dashat sendiri nanti menggunakan APBD Desa” kata Muh Nasir.

Sedangkan Hasto Wardoyo dalam arahannya menekankan kalau Program Dashat Kampung Keluarga Berkualitas ini untuk menurunkan angka stunting secara keseluruhan. Peluncuran program ini sebagai awalan dan perlu melibatkan banyak komponen.

Baca juga   Vaksinasi 'Drive Thru' Sasar 3.000 Orang

“Program Dashat ini guna membangun generasi sehat bebas stunting khususnya melalui perbaikan gizi di 1000 hari pertama kehidupan. Para orang tua harus pintar dan fokus mempersiapkan bayi. Tidak harus dengan makanan mahal. Ikan, telur dan makan lokal sebetulnya cukup dan tidak harus dengan makan cepat saji. Gunakan uang itu untuk merebut kualitas anak di 1000 hari kehidupan. Semua potensi harus terlibat baik TP PKK, kepala desa, camat, bupati khususnya kader penyuluh sendiri,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Predikat Terbaik dari Peringkat Utama pada Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Raih Penghargaan Kota Layak Anak Terbaik Peringkat Utama 2021
Vaksinasi bagi pekerja sektor transportasi dan juru parkir dalam rangkaian peringatan Hari Perhubungan Nasional 2021. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Harhubnas, Ratusan Juru Parkir Divaksinasi Covid-19
Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020
Menko PMK Muhadjir Effendy didampingi Walikota Gibran Rakabuming Raka meninjau rusunawa Semanggi. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Menko PMK Dukung Pembangunan Ulang Rusunawa Semanggi
Para pedagang di pasar Batang ini juga mengikuti upacara bendera. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Wujud Nasionalisme, Pedagang Pasar Ini Gelar Upacara Bendera
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meninjau pelaksanaan vaksinasi yang digelar OJK DIY di Gedung Grha Sabha Pramana UGM. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

OJK DIY Gelar Vaksinasi untuk 2.000 Mahasiswa UGM
Mentan Syahrul Yasin Limpo kedua dari kiri dan Wabup Boyolali Wahyu Irawan batik merah menanam pohon Stroberi disela-sela kunjungan kerja di Desa Giriroto Kecamatan Ngemplak. (Foto: Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Ngemplak Jadi Percontohan Pertanian Pekarangan Rumah Tangga
Kepala ANRI, Imam Gunarto menyerahkan penghargaan pada Arsiparis Teladan Kabupaten Magelang, Agustina Dwi Krismayanti. (Foto: Dokumentasi Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Arsiparis Kabupaten Magelang Juara Teladan Nasional