Home / Peristiwa

Rabu, 7 Juli 2021 - 10:07 WIB

10 Sekolah di Kota Yogya Raih Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Dalam rangka melaksanakan program sekolah Adiwiyata yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, memberikan penghargaan dibidang peduli lingkungan hidup di sekolah yang disebut sebagai Penghargaan Adiwiyata dengan capaian tingkat Kota.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Kota diberikan langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Drs. Sugeng Darmanto, Selasa (6/7/2021).

Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam upaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga sekolah terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup di sekolah maupun di sekitar.
“Program ini diharapkan dapat mencetak siswa-siswi yang dapat menerapkan perilaku peduli lingkungan saat terjun di masyarakat. Setiap tahunnya pelaksanaan program adiwiyata menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah yang mengikuti dan berhasil membentuk karakter warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah,” papar Sugeng Darmanto.

Baca juga   Ini 10 Pejabat Baru Pemda DIY yang Dilantik Gubernur
Penghargaan Sekolah Adiwiyata Kota Tahun 2021.(Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta berhasil menyaring sekolah-sekolah yang berhak mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Kota berdasarkan Hasil Verifikasi Calon Sekolah Adiwiyata tingkat Kota Yogyakarta yang telah dilaksanakan oleh DLH Kota Yogyakarta pada tanggal 24 Maret hingga 29 April 2021. Adapun Tim Adiwiyata Kota terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta dan Penggiat Lingkungan.

Baca juga   Patroli Malam dan Penegakan PPKM Terus Diintensifkan di Tawangsari

Terdapat 10 sekolah di Kota Yogyakarta yang lolos diantaranya 7 Sekolah Dasar (SD) dan 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Adapun urutan sekolah-sekolah yang lolos dari nilai tertinggi yaitu, Kategori SD/sederajat: SD N Gedongkuning, SD Kanisius Kintelan I, SD N Jetis 2, SD Kanisius Notoyudan, SD N Tegalrejo 2, SD Tamansiswa Jetis, SD N Rejowinangun 1.

Untuk Kategori SMP/Sederajat dimenangi SMP N 1 Yogyakarta, SMP Muhammadiyah 4, SMP Muhammadiyah 9

Penghargaan Sekolah adiwiyata diberikan kepada sekolah yang sudah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) melalui 6 aspek Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH). (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Lowongan 930 Formasi CPNS dan PPPK
Acara pembukaan TMMD Reguler Ke-111. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Peristiwa

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Dibuka Walikota
Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta menyetujui RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Persetujuan RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026 Kota Surakarta
Kasatlantas Polres Boyolali AKP. Yuli Anggraeni dalam acara Donor Darah menyambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Peringati HUT Ke-66 Lantas, Satlantas Polres Boyolali Gelar Donor Darah
Tempat isolasi terpusat ini terwujud berkat gotong-royong para Kades di Kecamatan Karangdowo, Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kades di Karangdowo Patungan Bikin Tempat Isolasi Terpusat
Bidan Desa Nurin Pratiwi Amd. Kebidanan didampingi petugas Babinsa Sabrang Kopda Edy Febrianto dan Banbinkantibmas, memantau pasien Covid-19 yang melakukan isoman. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Peristiwa

Pasien Covid-19 Isoman di Desa Sabrang Rutin Dipantau Bidan Desa
Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala tandai Hari Jadi Wonosobo ke-196 tahun. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Prosesi Hastungkara dan Birat Sengkala di Hari Jadi Wonosobo ke-196 Tahun
Serbuan Vaksin yang digelar Kodim Kota Salatiga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Percepat Vaksinasi, Kodim Kota Salatiga Gelar Serbuan Vaksin