Home / Peristiwa

Minggu, 23 Januari 2022 - 22:38 WIB

12 Hektare Sawah dan Satu Jembatan Rusak Diterjang Banjir di Lampung Tengah

Jembatan yang rusak diterjang banjir di Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Minggu (23/1/2022). (Foto: BPBD)

Jembatan yang rusak diterjang banjir di Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, pada Minggu (23/1/2022). (Foto: BPBD)

NYATANYA.COM, Lampung Tengah – Satu jembatan rusak akibat diterjang banjir di wilayah Desa Sendang Ayu, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Minggu (23/1/2022) sekira pukul 10.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Tengah menginformasikan banjir telah surut. Masyarakat yang terdampak banjir melakukan pembersihan sampah yang terbawa arus air.

Selain jembatan, banjir berdampak 10 unit rumah terendam dan 12 hektare sawah rusak. Saat banjir tinggi muka air berkisar 60 cm.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. menjelaskan, banjir yang berdampak pada 10 KK di Kampung Margorejo, Desa Sendang Ayu, terjadi akibat banjir kiriman dari Kecamatan Banyumas.

Baca juga   BMKG Prediksikan Cuaca Lebih Bersahabat Saat Musim Tembakau

“Hujan lebat mengguyur kawasan hulu pada akhirnya menyebabkan banjir di Kecamatan Padang Ratu pada Minggu (23/1/2022), pukul 10.00 WIB,” jelas Abdul Muhari dalam keterangan resminya.

Melihat analisis inaRISK, wilayah hulu di Kecamatan Banyumas dan wilayah terdampak banjir di Kecamatan Padang Ratu merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi. Sedangkan di Kabupaten Lampung Tengah, sebanyak 28 kecamatan berada pada potensi bahaya tersebut.

Baca juga   Tanggul Bahu Jalan Penghubung Rembang - Pati yang Longsor Mulai Dikerjakan

Menyikapi puncak musim hujan di bulan Januari hingga Februari ini, pemerintah daerah dan masyarakat diharapkan untuk tetap waspada dan siap siaga pada potensi bahaya hidrometeorologi basah, banjir, banjir bandang, tanah longsor atau pun angin kencang.

Pada esok hari, Senin (24/1/2022), peringatan dini cuaca BMKG mengidentifikasi wilayah Lampung berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan panen sayur dan peresmian Kelompok Tani (Klomtan) Ronodigdayan serta Expo P3D Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta pada Minggu (5/12/2021) di halaman SD Muhammadiyah Bausasran, Danurejan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kegiatan Mbagehi Ngluwihi Kampung Bausasaran Menginspirasi Wilayah Lain
Baznas Kabupaten Semarang memberikan bantuan kepada UMKM yang nyaris gulung tikar karena pandemi Covid-19. (Foto:Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Baznas Bantu 25 UMKM yang Nyaris Gulung Tikar Terdampak Covid-19
Danramil Tegalrejo Mayor Asil memberikan ucapan HUT ke-75 kepada Kapolsek. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Geruduk Polsek, Prajurit Koramil Tegalrejo Beri Ucapan HUT ke-75 Bhayangkara
Mayjen TNI Suharyanto saat mengucap sumpah sebagai Kepala BNPB di Istana Negara, Rabu (17/11/2021). (Foto:BPMI)

Peristiwa

Kepala BNPB Mayjend Suharyanto: BNPB akan Respon Cepat Saat Terjadi Bencana
Para pelaku UMKM di Kabupaten Batang diberi peluang untuk menjajakan produknya dengan cara berkeliling ke kantor instansi pemerintah. (Foto: Diskominfo Kab Batang)

Peristiwa

“Nglarisi Dodolan”, UMKM Bergiliran Jajakan Produk ke ASN
Burung hantu yang memiliki nama latin Tyto Javanica adalah satwa predator. Tikus sawah menjadi mangsa kesukaannya sehingga burung hantu sering disebut sebagai satwa sahabat petani.(Foto:Dokumentasi/istimewa)

Peristiwa

Atasi Hama Tikus, Pemkab Klaten Kembangkan Habitat Burung Hantu
PLN berhasil memulihkan 112 trafo di wilayah Kabupaten Lumajang, dan hingga saat ini 28.041 warga terdampak erupsi Gunung Semeru kembali mendapatkan akses listrik. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

PLN Pulihkan Listrik 28.041 Pelanggan Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Bank Indonesia dan BPD DIY, melaunching Siap QRIS Parkir dan Kick Off ASN Siap QRIS di Hotel Inna Malioboro, Senin (7/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Peringkat Satu Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah