Home / News

Jumat, 22 Oktober 2021 - 23:15 WIB

180 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Kabupaten Kudus

BPBD Kabupaten Kudus bersama pihak terkait bergotong royong membenahi atap rumah warga di Kecaatan Undaan yang terdampak angin kencang, Jumat (22/10). (Foto:BPBD Kabupaten Kudus)

BPBD Kabupaten Kudus bersama pihak terkait bergotong royong membenahi atap rumah warga di Kecaatan Undaan yang terdampak angin kencang, Jumat (22/10). (Foto:BPBD Kabupaten Kudus)

NYATANYA.COM, Kudus – Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada Kamis (21/10/2021) siang, di sebagian Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan.

Hingga Jumat (22/10/2021), data Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mencatat 180 rumah warga terdampak dengan tingkat kerusakan beragam. Sebagian besar rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang pada bagian atap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus melaporkan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa maupun warga yang mengungsi akibat angin kencang,” jelas Wiyoto, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan melalui pesan singkat, Jumat (22/10/2021).

Baca juga   Sasar 34.000 Siswa SMP, Vaksinasi Pelajar di Sragen Terus Dikebut

BPBD setempat menginformasikan sebaran 180 rumah rusak terdapat di 4 desa yaitu 93 rumah di Desa Kalirejo, 82 rumah di Desa Glagahwaru, 3 rumah di Desa Lambangan, dan 2 rumah di Desa Medini.

Paska kejadian, BPBD Kabupaten Kudus bersama TNI/Polri, warga sekitar serta relawan melakukan penangan darurat dengan pembenahan genteng rumah warga yang terdampak. BPBD setempat juga terus melakukan pendataan dan koordinasi dengan kecamatan setempat.

Pihaknya mengaku telah memberikan bantuan logistik awal kepada korban terdampak angin kencang berupa paket makanan dan kesehatan.

Baca juga   Banjir Terjang Jember, 200 Warga di Empat Kecamatan Mengungsi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca tiga harian. Pada Jumat (22/10/2021), Provinsi Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir juga angin kencang.

Sementara pada Sabtu (23/10/2021) hingga Minggu (24/10/2021) Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Kudus diperkirakan cuaca cerah berawan.

Pada musim hujan, BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga akan bahaya Hidrometeorologi seperti angin kencang. Warga diharapkan dapat berlindung di tempat yang kokoh dan menghindari berlindung di bawah pohon maupun baliho. (*)

Share :

Baca Juga

Trimurti, Srandakan, Bantul. Selasa (26/10/2021). (Foto: Humas Bantul)

News

Bupati Bantul Salurkan Sembako bagi Disabilitas di Kapanewon Srandakan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: Kemenhub)

News

Tak Ada Cuti Bersama Nataru, Pemerintah Fokus Cegah Lonjakan Kasus Covid-19
Kepala Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Mei Lestariningrum . (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

Butuh Isolasi Terpusat, Warga Pekalongan Bisa Hubungi Nomor Ini
Ganjar Pranowo. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Setelah Jogo Tonggo, Ganjar Pranowo Siapkan ‘Rembug Desa’ Tangani Pandemi
Tim gabungan BPBD Kota Batu bersama unsur TNI berupaya membersihkan puing potongan kayu yang terbawa banjir bandang di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (6/11/2021). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Banjir Bandang Kota Batu, Tujuh Warga Meninggal Dunia
Menko PMK, Muhadjir Effendy. (Foto: InfoPublik/KemenkoPMK)

News

Libur Nataru, Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Wilayah
Jalan Pasar Kembang Yogyakarta yang lengang selama selama PPKM Darurat diterapkan. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

News

Tiga Hari PPKM Darurat, Mobilitas DIY Turun 13-15%
Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi turun langsung ke lapangan melihat pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Selama PPKM Darurat, Malioboro Gelap Mulai Pukul 20.00 WIB