Home / News

Minggu, 11 Juli 2021 - 22:23 WIB

190 Ribu Orang Belum Divaksin, Pekalongan Kebut Vaksinasi

Di Pekalongan vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Di Pekalongan vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

NYATANYA.COM, Pekalongan – Ribuan orang menjadi target vaksinasi Covid-19 secara massal yang digelar Kodim 0710/Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, dan Pemerintah Kota Pekalongan di Lapangan Mataram, Sabtu(10/7/2021).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0710/Pekalongan, Mayor Inf. Raji menjelaskan, kuota maksimal vaksinasi massal tersebut sebanyak 2.500 orang. Pihaknya menyiapkan 11 orang tenaga vaksinator untuk menyukseskan program tersebut.

“Antusias masyarakat sangat luar biasa, bahkan kami sampai meminta mereka​ menunggu sampai pukul 12.00. Harapan kami sampai kegiatan ini selesai bisa melebihi target sehingga masyarakat bisa tervaksinasi semua untuk membantu Pemkot Pekalongan menyukseskan program vaksinasi,” terang Kasdim Raji.

Lebih lanjut, Raji berharap, meskipun telah divaksinasi, masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan selalu menjaga kesehatannya agar terhindar dari penularan dan penyebaran virus Covid-19.

Baca juga   PTM Terbatas Berjalan Baik, Sejumlah Sekolah Berlakukan Pembelajaran “Hybrid”

“Imbauan kami kepada masyarakat tetap jaga protokol kesehatan dan jaga kesehatan, gerakan 5 M Covid-19 harus tetap dilaksanakan yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” tegas Kasdim.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto, menyatakan, sesuai instruksi pemerintah pusat, sasaran masyarakat yang divaksin adalah 1 juta orang per hari. Saat ini, vaksinasi telah masuk tahap III yang ditujukan bagi masyarakat umum dan berisiko, termasuk remaja berusia 12-17 tahun.

“Tapi di Kota Pekalongan vaksinasi untuk remaja masih kami kaji​ karena kami masih fokus pada sasaran yang lain (masyarakat umum),” bebernya.

Ditambahkan, per 9 Juli 2021, jumlah sasaran vaksinasi untuk masyarakat Kota Pekalongan sebanyak 233.633 orang berusia di atas 12 tahun. Jumlah tersebut setara dengan 73,93 persen dari 316 ribu orang penduduk Kota Pekalongan, sesuai data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan.

Baca juga   Tiga Hari PPKM Darurat di Jateng 1.706 Pelanggar Terjaring Operasi

Budi menerangkan, vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. Dengan sisa hari efektif 140 hari, pihaknya menargetkan pemberian vaksinasi kepada sekitar 1.400-1.500 orang per hari.

“Harapannya bisa tercapai di akhir tahun 2021, dengan catatan vaksin yang diterima Kota Pekalongan lancar. Ini belum termasuk ketika kami menggelar beberapa kegiatan yang sifatnya sentra-sentra​ vaksinasi seperti kegiatan hari ini,” pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 75 Orang
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Hari Ini 2.942 Warga DIY Sembuh Covid-19
Rusunawa Gemawang, meski lokasinya berada di Kabupaten Sleman namun kini difungsikan sebagai shelter pasien Covid-19 oleh Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Rusunawa Gemawang Mulai Difungsikan Menjadi Shelter Covid-19
Ganjar berharap apa yang dilakukan Tukul, Jannah, Yoga, dan Dobby ini, menjadi inspirasi banyak orang. (Foto: Humas Jateng)

News

Warga Desa Ini Rame-rame Kembalikan BST yang Diterimanya, Kenapa?
Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di RSDC Asrama Haji Donohudan dengan memakai hazmat. (Foto: Humas Jateng)

News

Pakai Hazmat, Ganjar Pimpin Upacara Kemerdekaan di RSDC Donohudan
Logo Pemda DIY. (nyatanya.com)

News

Maksimalkan Pengecekan Penumpang, DIY Minta Pusat Naikkan Kelas KKP Bandara
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi saat meninjau vaksinasi Covid-19 di SDN Tegalrejo I. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Vaksinasi Warga Hasil Penyisiran Data
Presiden Joko Widodo secara resmi meluncurkan fondasi baru berupa nilai-nilai dasar bagi Aparatur Sipil Negara. (Foto:nyatanya.com/Biro Pers Sekretariat Presiden)

News

‘Bangga Melayani Bangsa’, Ini Branding Baru ASN yang Diluncurkan Presiden