Home / News

Kamis, 28 Oktober 2021 - 10:43 WIB

2.541 Rumah Terendam Banjir di Sekadau KalBar, Satu Warga Meninggal Dunia

Banjir yang terjadi di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat mengakibatkan satu warga meninggal dunia dan merendam 2.541 rumah. (Foto: BPBD Kabupaten Sekadau)

Banjir yang terjadi di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat mengakibatkan satu warga meninggal dunia dan merendam 2.541 rumah. (Foto: BPBD Kabupaten Sekadau)

NYATANYA.COM, Sakadau – Banjir yang terjadi di Kabupaten Sekadau Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mengakibatkan satu warga meninggal dunia. Hujan dengan intensitas tinggi serta meluapnya Sungai Kapuas memicu terjadinya banjir.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau mencatat sebanyak 2.541 unit rumah terendam akibat peristiwa ini. Banjir ini menggenangi beberapa wilayah di Kabupaten Sekadau yakni Desa Mungguk, Desa Sungai Ringin, Desa Tanjung, Desa Merapi, Desa Seberang Kapuas dan Desa Penit yang berada di Kecamatan Sekadau Hilir. Kemudian Desa Belintang I dan Desa Belintang II di Kecamatan Belitang.

Selain merendam rumah warga, banjir ini juga berdampak pada sedikitnya 2.541 KK / 8.430 Jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 571 KK / 1.879 jiwa mengungsi akibat kejadian ini.

Baca juga   Tercatat Lebih dari 13 Ribu Warga Kerinci Terdampak Banjir, Genangan Berangsur Surut

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Matius Jon menyampaikan, debit air mengalami kenaikan signifikan sejak Sabtu (23/10) lalu.

“Debit air mulai naik secara signifikan sejak tanggal 23 Oktober 2021,” ujar Matius melalui pesan singkat, Rabu (27/10/2021).

“Hingga kini, ketinggian air rata-rata masih berkisar antara 2 – 2,5 meter dari permukaan tanah,” tambah Matius.

Tim BPBD Kabupaten Sekadau berkoordinasi dengan unit terkait untuk segera terjun kelapangan guna melakukan pendataan dan melakukan evakuasi menggunakan perahu terhadap warga terdampak. Untuk hasil kaji cepat dilapangan akan terus dilaporkan guna mendapatkan informasi terkini.

Sementara itu, penanganan darurat juga segera dilakukan dengan mendirikan posko bencana serta memberikan bantuan logistik ke beberapa desa yang terdampak.

Baca juga   Banjir di Kota Serang, Kementerian PUPR Kirim Bantuan Sarana dan Prasarana Dasar

Melihat prakiraan cuaca BMKG hingga besok, Jumat (29/10/2021) wilayah Kabupaten Sekadau berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu, potensi peringatan dini hari ini (28/10/2021) waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.

Berdasarkan analisis InaRisk Kabupaten Sekadau merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir pada kategori sedang hingga tinggi. Salah satu langkah preventif gerakan penguatan tanggul sungai dan penguatan jejaring komunikasi berbasis komunitas juga dapat dilakukan sebagai bentuk peringatan dini.

Menghadapi musim hujan, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi bahaya hidrometeorologi. (*)

Share :

Baca Juga

(Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Indonesia Kembali Terima Pasokan 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca
Ilustrasi narkoba. (iStock)

News

Mengejutkan! Kasat Narkoba Polres Blitar Positif Narkoba
Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan Plt Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, Nyoman Suryadharma, di Puri Gedeh, Jumat (10/6/2022). Foto: Humas Jateng

News

Kawal Aturan Ibadah dan Ritual, Ganjar: Tak Pasang Tarif bagi Umat Budhha di Candi Borobudur
Rapat koordinasi Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Polda DIY dan Polresta di Balai Kota Yogyakarta, Selasa (12/4/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Jalin Sinergitas Jaga Kota Yogya Aman, Begini Langkah Pemkot Merespon Klitih
Vatikan mendukung Paguyuban Wartawan Katolik Indonesia (PWKI) yang berkampanye untuk terwujudnya perdamaian dunia. Foto: Dok.PWKI

News

Vatikan Dukung PWKI Kampanyekan Perdamaian
Menkes Budi Gunadi Sadikin, mengatakan setiap orang berhak mendapatkan vaksin Covid-19 termasuk masyarakat yang tinggal di daerah dengan distribusi serta akses vaksinasi yang sulit. (Foto: Kemenkes)

News

Pemerintah Upayakan Vaksinasi bagi Masyarakat Adat dan Pedalaman
Puluhan pemuda pemudi berbagai suku di Indonesia berkumpul di halaman kantor Gubernur Jateng, Kamis (28/10/2021). Mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah, mereka begitu antusias mengikuti upacara peringatan Sumpah Pemuda. (Foto: Humas Jateng)

News

Keberagaman Budaya Indonesia Warnai Peringatan Sumpah Pemuda di Jateng
Jasa Marga memberlakukan contraflow dari km 47 (Karawang) hingga gerbang tol (GT) Cikampek Utama km 70 Jakarta-Cikampek arah Cikampek. (Foto : Jasa Marga)

News

Jasa Marga Mulai Berlakukan Contraflow di Tol Menuju Cikampek