Home / Peristiwa

Rabu, 30 November 2022 - 20:15 WIB

20 Satwa Liar Endemik Maluku Dipulangkan ke Suaka Alam Gunung Sahumai

Sebanyak 20 satwa endemic Maluku dilepasliarkan ke habitat aslinya di kawasan konservasi Suaka Alam (SA) Gunung Sahuwai, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Foto: Biro Humas KLHK

Sebanyak 20 satwa endemic Maluku dilepasliarkan ke habitat aslinya di kawasan konservasi Suaka Alam (SA) Gunung Sahuwai, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku. Foto: Biro Humas KLHK

NYATANYA.COM, Seram Bagian Barat – Sebanyak 20 satwa endemik Maluku dilepasliarkan ke habitat aslinya di kawasan konservasi Suaka Alam (SA) Gunung Sahuwai, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.

“Kegiatan pelepasliaran satwa merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukung Role Model Balai KSDA Maluku dalam upaya penanganan jaringan peredaran TSL ilegal di Kepulauan Maluku,” ujar Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Maluku, Danny H. Pattipeilohy, dalam keterangan resminya, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan pelepasliaran satwa ini turut dihadiri dan disaksikan oleh Kepala Dusun Taman Jaya serta beberapa masyarakat yang berada di sekitar kawasan konservasi SA. Gunung Sahuwai.

Kepala BKSDA Maluku menjelaskan, satwa yang dilepasliarkan terdiri atas enam ekor Burung Kakatua Maluku (Cacatua Moluccensis), dua ekor Burung Perkici Pelangi (Trichoglossus Haematodus), empat ekor Burung Nuri Maluku (Eos Bornea), tujuh ekor Burung Walik Kembang (Ptilinopus Melanospilus) dan satu ekor Ular Sanca Kembang (Python Reticulatus).

Baca juga   Bupati Klaten Bagikan Bantuan Pangan untuk PKL Alun-alun

Satwa-satwa yang dilepasliarkan tersebut merupakan satwa hasil kegiatan pengamanan peredaran tumbuhan dan satwa liar (TSL) petugas Polhut Balai KSDA Maluku di wilayah Pelabuhan Laut Tulehu dan Pelabuhan Laut Yos Sudarso Ambon, translokasi dari Balai Besar KSDA Jawa Timur, hasil penyelamatan satwa Dinas Pemadam Kebakaran dan penyelamatan Kota Ambon, serta penyerahan dari masyarakat Kota Ambon.

“Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh staf dan stakeholder yang sudah bersedia terlibat dalam kegiatan pelepasliaran satwa liar endemik Kepulauan Maluku ini khususnya satwa-satwa endemik Pulau Seram seperti burung Kakatua Maluku dan Nuri Maluku yang penyebaran dan habitat alaminya hanya dapat ditemui di wilayah Kepulauan Maluku seperti Pulau Seram dan Pulau Buru,” kata dia.

Menurut Danny, dibutuhkan waktu dan proses yang panjang hingga satwa-satwa tersebut siap dan layak untuk dilepasliarkan ke habitat aslinya.

Baca juga   Meski Surut, Wilayah Terdampak Banjir Cirebon Masih Berpeluang Banjir Susulan

Dia berharap satwa-satwa yang dilepasliarkan ini dapat cepat beradaptasi dan berkembang biak di lingkungan barunya, sehingga akan berdampak pada peningkatan populasi dan keragaman jenis satwa yang ada di kawasan konservasi SA Gunung Sahuwai.

“Sebelum dilepasliarkan di habitat aslinya, satwa-satwa yang dilepasliarkan tersebut sudah terlebih dahulu menjalani proses karantina, rehabilitasi dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di Kandang Pusat Konservasi Satwa Kepulauan Maluku,” kata dia,

Sekadar informasi, burung Kakatua Maluku, Nuri Bayan, Perkici Pelangi, Nuri Maluku, Walik Kembang dan Ular Sanca Kembang adalah satwa liar yang dilindungi undang-undang dan merupakan salah satu jenis satwa endemik Kepulauan Maluku dengan penyebaran alaminya berada di wilayah Pulau Ambon, Pulau Seram dan Pulau Buru.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Satu Keluarga di Magelang Tewas Diracun Anak Kedua Korban, Apa Motifnya?
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, saat meninjau vaksinasi di XT Square. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kejar Target ‘Yogya Merdeka Vaksin’, Pemkot Gencarkan Vaksinasi
Nggak usah panik. Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Sempat Langka, Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman
BNNP Sumatera Barat memusnahkan barang bukti narkotika jenis ganja kering seberat 80 kg di halaman Kantor BNNP Sumbar, di Padang, Senin (22/11/2021) dengan cara dibakar. (Foto:MC Padang/RA)

Peristiwa

BNNP Sumbar Musnahkan Barang Bukti Ganja Seberat 80 Kg
Secara simbolis ambulans diserahkan oleh Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Jasa Raharja Rubi Handojo kepada Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Kamis (17/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terima Hibah Ambulans dari PT Jasa Raharja
Nugroho Joko Prastowo menyerahkan sisa 100 tabung oksigen secara simbolis kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Bantu 200 Tabung Oksigen untuk Surakarta
Hakim di Pengadilan Negeri Semarang Kelas IA Khusus, Kadarwoko mengaku, tanahnya akan terimbas proyek tol Yogyakarta-Bawen. Ia menyatakan ikhlas dan berharap agar ganti kerugian yang diberikan sesuai dengan harapannya dan warga. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Tanahnya Dilewati Tol Yogyakarta-Bawen, Hakim Tipikor Ini Ikhlas
(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Lowongan 930 Formasi CPNS dan PPPK