Home / Peristiwa

Senin, 30 Mei 2022 - 14:29 WIB

21 Korban Tenggelamnya Kapal Ladang Pertiwi 02 Ditemukan, Begini Kondisinya

TNI AL masih terus berupaya melakukan pencarian (SAR) terhadap 22 korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Selat Makassar. Foto: Dispenal

TNI AL masih terus berupaya melakukan pencarian (SAR) terhadap 22 korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Selat Makassar. Foto: Dispenal

NYATANYA.COM, Makassar – 21 korban dari 43 penumpang telah ditemukan, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) masih terus berupaya melakukan pencarian (SAR) terhadap 22 korban tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di sekitar wilayah perairan Selat Makassar dengan mengerahkan unsur-unsur KRI maupun Pesawat Udara (Pesud).

Unsur-unsur yang dikerahkan TNI AL dalam mendukung pencarian korban yaitu KRI Sultan Hasanuddin – 366, KRI Malahayati – 362, KRI Mandau – 621, KRI Pulau Rupat – 712 dan KAL Suluh Pari II – 6 – 60, serta Pesud Cassa U-6207.

Dalam keterangan resmi Dispenal, Senin (30/5/2022) menyebutkan 21 Korban tersebut ditemukan oleh tim SAR Gabungan yang telah melakukan pencarian dan evakuasi mulai KM Ladang Pertiwi dilaporkan hilang kontak pada Kamis (26/5/2022) Pukul 16.00 waktu setempat.

Baca juga   Pemkab Kulon Progo dan Baznas Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

KRI Sultan Hasanuddin – 366 pada Minggu 29 Mei 2022 pukul 10.00 berhasil melaksanakan evakuasi dua orang korban yaitu seorang ibu dengan anaknya, serta mengevakuasi dua orang yang diselamatkan MV Pearl Orchid yang selanjutnya dievakuasi menuju pangkalan terdekat yaitu Lanal Kota Baru untuk kemudian diangkut menggunakan Pesawat TNI AL U-6207 menuju Makassar.

TNI AL menambah kekuatan tim SAR dengan KRI MLH-362, dimana KRI tersebut bertugas sebagai Koordinator Operasi SAR.

Selain itu, unsur KRI MDU-621 dan KRI PRP-712 akan melaksanakan bekal ulang sebelum menempati Sektor SAR. Dari sektor patroli udara, unsur Pesud U-6207 terus melaksanakan dukungan pencarian korban dari udara.

Baca juga   Grobogan Kembali Terapkan Sehari di Rumah Saja

Beberapa tanda-tanda yang dapat ditemukan saat ini di lokasi kejadian adanya serpihan dan tumpahan minyak yang diduga berasal dari KM Ladang Pertiwi 02.

Aksi cepat tanggap unsur-unsur KRI dan Pesud TNI AL dalam setiap kejadian di manapun sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar sesegera mungkin memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki sehingga keberadaan Prajurit TNI AL dimanapun dapat bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

(YR/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Bus yang kecelakaan di Ciamis membawa rombongan peziarah Majelis Ta’lim Tarbiatul Muftabi’in asal Tangerang, Banten. Foto: Ist

Peristiwa

Kronologi Kecelakaan Bus Peziarah di Ciamis yang Sebabkan 4 Orang Meninggal
Lokakarya Kemajuan Nilai Budaya Spiritual Digelar di Balkondes Ngargogondo, Borobudur, Magelang, Rabu (2/3/2022). (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Lokakarya Kemajuan Nilai Budaya Spiritual di Balkondes Ngargogondo Borobudur
Tersangka GAS diinterogasi petugas Satresnarkoba Polres Blora. (Foto: MC Kab.Blora)

Peristiwa

Edarkan Narkotika Jenis Sabu, GAS Dicokok Satresnarkoba Polres Blora
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Berseragam PGRI, Komplotan Pencopet Ini Beraksi di Acara Hari Guru Nasional yang Dihadiri Presiden
Tersangka pembunuh Budi Utomo dihadirkan dalam konfernsi pers yang digelar Polresta Yogyakarta. (Foto: Dok.Polresta Yogya)

Peristiwa

Urusan Perempuan dan Dendam Jadi Alasan Tersangka Bunuh Budi Utomo di Wirobrajan
Sinergi BUMN Peduli menyerahkan 325 ponsel bagi siswa-siswi SD sampai SMA di DIY dan Jateng. (Foto: dokumentasi media_twc)

Peristiwa

Sinergi BUMN Peduli Pendidikan, Serahkan Ponsel Bagi Pelajar di DIY Jateng
PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi KAI Access. (Foto: KAI)

Peristiwa

PT KAI Luncurkan KAIPay, Alternatif Pembayaran Digital Pelanggan
Bantuan untuk pengembangan UMKM secara simbolis diserahkan Ganjar saat meresmikan kantor cabang Bank Jateng di Mungkid Magelang, Rabu (16/3/2022). (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Genjot UMKM, Ganjar Gelontorkan Rp 1 Miliar Setiap Kabupaten