Home / Peristiwa

Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:53 WIB

243 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Yogyakarta Peroleh Remisi

Acara remisi umum kepada narapidana dan anak dipandu oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara daring diikuti oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia beserta jajaran kementerian dan Kepala Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Acara remisi umum kepada narapidana dan anak dipandu oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara daring diikuti oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia beserta jajaran kementerian dan Kepala Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho hadir dalam penyerahan remisi umum bagi narapidana di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan Kantor Wilayah/Kanwil Kementerian Hukum dan HAM/KUMHAM DIY, Wirogunan, Mergangsan, Selasa siang (17/8/2021).

Acara remisi umum kepada narapidana dan anak dipandu oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan secara daring diikuti oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia beserta jajaran kementerian dan Kepala Daerah Provinsi/Kota/Kabupaten, sementara untuk luring dihadiri oleh KaKanwil KUMHAM DIY, Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Kepala BNNP DIY, Kepala BNN Kota Yogyakarta dan jajaran struktural Kanwil. Kementerian KUMHAM DIY.

Penyerahan remisi umum Jajaran UPT Pemasyarakatan yang bertempat di Aula Sasana Krida Wiraguna Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Yogyakarta di serahkan oleh Walikota Yogyakarta yang diwakili Wirawan Hario Yudho kepada perwakilan Warga Binaan yang mendapat Remisi Umum (RU) II dengan didampingi Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY.

Baca juga   Klaten Tambah Tempat Isolasi Terpusat Covid-19

Dalam kesempatan itu Yudho, menyampaikan bahwa remisi merupakan apresiasi yang diberikan pemerintah kepada warga Binaan yang berkelakuan baik dan saat ini ada 243 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta mendapat Remisi, 8 diantaranya langsung bebas tepat pada tanggal 17 Agustus 2021.

“Ini merupakan bentuk apresiasi dan hadiah dari negara yang telah memperhatikan semua narapidana yang berperilaku baik, yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Yudha.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Remisi ini ada yang bersifat pengurangan dan ada yang langsung bebas sebagaimana delapan orang yang langsung bebas pada siang hari ini.

“Saya mengapresiasi semangat bapak, ibu yang telah membina dan mengarahkan warga binaan untuk berubah menjadi lebih baik, agar setelah selesai masa pembinaan dapat menjadi warga negara yang bermanfaat bagi diri, keluarga dan lingkungan, semoga amal ibadah bapak, ibu mendapat Ridho Alloh SWT,” imbuh Yudho

Baca juga   Oksigen Gratis Pemkab Sukoharjo untuk Masyarakat

Sementara Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIY, Gusti Ayu Putu Suwardhani, dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa syarat Warga Binaan mendapat remisi antara lain ; sudah menjalani minimal 6 (enam) bulan masa pidana dan berkelakuan baik selama menjalani pidana.

“Para warga binaan yang kami usulkan mendapapatkan remisi telah melalui proses evaluasi yang menunjukkan telah berkelakuan baik dan tidak ada catatan pelanggaran pelanggaran selama menjalani masa pidananya serta sudah melaksanakan 6 bulan masa pidana,” ungkap Gusti Ayu. (*)

Share :

Baca Juga

(nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Yaqut Center Bagikan 1.000 Paket untuk Pasien Isoman
ASN di Sekretariat Daerah (Setda) dan Bappeda Litbangda antusias membeli paket sayuran dari petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Dorong Peningkatan Harga Komoditas Pertanian, Gerakan ASN Beli Cabai Berlanjut
Isi ulang oksigen gratis disambut baik warga masyarakat di tengah situasi sulit saat ini. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Yesy Sumringah Bisa Isi Ulang Oksigen Gratis
Vaksinasi massal bagi masyarakat disekitar kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bunder, Gunungkidul. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

DLHK DIY Gelar Vaksinasi Massal di Tahura Bunder
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

Peristiwa

PPKM Darurat Dinilai Berhasil Tekan Mobilitas Warga
Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengunjungi sejumlah warga yang tengah menjalani isolasi mandiri. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi Warga Isoman, Bupati Karanganyar Bagikan Jamu
Aparat gabungan wilayah Kecamatan Gatak menggelar patroli menyapa warga masyarakat, memberikan imbauan, edukasi dan sosialisasi Prokes. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Aparat Gabungan Gatak Tak Henti Patroli Prokes
Pegiat seni di Pemalang mendapat bansos dari Pemerintah Kabupaten. (Foto: Diskominfo Pemalang)

Peristiwa

Pegiat Seni di Pemalang Peroleh Paket Bansos