Home / News

Senin, 28 Juni 2021 - 15:59 WIB

299 Nakes di RS Rujukan Covid-19 Yogya Terpapar Corona

(Ilustrasi:nyatanya.com)

(Ilustrasi:nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Melonjakanya kasus Covid-19 di Yogyakarta dalam beberapa pekan terakhir juga menimpa tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah rumah sakit rujukan di Yogya. Dilaporkan ada 299 nakes yang terinfeksi Covid-19. Para nakes ini berasal dari RS Panti Rapih, RS PKU Muhammadiyah, dan RSUP Dr Sardjito.

Di RS Panti Rapih tercatat 43 nakes yang terpapar corona. Mereka terdiri dari tenaga dokter, perawat, maupun tenaga non medis.

“Total nakes yang terpapar Corona di tempat kami ada 43 nakes baik dokter, perawat, maupun nonmedis. Mereka ada yang menjalani isolasi di rumah sakit, di rumah sendiri, dan perawatan di rumah sakit,” jelas Direktur Utama RS Panti Rapih, drg Vincentius Triputro Nugroho dalam jumpa pers virtual, Senin (28/6/2021).

Baca juga   Berikut Isi Lengkap Inmendagri Pencegahan Covid-19 Saat Libur Nataru

Sementara Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, dr Rukmono Siswishanto, menjelaskan di RSUP Sardjito jumlah nakes yang positif Corona mencapai 203 orang. Rukmono menyebut kondisi ini membuat pelayanan di RSUP Dr Sadjito terganggu.

“Di Sardjito total nakes yang positif COVID-19 ada 203 nakes. Mereka ada dokter, perawat, dan nonmedis. Mayoritas memang nonmedis, terpapar dari keluarga maupun di tempat kerja. Tapi mayoritas memang dari keluarga, suami atau istri, ibu, yang memang sudah positif,” kata Rukmono.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Muhammad Komarudin, menjelaskan ada 53 nakesnya yang positif Covid-19. Mereka harus meninggalkan tugasnya di rumah sakit selama menjalani isolasi.

Baca juga   Wapres Optimistis, Akhir Tahun Jateng Mampu Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

“Setelah ada 53 nakes yang positif, kami lakukan rekruitmen. Kami undang 40 tapi yang hadir 14 orang. Untuk merekrut perawat di ruang perawatan Covid-19, kenyataannya tidak mudah,” jelas Muhammad Komarudin.

Kondisi tersebut, berdampak langsung pada pelayanan Corona di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pelayan yang terdampak terutama pada ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

Seperti diberitakan, meningkatnya jumlah terpapar Covid-19 berdampak juga pada pelayanan rumah sakit. Sejumlah rumah sakit bahkan tidak lagi menerima pasien baru karena keterbatasan kamar dan pelayanan. (N1)

Share :

Baca Juga

Perayaan Waisak di Candi Borobudur. Foto: nyatanya.com/ Humas Pemprov Jateng

News

Masih Pandemi, Perayaan Waisak 2021 di Borobudur Ditiadakan
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. (Foto: InfoPublik)

News

Lepas Ekspor Rp35,05 Triliun, Menandai Perekonomian RI Segera Pulih
Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Hadapi Musim Hujan, BPBD Kabupaten Magelang Lakukan Mitigasi
vaksinasi Covid-19 yang kedua sebanyak 1.000 dosis digelar DPC Projo Temanggung di kantor Desa Rejosari, Kecamatan Pringsurat, Kamis (21/10/2021). (Foto: MC TMG)

News

Percepat Vaksinasi, DPC Projo Temanggung Gelar Vaksinasi Tahap Kedua
Vaksinasi di Kabupaten Sleman terus digenjot. Kini PPKM di Sleman turun dari level 3 ke level 2. (Foto: Humas Sleman)

News

PPKM Sleman Turun Level 2, Masyarakat Diingatkan untuk Tetap Waspada
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming bersama Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Ucapkan Selamat HUT ke-265 Kota Yogya, Gibran Bertandang ke Timoho
(ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj)

News

Dampak Banjir di Batulayar Lombok Barat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (Foto:nyatanya.com/@Kemenag_RI)

News

Pemerintah Resmi Melarang Mudik di Hari Raya Idul Adha