Home / News

Senin, 28 Juni 2021 - 15:59 WIB

299 Nakes di RS Rujukan Covid-19 Yogya Terpapar Corona

(Ilustrasi:nyatanya.com)

(Ilustrasi:nyatanya.com)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Melonjakanya kasus Covid-19 di Yogyakarta dalam beberapa pekan terakhir juga menimpa tenaga kesehatan (nakes) di sejumlah rumah sakit rujukan di Yogya. Dilaporkan ada 299 nakes yang terinfeksi Covid-19. Para nakes ini berasal dari RS Panti Rapih, RS PKU Muhammadiyah, dan RSUP Dr Sardjito.

Di RS Panti Rapih tercatat 43 nakes yang terpapar corona. Mereka terdiri dari tenaga dokter, perawat, maupun tenaga non medis.

“Total nakes yang terpapar Corona di tempat kami ada 43 nakes baik dokter, perawat, maupun nonmedis. Mereka ada yang menjalani isolasi di rumah sakit, di rumah sendiri, dan perawatan di rumah sakit,” jelas Direktur Utama RS Panti Rapih, drg Vincentius Triputro Nugroho dalam jumpa pers virtual, Senin (28/6/2021).

Baca juga   Positif Covid-19 DIY Tambah 2.282 Kasus, Sembuh 1.241 Kasus

Sementara Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, dr Rukmono Siswishanto, menjelaskan di RSUP Sardjito jumlah nakes yang positif Corona mencapai 203 orang. Rukmono menyebut kondisi ini membuat pelayanan di RSUP Dr Sadjito terganggu.

“Di Sardjito total nakes yang positif COVID-19 ada 203 nakes. Mereka ada dokter, perawat, dan nonmedis. Mayoritas memang nonmedis, terpapar dari keluarga maupun di tempat kerja. Tapi mayoritas memang dari keluarga, suami atau istri, ibu, yang memang sudah positif,” kata Rukmono.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Muhammad Komarudin, menjelaskan ada 53 nakesnya yang positif Covid-19. Mereka harus meninggalkan tugasnya di rumah sakit selama menjalani isolasi.

Baca juga   Fenomena Sirkulasi Eddy, Yogya Masih Akan Hujan

“Setelah ada 53 nakes yang positif, kami lakukan rekruitmen. Kami undang 40 tapi yang hadir 14 orang. Untuk merekrut perawat di ruang perawatan Covid-19, kenyataannya tidak mudah,” jelas Muhammad Komarudin.

Kondisi tersebut, berdampak langsung pada pelayanan Corona di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pelayan yang terdampak terutama pada ruang isolasi khusus pasien Covid-19.

Seperti diberitakan, meningkatnya jumlah terpapar Covid-19 berdampak juga pada pelayanan rumah sakit. Sejumlah rumah sakit bahkan tidak lagi menerima pasien baru karena keterbatasan kamar dan pelayanan. (N1)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

Ganjar Kecolongan, Brebes Kembali ke PPKM Level 4
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Penambahan Kasus Covid-19 di Klaten Mengkhawatirkan
Ganjar Pranowo. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Ganjar Pranowo: 7.000 RT di Zona Merah Harus Lockdown
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari Ini 1030 Kasus Positif Covid-19 di DIY Sembuh, Meninggal 26 Pasien
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Kasus Baru Tambah 398, Sembuh 737, Meninggal 22 Orang
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Bertambah 292 Orang
Siswa SMP di Kabupaten Temanggung mulai mendapatkan suntikan vaksin Covid-19. (Foto: Diskominfo Temanggung)

News

Siswa SMP di Temanggung Mulai Divaksin Covid-19