Home / News

Rabu, 29 September 2021 - 00:48 WIB

3 Kemantren Hampir 100%, Pemkot Yogya Targetkan Oktober Tuntas Vaksinasi

Walikota Haryadi menyerahkan gelang vaksin kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Walikota Haryadi menyerahkan gelang vaksin kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Kota Yogyakarta menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi penduduk setempat tuntas pada bulan Oktober 2021. Kegiatan vaksinasi terus digencarkan hingga di tingkat kelurahan dan kemantren di Kota Yogyakarta dari hasil penyisiran data. Percepatan vaksinasi Covid-19 juga akan melibatkan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Yogyakarta.

“Vaksinasi target tuntas di bulan Oktober. Jika terealisasi Yogya akan menjadi kota pertama tuntas vaksinasi,” kata Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dalam rapat koordinasi percepatan vaksinasi Covid-19 di Ruang Yudistira Balai Kota Yogyakarta, Selasa (28/9/2021).

Haryadi meminta laporan langsung para mantri pamong praja dari 14 Kemantren di Kota Yogyakarta terkait perkembangan realisasi vaksinasi Covid-19 yang digencarkan di wilayah. Beberapa wilayah sudah ada yang hampir menuntaskan vaksinasi Covid-19 seperti Kemantren Kotagede dengan capaian 99,32 persen, Gondokusuman 99,80 persen dan Pakualaman sebanyak 96,98 persen.

Baca juga   Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Resmi Dilantik, Dr. R. Stevanus Soroti Implementasi TIK

Pihaknya mengapresiasi beberapa kemantren yang sudah hampir menuntaskan capaian sasaran vaksinasi Covid-19. Kemantren yang masih berproses pelaksanaan vaksinasi di wilayah diharapkan tetap mengawal sampai selesai. “Percepatan vaksinasi bisa kita lakukan dengan sungguh-sungguh,” ujarnya.

Total realisasi vaksinasi Covid-19 penduduk di 14 kemantren Kota Yogyakarta mencapai sekitar 250.020. Data tersebut terus bergerak karena kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah kelurahan dan kemantren di Kota Yogyakarta masih berproses.

Pemkot Yogyakarta juga melibatkan Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta untuk percepatan vaksinasi Covid-19. Terutama menyisir warga perempuan dan lanjut usia (lansia) penduduk Kota Yogyakarta yang belum tervaksinasi. Mobil layanan vaksinasi juga akan diterjunkan untuk mendukung percepatan vaksinasi.

“Sudah ada arahan dari Presiden untuk menuntaskan vaksinasi. Stok vaksin di Kota Yogya masih mencukupi untuk menuntaskan warga kota yang belum vaksin,” tambah Haryadi.

Baca juga   Kolom Abu Setinggi 200 Meter Teramati di Atas Puncak Gunung Semeru

Dalam kesempatan tersebut Haryadi juga menyerahkan gelang vaksin kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun. Gelang vaksin sebagai penanda warga sudah divaksin dan memudahkan warga saat berkegiatan di lingkungan Kota Yogyakarta.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun mengatakan menjadi komitmennya untuk menuntaskan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta. Terutama para perempuan dan penduduk lanjut usia (lansia) warga Kota Yogyakarta.

“Jumlah lansia di Kota Yogyakarta tinggi sehingga kami mengupayakan menyisir lagi lansia yang belum tervaksin. Relawan perempuan digerakan dan bahkan melakukan penjemputan lansia untuk vaksinasi,” ucap Tri Kirana. (*)

Share :

Baca Juga

Ganjar Pranowo membuka Rapat Kerja Wilayah II Federasi Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (FKSPN) di Quest Hotel, Senin (14/11/2022). Foto: Humas Jateng

News

Ganjar Dorong Pemerintah Tinjau Ulang Dasar Penetapan UMP
Visual aktivitas Gunung Merapi pada Kamis (23/12/2021) pukul 15.20 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Sejauh 2.500 Meter Arah Baratdaya

News

Dukung PON XX Papua, Menkominfo Ajak Operator Seluler Optimalkan Broadband
Ilustrasi: nyatanya.com

News

384 Orang Dinyatakan Sembuh Covid-19 di Magelang
Gibran Rakabuming Raka, didampingi President Rotary Club Solo Kartini, Santi Liem, menyerahkan secara simbolis 1.000 buah bibit pohon buah kluwih dan duwet kepada Kelompok Tani Kusuma Patria, di Tanggul Danukusuman Kecamatan Serengan, Selasa (19/4/2022). Foto: MC Kota Solo

News

Revitalisasi Ruang Terbuka Hijau, Gibran Serahkan 1.000 Bibit Pohon Buah
Bahan baku Propilen Glikol (PG) ditemukan pada produk obat sirup bermerek dagang Flurin DMP yang diproduksi PT Yarindo Farmatama, Serang, Banten. Foto: Ist

News

Pemasok Pelarut Obat Sirup Propilen Glikol di Indonesia Ternyata dari Thailand
Kondisi salah satu titik lokasi banjir di Kabupaten Pati (25/11/2021). Hingga Jumat, (25/11/2021) pukul 10.00 WIB meski cuaca cerah, namun banjir masih menggenangi jalan dan beberapa rumah warga. (Foto: BPBD Kab. Pati)

News

Lima Kecamatan di Pati Terendam Banjir, Ribuan Warga Terdampak
Aturan prokes yang tercantum bagi pelaku perjalanan diantaranya, menggunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutup hidung, mulut, dan dagu. Masker juga harus diganti secara berkala setiap empat jam dan dibuang di tempat limbah masker. (Foto: Kemenkes)

News

Ada Aturan Baru bagi PPDN, Masyarakat Diminta Tetap Disiplin Prokes