Home / News / Peristiwa

Jumat, 21 Mei 2021 - 21:55 WIB

30 Kader di Sleman Diharapkan Hidupkan Pancasila di Masyarakat

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat pengukuhan kader Pancasila. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat pengukuhan kader Pancasila. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman kembali mengukuhkan Kader Pancasila pada Rabu (19/5), bertempat di Prima SR Hotel & Convention, Jalan Magelang, Sleman. Sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo, menjelaskan bahwa pengukuhan Kader Pancasila kali ini dilakukan bagi tiga kalurahan, diantaranya Kalurahan Umbulmartani Kapanewon Ngemplak, Kalurahan Sardonoharjo Kapanewon Ngaglik dan Kalurahan Sidoagung Kapanewon Godean. Menurutnya masing-masing kalurahan terdiri dari 9 orang, lalu ditambah 3 orang dari FKUB.

“Jadi jumlah Kader Pancasila yang dikukuhkan sebanyak 30 orang”, jelasnya.

Baca juga   Warga Binaan Rutan Boyolali Terima Vaksinasi

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, dalam sambutannya berharap kegiatan ini tidak berhenti pada acara seremonial belaka. Namun ia berharap para kader benar-benra mampu menghidupkan nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan pemahanan yang benar, lanjutnya, melalui kegiatan ini akan lahir kader yang mampu merevitalisasi serta mengaktualisasi pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

“Sekaligus mampu menjadikan Pancasila sumber inspiraasi sebagai upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan daerah berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika”, kata Danang.

Baca juga   Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up

Pada kegiatan tersebut juga digelar Workshop Kader Pancasila dengan tema “Kalurahan Berkarakter Pancasila Sebagai Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila”. Diantara materi yang diangakat pada workshop ini yakni Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila oleh Wakil Bupati Sleman, Konsep dan Implementasi Kalurahan Berkarakter Pancasila revolusi karakter bangsa oleh Kepala Kesbangpol Sleman, Konsep dan Implementasi Kalurahan Berkarakter Pancasila Revolusi Karakter Bangsa oleh Diasma Sandi Swandaru, S.Sos, MH., dari PSP UGM dan Penguatan Karakter Kebangsaan oleh M. Farid A.S. dari SMYLE Consulting. (N5)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM memantau pelaksanaan vaksinasi di Hartono Mal Solo Baru yang digelar oleh TNI-Polri. (Foto: Humas Pemkab Sukoharjo)

Peristiwa

Pantau Vaksinasi di Hartono Mal, Bupati Ingatkan Prokes 5M
Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat melakukan pantauan vaksinasi bagi pekerja di Puskesmas Sidoharjo. (Foto: Diskominfo Kab Sragen)

Peristiwa

Dikebut! Capaian Vaksinasi di Sragen Terus Bertambah
Di Pekalongan vaksinasi telah diberikan kepada 43 ribuan orang, sehingga masih ada sekitar 190 ribu orang yang belum divaksin. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

News

190 Ribu Orang Belum Divaksin, Pekalongan Kebut Vaksinasi
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Sembuh Covid-19 di DIY Hari Ini Tambah 981 Orang
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Wasono. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Antisipasi Kemarau, BPBD Magelang Siapkan 90 Tangki Air Bersih
Penyekatan dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

PPKM Darurat, Dishub dan Satlantas Temanggung Lakukan Penyekatan
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Hari Ini 780 Orang Positif Covid-19 di DIY Sembuh

News

Gandeng TNI/Polri, PMI DIY Diminta Bantu Percepat Vaksinasi