Home / News / Peristiwa

Jumat, 21 Mei 2021 - 21:55 WIB

30 Kader di Sleman Diharapkan Hidupkan Pancasila di Masyarakat

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat pengukuhan kader Pancasila. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa saat pengukuhan kader Pancasila. Foto: nyatanya.com/Humas Sleman

NYATANYA.COM, Sleman – Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sleman kembali mengukuhkan Kader Pancasila pada Rabu (19/5), bertempat di Prima SR Hotel & Convention, Jalan Magelang, Sleman. Sedangkan pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa.

Kepala Badan Kesbangpol Sleman, Hery Sutopo, menjelaskan bahwa pengukuhan Kader Pancasila kali ini dilakukan bagi tiga kalurahan, diantaranya Kalurahan Umbulmartani Kapanewon Ngemplak, Kalurahan Sardonoharjo Kapanewon Ngaglik dan Kalurahan Sidoagung Kapanewon Godean. Menurutnya masing-masing kalurahan terdiri dari 9 orang, lalu ditambah 3 orang dari FKUB.

“Jadi jumlah Kader Pancasila yang dikukuhkan sebanyak 30 orang”, jelasnya.

Baca juga   Momentum 1 Juni 2021

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, dalam sambutannya berharap kegiatan ini tidak berhenti pada acara seremonial belaka. Namun ia berharap para kader benar-benra mampu menghidupkan nilai-nilai pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan pemahanan yang benar, lanjutnya, melalui kegiatan ini akan lahir kader yang mampu merevitalisasi serta mengaktualisasi pancasila sebagai dasar dan ideologi negara.

“Sekaligus mampu menjadikan Pancasila sumber inspiraasi sebagai upaya menjawab berbagai tantangan kehidupan bangsa dalam melaksanakan pembangunan daerah berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika”, kata Danang.

Baca juga   Ungkap Rasa Bersyukur, Warga Srandakan Adakan Wiwitan

Pada kegiatan tersebut juga digelar Workshop Kader Pancasila dengan tema “Kalurahan Berkarakter Pancasila Sebagai Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila”. Diantara materi yang diangakat pada workshop ini yakni Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Upaya Revitalisasi dan Reaktualisasi Nilai-nilai Pancasila oleh Wakil Bupati Sleman, Konsep dan Implementasi Kalurahan Berkarakter Pancasila revolusi karakter bangsa oleh Kepala Kesbangpol Sleman, Konsep dan Implementasi Kalurahan Berkarakter Pancasila Revolusi Karakter Bangsa oleh Diasma Sandi Swandaru, S.Sos, MH., dari PSP UGM dan Penguatan Karakter Kebangsaan oleh M. Farid A.S. dari SMYLE Consulting. (N5)

Share :

Baca Juga

Bupati Temanggung memberikan paparannya terkait meningkatnya kasus Covid-19. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Jateng)

Peristiwa

Kasus Covid-19 Mencolok, Temanggung Selektif Berikan Izin Keramaian
Peringatan Hari Lansia ke-25 di Hotel LPP Convention Yogyakarta.(Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

DIY Optimalkan Potensi Lansia Berdaya
Acara pembukaan TMMD Reguler Ke-111. (Foto:nyatanya.com/Penrem072/Pmk)

Peristiwa

TMMD Reguler Ke-111 Kodim 0734/Kota Yogyakarta Resmi Dibuka Walikota
Kecelakaan roda dua dan truk tronton mengakibatkan korban mengalami luka serius. Foto: nyatanya.com/ahmad zain

News

Motor Tabrak Tronton, Satu Korban Luka Parah
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Ingat! Mulai 1 Juni 2021 Transaksi di ATM Link Tak Lagi Gratis
Salah satu ruas JJLS di Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul dengan pemandangan elok di sepanjang jalan. Foto: nyatanya.com/Anto

News

Pembangunan JJLS Dikebut, Jalur Elok Penghubung Gunungkidul dan Wonogiri
Acara sosialisasi Bhineka Tunggal Ika di Kantor Kapanewon Gamping bertujuan untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan. FOTO : nyatanya.com/istimewa

Peristiwa

Danramil Gamping Hadiri Sosialisasi Bhineka Tunggal Ika
Ilustrasi:nyatanya.com

Peristiwa

PMI Jateng Penuhi Kebutuhan Plasma Konvalesen Hingga 91%