Home / Peristiwa

Jumat, 3 Desember 2021 - 11:59 WIB

30 Siswa SMKN 5 Kendal Dikukuhkan Jadi Agen Antiperundungan

Sebanyak 30 siswa SMK Negeri 5 Kendal dikukuhkan sebagai agen antiperundungan. Pengukuhan dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di halaman SMK Negeri 5 Kendal, Kamis (2/12/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

Sebanyak 30 siswa SMK Negeri 5 Kendal dikukuhkan sebagai agen antiperundungan. Pengukuhan dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di halaman SMK Negeri 5 Kendal, Kamis (2/12/2021). (Foto: Diskominfo Kendal)

NYATANYA.COM, Kendal – Sebanyak 30 siswa SMK Negeri 5 Kendal dikukuhkan sebagai agen antiperundungan. Pengukuhan dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto, di halaman SMK Negeri 5 Kendal, Kamis (2/12/2021).

Apresiasi disampaikan bupati atas upaya pihak SMKN 5 Kendal dalam menciptakan kondusivitas di lingkungan sekolah. Menurutnya, perilaku bullying sangat merugikan orang lain.

Bullying ini adalah tindakan yang tidak terpuji, dan tindakan yang tidak patut dilakukan oleh siapapun, terlebih dilakukan di lingkungan sekolahan. Maka, sebagai siswa dan siswi di Kabupaten Kendal harus dapat berpikir lebih cerdas untuk tidak melakukan hal itu, karena tidak ada manfaatnya sama sekali,” tuturnya.

Dico berharap, dengan dikukuhkannya agen antiperundungan ini, nantinya dapat mencegah terjadinya bullying, dan bisa ditiru oleh sekolah-sekolah lain di Kendal.

Baca juga   Rusunawa Bener Tower II Mulai Disewakan, Begini Syaratnya

“Tentunya dengan deklarasi ini bisa terus disosialisasakan, sehingga menjadi contoh yang baik bagi sekolahan lain, agar di Kendal tidak ada lagi yang namanya perundungan di lingkungan sekolahan,” lanjut Dico.

Pada kesempatan itu, bupati mengimbau kepada para siswa, agar dapat memiliki karakter yang baik dan sifat yang baik, serta harus bisa memberikan kebaikan kepada siapa pun.

“Tingkatkan terus prestasinya, jangan pernah lelah untuk belajar, karena kita harus mengikuti ilmu-ilmu perkembangan zaman. Selain itu, harus berinovasi, agar nantinya kita mampu bersaing dalam segala hal dengan daerah-daerah lain,” pungkasnya.

Kepala SMK Negeri 5 Kendal Bambang Dite Wahyono menyampaikan, program agen perubahan antiperundungan (roots day) dibentuk untuk menularkan perilaku positif kepada seluruh warga sekolah, dengan mengampanyekan pesan antiperundungan melalui berbagai kreasi.

Baca juga   Hangatnya Pertemuan Uskup Agung Semarang dan Ganjar Pranowo

Diharapkan, dengan terbentuknya agen antiperundungan, dapat menyamakan pemahaman tentang pencegahan dan penanganan perundungan dan tindak kekerasan di sekolah. Selain itu, untuk mencegah, menanggulangi, serta meminimalkan perundungan, dan tindak kekerasan yang terjadi di sekolah.

Kemudian, lanjut Bambang, untuk mewujudkan nilai-nilai utama penguatan pendidikan karakter melalui program pencegahan perundungan. Dan yang terakhir, dapat menghasilkan fasilitator pencegahan perundungan di tingkat nasional (fasilitator nasional), daerah (fasilitator guru), dan sekolah (agen perubahan) yang terlatih untuk melakukan program Roots Indonesia.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Port Moresby Ullif Taftazani, Kamis (1/9/2022) bertemu dengan para nelayan asal Merauke, Papua, di Pelabuhan Port Moresby, setelah ditangkap di perairan PNG oleh tentara PNG (PNGDF). ANTARA/HO/Dok KBRI di Port Moresby

Peristiwa

13 Nelayan Ditangkap Tentara PNG, KBRI Port Meresby Beri Bantuan
Pasokan vaksin Covid-19 merek Pfizer sebanyak 2.259.270 dosis telah tiba ke Indonesia kembali pada Minggu (21/11/2021). (Foto: Taofiq Raof/InfoPublik)

Peristiwa

Sebanyak 2.259.270 Dosis Vaksin Pfizer Kembali Tiba di Indonesia
Rangkaian prosesi launching program Selasa Sarapan Bersama Mahasiswa (Serasa Masa) di UMY. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Program ‘Serasa Masa’ Miliki Makna Mendalam
Warga Wadas, Bener, Purworejo menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Jateng meminta perlindungan atas terancam keselamatannya karena mendukung pembangunan proyek Bendungan Bener. (Foto : nyatanya.com/ahmad zain

Peristiwa

Nyawa Terancam Karena Dukung Pembangunan Bendungan Bener, Warga Wadas Wadul Gubernur Ganjar
Nggak usah panik. Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman. (Foto:Dinkominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Sempat Langka, Stok LPG 3 Kilogram di Pekalongan Aman
Kedua pelaku pencurian laptop spesialis kos-kosan dan asrama mahasiswa yang ditangkap petugas. Foto: Polres Bantul

Peristiwa

Dua Pencuri Spesialis Laptop di Kos-kosan Mahasiswa Ditangkap Polisi Bantul
Perwakilan Komnas Ham RI usai pertemuan dengan Bupati dan pejabat setempat menyampaikan bakal mengumpulkan fakta-fakta di lapangan dan akan membantu selesaikan konflik di Wadas. (Foto: BBWS DIY)

Peristiwa

Beragam Pelanggaran HAM Dilakukan Warga Penolak Proyek Nasional, Komnas HAM Akhirnya Turun Tangan
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati saat beraudiensi dengan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Tengah, Atikoh Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur (Puri Gedeh). (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Di Rembang Fashion Parade 2021, Dekranasda Jateng Luncurkan Brand “Batik Lasemku”