Home / Peristiwa

Selasa, 25 Januari 2022 - 11:03 WIB

31 Rumah Warga Kabupaten Batang Rusak Akibat Angin Kencang

Petugas BPBD Kabupaten Batang membersihkan ranting dan pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Kecamatan Tulis, Batang, Jawa Tengah, pada Minggu sore (23/1), pukul 15.45 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Batang)

Petugas BPBD Kabupaten Batang membersihkan ranting dan pohon tumbang akibat angin kencang yang terjadi di Kecamatan Tulis, Batang, Jawa Tengah, pada Minggu sore (23/1), pukul 15.45 WIB. (Foto: BPBD Kabupaten Batang)

NYATANYA.COM, Batang – Angin kencang memporak-porandakan sejumlah rumah warga di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. BPBD setempat mencatat 31 rumah rusak dengan kategori rusak ringan hingga berat. Tidak ada warga terluka karena perisitwa yang terjadi pada Minggu sore (23/1/2022), pukul 15.45 WIB.

Angin kencang yang berlangsung dengan hujan lebat ini dirasakan masyarakat pada empat desa di Kecamatan Tulis, Batang. Desa terdampak yaitu di Desa Sembojo, Kaliboyo, Beji dan Simbang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batang mengidentifikasi sebanyak 31 KK terdampak peristiwa tersebut. Di samping rumah warga, fenomena angin kencang berdampak pada kerusakan ringan sekolah dasar dan musola masing-masing 1 unit.

Baca juga   Polisi Geledah Gudang Tempat Bekerja Terduga Teroris di Surabaya

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. mengatakan, menyikapi kejadian itu, BPBD setempat telah melakukan koordinasi dengan forum pimpinan tingkat kecamatan serta kaji cepat di lapangan. Personel TNI, Polri, serta aparat kecamatan dan desa membantu dalam penanganan darurat.

Penanganan darurat juga menyasar pada pembersihan pohon tumbang. Sejumlah pohon roboh di beberapa titik, baik di sekitar pekarangan rumah warga maupun di ruang publik.

“Petugas BPBD telah membersihkan ranting-ranting maupun pohon yang tumbang akibat angin kencang sore itu,” terang Muhari dalam keterangan resminya, Senin (24/1/2022) malam.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspda dan siap siaga dalam mengantisipasi fenomena angin kencang. Mengurangi potensi risiko dampak angin kencang, pemerintah daerah atau pun warga dapat memangkas ranting pohon yang ada di lingkungan sekitar.

Baca juga   Fenomena Gerakan Tanah di Tegal, 448 Rumah Warga di Dua Desa Rusak

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari atau mencegah tumbangnya pohon saat hujan lebat turun atau angin kencang berlangsung.

Sementara itu, Kecamatan Tulis juga memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Warga diharapkan tetap waspada terhadap potensi bahaya tersebut, ini mengingat esok hari, (hari ini) Selasa (25/1/2022), wilayah kecamatan ini masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Bupati Klaten Sri Mulyani meminta masyarakat turut andil dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal di Kota Bersinar. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Vaksinasi Klaten Tembus 78 Persen
Pemkab Klaten menyalurkan bantuan kepada 912 anak yatim, piatu, dan yatim piatu akibat pandemi Covid-19. Bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) tersebut diserahkan oleh Bupati Klaten, Wakil Bupati Klaten, Pimpinan Bank Jateng dan PLH Sekda Kabupaten Klaten pada Jumat (24/12/2021) secara simbolik di Pendopo Kabupaten Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Pemkab Klaten Santuni 912 Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19
Para pelanggar Perda Miras saat diajukan ke persidangan.(Foto:nyatanya.com/Diskominfo Wonosobo)

Peristiwa

Langgar Perda Miras, 10 Orang Didenda Rp3 Juta
Kelompok Wanita Tani Purwotani panen hasil tanam hidroponik. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Kelompok Wanita Tani Purwotani Panen Hidroponik
Wakil Walikota Yogyakarta meninjau kegiatan vaksinasi yang dikhususkan untuk warga disabilitas Kota Yogyakarta yang digelar di Taman Pintar. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Penyandang Disabilitas Ikuti Vaksinasi di Taman Pintar
Sri Sultan menandatangani prasasti dan pengguntingan pita peresmian Balai Budaya Girikerto, disaksikan wakil bupati Sleman dan Kadisbud DIY. (Foto: Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Gubernur DIY Resmikan Balai Budaya Girikerto dan Sendang Agung
Kapolres Kulonprogo AKBP Muharomah Fajarini, S.H., S.I.K. menyerahkan langsung bantuan kepada pengemudi ojol di wilayah Temon. Foto: @polreskulonprogo

Peristiwa

Bantu Warga Terdampak Kenaikan BBM, Polres Kulonprogo Bagikan Paket Beras untuk Pengemudi Ojol
Bupati Temanggung, HM Al Khadziq dalam acara Tasyakuran dan Resepsi dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti ke-76 Kementerian Agama RI di Gedung Graha Bhumi Phala, Komplek Setda Kabupaten Temanggung, Rabu (12/1/2022). (Foto: MC TMG)

Peristiwa

Bupati: Temanggung Berkomitmen Tidak Ada Perbedaan Golongan, Ras, Agama, dan Politik