Home / News

Selasa, 5 Oktober 2021 - 18:12 WIB

38 Proyek Irigasi Selesai, Wonogiri Siap Sambut Swasembada Pangan

Penyerahan hasil pekerjaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun Anggaran 2021 Kabupaten Wonogiri. (Foto:Kominfo Wng)

Penyerahan hasil pekerjaan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun Anggaran 2021 Kabupaten Wonogiri. (Foto:Kominfo Wng)

NYATANYA.COM, Wonogiri – Tiga puluh delapan proyek Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) tahun Anggaran 2021 di Kabupaten Wonogiri telah selesai dikerjakan. Penyerahan hasil pekerjaan dilaksanakan di Ruang Khayangan Kompleks Setda Kabupaten Wonogiri, Senin (4/10/2021) siang.

Hasil Pekerjaan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Agus Rudianto kepada 38 Kepala desa yang desanya menjadi sasaran P3-TGAI Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menyambut baik program P3-TGAI ini. Ia mengatakan, program ini mendukung peningkatan produktivitas sektor pertanian menuju swasembada pangan.

“Dengan adanya P3-TGAI ini, diharapkan lahan yang tadinya merupakan sawah tadah hujan, mampu berubah fungsinya menjadi sawah irigasi,” ujarnya.

Baca juga   Akhir 2021, Seluruh Kursi Perangkat Desa di Purbalingga Harus Terisi

Kegiatan P3-TGAI merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung kedaulatan pangan nasional sekaligus sebagai wujud upaya kemandirian ekonomi dalam sektor pertanian.

Objek kegiatan ini adalah jaringan irigasi tersier yang menjadi kewenangan pemerintah pusat, ataupun kewenangan daerah, baik provinsi maupun kabupaten.

“Tujuan besar ini tidak dapat diwujudkan hanya oleh seorang bupati, tetapi dibutuhkan dukungan dari Pemerintah Pusat melalui BBWS Bengawan Solo. Ini menjadi optimisme kami untuk membangun Kabupaten Wonogiri melalui kolaborasi dan sinergitas seluruh unsur baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” ujar Joko Sutopo.

Agus Rudianto mengatakan, Kabupaten Wonogiri merupakan kabupaten yang menerima alokasi Program P3-TGAI terbanyak di wilayah Soloraya. Hal ini karena kondisi geografis Kabupaten Wonogiri yang berpotensi mengalami kekeringan yang cukup tinggi di musim kemarau.

Baca juga   Pantau Ketersediaan Oksigen, Jateng Andalkan JOSS

Selain untuk meningkatkan fungsi irigasi lahan pertanian, lanjut Agus, kegiatan ini juga sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Pengerjaan proyek ini melibatkan masyarakat sekitar dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Proyek pekerjaan ini dikerjaan dari petani, oleh petani, dan untuk petani. Kita membeli material bangunan dari toko di sekitar lokasi proyek, sehingga perekonomian bisa berjalan. Sehingga perputaran uang akan berjalan dan mampu mengurangi dampak sosial dan ekonomi karena pandemi,” tutur Agus. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Di Magelang 123 Pasien Covid-19 Sembuh, Kasus Baru Tambah 56
Penampakan visual aktivitas Gunung Merapi, Selasa (10/8/2021) pukul 20.27 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Jarak Luncur Guguran Gunung Merapi Semakin Jauh
Presiden Joko Widodo dengan baju adat Suku Baduy Jamang Sangsang. (Foto:agus suparto/twitter@jokowi)

News

Baju Suku Baduy yang Dipakai Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2021 Ternyata Harganya Cuma Segini
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Hari ini 16 warga Kecamatan Secang Magelang Meninggal Covid-19
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Tiga Meninggal, 63 Sembuh, dan 36 Kasus Baru Covid-19 di Magelang
Ganjar langsung meminta agar panitia segera mengakhiri kegiatan tersebut. Sebab, banyak panitia, peserta, maupun orang tua yang mengikuti atau menyaksikan acara itu, tidak mengenakan masker. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Mencak-mencak, Nekat Gelar ‘Pit-pitan Bareng’ Tak Patuh Prokes
Ganjar Pranowo meninjau Jogo Tonggo di Desa Wirun Purworejo. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

PPKM Mikro Darurat di Jateng, Ganjar: Masyarakat Jangan Panik
(ilustrasi:nyatanya.com)

News

Waspadai Corona Varian Delta, Dinkes Imbau Warga Kenakan Dobel Masker