Home / Peristiwa

Senin, 23 Mei 2022 - 15:20 WIB

38 Satwa Endemik Papua Dilepasliarkan di Hutan Jayapura

Sebanyak 38 satwa endemik Papua dilepasliarkan di Hutan Adat Isyo, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Foto: Biro Humas KLHK

Sebanyak 38 satwa endemik Papua dilepasliarkan di Hutan Adat Isyo, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Foto: Biro Humas KLHK

NYATANYA.COM, Jayapura – Hari Keanekaragaman Hayati yang jatuh pada 22 Mei diperingati oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan melakukan melalui sejumlah kegiatan melestarikan satwa liar di habitat alaminya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua, Abdul Azis Bakry, mengatakan salah satu kegiatan pelestarian yang dilakukan adalah melepasliarkan 38 satwa endemik Papua di Hutan Adat Isyo, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

“Saya mengharapkan keanekaragaman hayati Papua terus terjaga, sebagai bagian penting dari keanekaragaman hayati dunia,” ujar Plt Kepala BBKSDA Papua dalam keterangan resmi yang diterima InfoPublik pada Minggu (22/5/2022).

Lebih lanjut Abdul Azis menjelaskan, satwa yang dilepasliarkan adalah satu ekor Mambruk Victoria (Goura Victoria), Sembilan ekor Kakatua Koki (Cacatua Galerita), Empat ekor Kasturi Kepala Hitam (Lorius Lory), 18 ekor Nuri Kelam (Pseudeos Fuscata), Tiga ekor Nuri Bayan (Eclectus Roratus), dan Tiga ekor Jagal Papua (Cracticus Cassicus).

Baca juga   Peduli Kesehatan, Satgas Yonif 126/Kala Cakti Lakukan Pengobatan Door To Door

Sebagian satwa tersebut berasal dari translokasi (pemulangan kembali ke daerah asalnya) dari Jawa Timur dan sebagian lagi merupakan penyerahan dari masyarakat di Jayapura.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor:P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018, semua satwa tersebut dilindungi undang-undang, kecuali Jagal Papua),” jelasnya.

Dalam daftar CITES, lanjutnya, semua satwa tersebut masuk dalam appendix II, yaitu spesies yang mungkin terancam punah bila perdagangan terus berlanjut tanpa regulasi.

Sementara berdasarkan daftar IUCN, semua satwa berstatus Least Concern (risiko rendah), kecuali Mambruk Victoria berstatus Near Threatened (hampir terancam), dengan tren populasi menurun.

Menurut Abdul Aziz, pelepasliaran satwa endemik Papua ke habitat alaminya merupakan salah satu upaya dalam melestarikan satwa liar milik negara.

“Selama masih terdapat satwa liar di luar habitat alaminya, entah karena tindak ilegal atau terdapat situasi khusus lainnya, BBKSDA Papua akan terus berupaya sebaik mungkin mengembalikannya ke rumah mereka yang semestinya,” katanya.

Baca juga   Awalnya Ragu ke Papua, Sutiayah Justru Ukir Rekor Baru di Peparnas Papua

Dia mengapresiasi pihak pengelola Hutan Adat Isyo yang selama ini telah bekerja sama dengan BBKSDA Papua, terutama dalam hal pelepasliaran satwa.

Tim BBKSDA Papua juga dinilai telah berhasil menyukseskan pelepasliaran satwa ini dengan berpedoman pada Surat Edaran (SE) Dirjen KSDAE Nomor: 8/KSDAE/KKH/KSA.2/5/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelepasliaran Satwa Liar di Masa Pandemi Covid-19.

Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan, dan Pengawetan BBKSDA Papua, Lusiana Dyah Ratnawati menambahkan, 38 satwa endemik Papua yang dilepasliarkan tersebut telah tuntas menjalani habituasi di kandang transit Buper Waena, dan siap kembali ke alam.

Sebagian masyarakat Papua juga dinilai sudah memahami status konservasi satwa-satwa tersebut, namun masih terus perlu terus diberikan informasi tersebut.

“Saya berhadap masyarakat tidak akan bosan mendapatkan informasi ini kembali, karena sifatnya sangat penting. Bagaimanapun, saya tetap perlu menegaskan lagi dan lagi, bahwa semua satwa liar, khususnya endemik Papua, memerlukan perhatian kita bersama,” pungkasnya.

(WS/N1)

Share :

Baca Juga

Inovasi e-Kir relevan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (Foto:Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Uji Kir di Sukoharjo Makin Mudah dengan e-Kir
Pemkot Yogya berhasil meraih nilai tertinggi kategori Pemerintah Daerah Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan Anak dan Pelaporan berbasis aplikasi Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak Tahun 2021. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogyakarta Terima Penghargaan KPAI 2021
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Senin (6/12/2021) sore didampingi Menteri Koperasi dan UMKM serta Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja meresmikan Shopee Soko Creative dan Innovation Hub serta Gaming & Community Hub di Solo Technopark. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Dorong Pertumbuhan UMKM, Shopee Buka Kantor di Solo Technopark
Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Aan Hardiansyah memimpin upacara serah terima jabatan Kabag dan Kapolsek. Acara berlangsung dengan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan, Senin (11/4/2022) sore. (Foto:MC Kab. Blora/Teguh)

Peristiwa

Kapolres Blora Pimpin Serah Terima Jabatan Kabag dan Kapolsek
Kemantren Wirobrajan menggelar apel kesiapsiagaan bencana, sebagai bentuk dari kewaspadaan terhadap bencana alam di wilayah Kota Yogya khsusnya di Kemantren Wirobrajan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Antisipasi Bencana, Kemantren Wirobrajan Gelar Apel Siaga
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menjadi satu-satunya perusahaan Indonesia yang masuk dalam jajaran Global 500 2022 Most Valuable Brand (perusahaan dengan merek paling bernilai) yang dikeluarkan konsultan brand valuation internasional, Brand Finance. (Foto: Istimewa/MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Satu-satunya dari Indonesia, Telkom Kembali Masuk Jajaran Brand Finance Global 500
Ular jenis Piton sepanjang 3 meter yang ditemukan di kamar mandi rumah milik warga, di Jalan Hangtuah, Kelurahan Olo, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sabtu (4/6/2022). Foto: MC Padang

Peristiwa

Ular Piton di Kamar Mandi Bikin Fatmawati Ketakutan, Tim Damkar Turun Tangan
Atikoh menyempatkan diri membeli gitar batik di ajang UKM Virtual Expo. (Foto: Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Kunjungi UVO 2021, Atikoh Beli Gitar Batik untuk Anak Lanang