Home / Olga

Senin, 27 September 2021 - 09:02 WIB

4 Atlet Purbalingga Ikuti PON XX Papua

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong para atlet untuk terus berjuang dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi. Hal ini dikatakannya saat melepas 4 atlet Purbalingga ke PON XX Papua. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong para atlet untuk terus berjuang dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi. Hal ini dikatakannya saat melepas 4 atlet Purbalingga ke PON XX Papua. (Foto: Diskominfo Purbalingga)

NYATANYA.COM, Purbalingga – Sebanyak empat orang atlet dari Purbalingga akan berlaga pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, 2-15 Oktober 2021. Mereka akan terjun pada empat cabang olahraga, yakni lompat jauh, panjat tebing, atletik, dan panahan.

Informasi tersebut disampaikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Purbalingga, Eko Susilo, saat pelepasan atlet Purbalingga, Pringgitan Pendapa Dipokusuma, Jumat (24/9/2021).

Ditambahkan, dua orang atlet yang berlaga pada PON XX, yakni Arifianto Firmansyah (lompat jauh) dan Aditia Tri Sahria (panjat tebing). Dua orang lagi berlaga pada ajang Peparnas XVI.

“Alhamdulillah dari Purbalingga ada dua cabang untuk ikut mendukung Jawa Tengah, yaitu atletik dan panjat tebing. Sebenarnya ada satu cabang lagi yang ikut, yaitu softball, namun karena di sini belum ada Pengkab-nya sehingga ikut daerah lain. Tapi asli Purbalingga dan membela Purbalingga,” kata Eko.

Baca juga   Jabar Semakin Kokoh di Urutan Pertama Klasemen Medali PON Papua

Ia menyatakan, Purbalingga patut berbangga, karena meskipun dalam situasi pandemi, tetap menghasilkan atlet berbakat untuk mewakili Jateng.

Menurutnya, penyelenggaraan PON akan menjadi contoh, untuk penyelenggaraan pekan olahraga wilayah ataupun kabupaten pada masa pandemi.

Sementara itu, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Purbalingga, Sri Wahyuni menambahkan, dua orang atlet disabilitas yang terjun pada Peparnas XVI adalah Iqbal Rizki Pratama (atletik) dan Kholid Karsim (panahan).

“Alhamdulillah walaupun NPC baru berdiri 2016, tapi sudah bisa mengirimkan atlet ke ajang nasional,” katanya.

Wahyuni berharap, kelak NPC bisa mendapatkan dukungan lebih besar dari pemerintah. Terlebih, Jawa Tengah menjadi penyumbang terbesar peserta Asian Para Games beberapa waktu lalu.

Baca juga   33 Atlet Bantul Siap Berlaga di PON XX Papua

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong para atlet untuk terus berjuang dengan penuh semangat dan dedikasi tinggi.

“Tidak perlu merasa terbebani, soal juara itu dipikir belakangan. Yang harus dibawa dalam mindset rekan-rekan atlet sekalian, adalah bagaimana memberikan yang terbaik,” katanya.

Bupati berpesan kepada para atlet dan ofisial yang bertugas untuk tetap menjaga kesehatan. Terkait pemenuhan sarana dan prasarana olahraga untuk para atlet, bupati mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengupayakannya, baik melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purbalingga, dana tanggung jawab sosial dari pihak swasta, maupun dukungan dana dari kementerian terkait. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Semarang Ngesti Nugraha melepas atlet dan pelatih yang akan memperkuat kontingen Jawa Tengah di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua ditandai dengan penyerahan uang saku. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Olga

Atlet PON Kabupaten Semarang Optimistis Raih 4 Emas
Para atlet kontingen Indonesia di ajang multi event olahraga Paralimpiade Tokyo 2020 menerima bonus dari dari pemerintah yang nominalnya sama dengan yang didapatkan peraih medali pada atlet olimpiade yang telah diberikan sebelumnya.(Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Diserahkan Presiden Jokowi, Bonus Atlet Paralimpiade Tokyo 2020
Menpora Amali dalam Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diselenggarakan bersama PWI dan SIWO PWI secara daring. (Foto:egan/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali: Pabrik Prestasi Olahraga Itu Bernama DBON
Seluruh Capaska yang mengikuti Diklat Paskibrakanas di PPPON Cibubur mengikuti vaksinasi ke-2. (Foto:rayki/kemenpora.go.id)

Olga

Jalani Vaksinasi ke-2, Kemenpora Ingin Capaska Jadi Contoh bagi Masyarakat
Menpora Zainudin Amali secara resmi mengukuhkan dan melepas Kontingen Indonesia untuk mengikuti Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:putra/kemenpora.go.id)

Olga

Menpora Amali Resmi Kukuhkan dan Melepas Kontingen Paralimpiade Tokyo 2020
Pelari Nusa Tenggara Barat Lalu Mohammad Zohri (kiri) mencapai garis finis dalam final nomor lari 100 meter putra PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Rabu (6/10/2021). Zohri meraih medali emas, sementara pelari Nusa Tenggara Barat lainnya Sudirman Hadi meraih medali perak dan pelari Kalimantan Tengah Eko Rimbawan meraih medali perunggu. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom)

Olga

Melesat bak Peluru, Sprinter Zohri-Tyas Kuasai 100 Meter
Pelari putri DKI Jakarta Odekta Elvina Naibaho (tengah), bersama pelari putri DKI Jakarta Tryaningsih (kiri) dan pelari Sulawesi Selatan Fitri (kanan) memperlihatkan medalinya saat pengalungan medali nomor lari 5.000 meter Putri PON Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (5/10/2021). Odekta Elvina meraih medali emas sementara Tryaningsih meraih medali perak dan Fitri meraih medali perunggu. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi/YU)

Olga

Klasemen Sementara PON XX, Jabar Gusur Tuan Rumah
Presiden Joko Widodo. (Foto:Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden/kemenpora.go.id)

Olga

Sumbang 3 Medali di Paralimpiade, Presiden Jokowi: Tak Ada yang Bisa Hentikan Leani Ratri Oktila