Home / Peristiwa

Sabtu, 24 Juli 2021 - 10:33 WIB

51 Pasien OTG Asal Klaten Dipindahkan Ke Isolasi Terpusat Donohudan

Sejumlah pasien OTG yang semula menempati GOR Gelarsena mulai dipindahkan ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

Sejumlah pasien OTG yang semula menempati GOR Gelarsena mulai dipindahkan ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali. (Foto:nyatanya.com/Humas Klaten)

NYATANYA.COM, Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten memindahkan 51 pasien OTG (Orang Tanpa Gejala) ke tempat isolasi terpusat Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jumat (23/7/2021). Pasien tersebut sebelumnya menempati tempat isolasi terpusat GOR Gelarsena Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan pemindahan tersebut merupakan langkah memaksimalkan mobilitas isolasi pasien Covid-19 di Klaten. Hal ini sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam manajemen kontigensi penanganan Covid-19.

“Di Klaten (kapasitas) tempat isolasi terpusat ada 900-an (bed). Namun sesuai arahan Pak Kapolda untuk memaksimalkan (tempat isolasi terpusat) yang ada di Donohudan, sehingga kita mobilisasi ke sana,” paparnya saat meninjau persiapan keberangkatan pasien di GOR Gelarsena.

Baca juga   Siapkan 1.500 Tangki Air Bersih, Boyolali Antisipasi Kekeringan

Pasien yang dibawa ke Donohudan merupakan pasien OTG dari 26 Kecamatan dan memenuhi kriteria. Sebelumnya pasien OTG dari kecamatan ditempatkan di GOR Gelarsena yang merupakan tempat isolasi terpusat tingkat kabupaten dan mendapatkan asesmen dari tim medis. Selanjutnya, dengan menggunakan bus milik Brimob Polda Jawa Tengah, pasien diberangkatkan ke Donohudan.

Baca juga   Budidaya Lele Jadi Pilihan Program Laboratorium Kemiskinan

“Kriterianya, satu, laki-laki. Kedua, jangan lansia, dan yang pasti OTG,” ungkapnya.

Bupati menambahkan masyarakat tidak perlu khawatir bila harus mengikuti isolasi terpusat. Hal ini lantaran kebutuhan pasien, mulai dari makanan, logistik, obat-obatan hingga pengawasan dari tenaga medis, sudah terfasilitasi.

“Di sana dijamin semuanya. Sesuai dengan SOP isolasi, pasien berada di tempat isolasi terpusat selama 14 hari. Di setelah 7 hari di sana, akan dilakukan tes PCR,” imbuhnya. (*)

Share :

Baca Juga

Kasatlantas Polres Boyolali AKP. Yuli Anggraeni dalam acara Donor Darah menyambut HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-66. (Foto: Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Peringati HUT Ke-66 Lantas, Satlantas Polres Boyolali Gelar Donor Darah
Krisna Septian SH Kuasa Hukum Jamil berharap pelaku segera ditangkap. (Foto: nyatanya.com/istimewa)

Peristiwa

Antisipasi Pelaku Pengancaman Kabur, Kuasa Hukum Jamil Desak Polisi Tangkap Terlapor
Bupati Klaten Sri Mulyani menyerahkan bantuan kepada PKL Alun-alun Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Bagikan Bantuan Pangan untuk PKL Alun-alun
Selama musim panen tembakau diperkirakan terjadi peningkatan konsumsi elpiji di masyarakat hingga 12 persen. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Stok Elpiji Selama Musim Tembakau Aman
Bantuan secara simbolis diserahkan kepada Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming kepada warga masyarakat terdampak Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Bank Indonesia Surakarta Serahkan Bantuan 2.000 Paket Sembako dan Vitamin
Ilustrasi vaksin Covid-19 bagi ibu hamil. (Foto:dokumentasi/humas kab bantul)

Peristiwa

1.100 Ibu Hamil Jadi Sasaran Vaksin Pemkot Yogya
Heroe Poerwadi saat peluncuran apliaksi vaksinasi JSS. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Melalui Aplikasi Jogja Smart Service
Walikota Surakarta, Gibran Rakabumining saat menyerahkan bantuan oxygen concentrator kepada Pemkab Klaten. (Foto: Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Giliran Klaten Dapat Bantuan Oxygen Concentrator dari Pemkot Surakarta