Home / News

Senin, 25 Oktober 2021 - 21:18 WIB

6 Bus Wisata Ditolak Masuk Yogya, One Gate System akan Berlaku Setiap Hari

Stiker penanda untuk bus yang lolos menjalani pemeriksaan di Terminal Giwangan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Stiker penanda untuk bus yang lolos menjalani pemeriksaan di Terminal Giwangan. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta yang menerapkan one gate system atau sistem satu pintu untuk bus pariwisata tidak hanya berlaku di hari Sabtu Minggu. Kebijakan tersebut akan diberlakukan setiap hari untuk keamanan serta kenyamanan wisatawan dan masyarakat Kota Yogyakarta dari potensi sebaran Covid-19.

“Kami upayakan itu semua. Tetap kami jalankan di hari- hari biasa. One gate system baik di hari weekend dan weekdays. Bagi kami ini adalah ikhtiar agar ekonomi tumbuh tanpa terganggu dengan potensi adanya sebaran baru Covid-19,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Senin (25/10/2021) dikutip portal resmi Pemkot Yogya.

Pemerintah Kota Yogyakarta mulai menerapkan one gate system bus pariwisata pada Sabtu (23/10/2021) dan Minggu (24/10/2021). Dengan aturan itu setiap bus pariwisata yang akan ke Yogyakarta wajib masuk ke Terminal Giwangan dahulu untuk menjalani pemeriksaan terkait bukti vaksinasi Covid-19. Bus yang lolos pemeriksaan akan mendapatkan stiker penanda untuk parkir di tempat parkir di Kota Yogyakarta.

Baca juga   Umrah Kembali Ditunda, Gus Yasin Minta Masyarakat Sabar untuk Kebaikan

“Harapannya yang berwisata nyaman karena berada di lingkungan yang sudah divaksin dan kita yang menerima (wisatawan) juga nyaman karena mereka sudah divaksin,” ujarnya.

Menurutnya saat ini sedang dilakukan monitoring dan evaluasi untuk kegiatan one gate system selama dua hari kemarin. Terutama jika ada kekurangan dalam penerapan di lapangan akan diperbaiki minggu depan.

Heroe menyebut pada Sabtu (23/10/2021) ada 64 bus pariwisata masuk menjalani pemeriksaan di Terminal Giwangan dan 1 bus dinyatakan tidak lolos pemeriksaan. Sedangkan pada Minggu (24/10/2021) total sebanyak 142 bus yang masuk Terminal Giwangan dan diperiksa dengan 5 bus tidak lolos pemeriksaan.

“Bus yang tidak lolos pemeriksaan itu karena hampir lima puluh persen penumpang tidak bisa menunjukkan kartu vaksin. Mereka tidak kami izinkan untuk masuk ke Kota Yogyakarta dan saat itulah kami minta untuk balik,” terang Heroe.

Heroe menyatakan bus-bus yang masuk di Terminal Giwangan dan lolos pemeriksaan di sebar di 8 tempat parkir bus dan non bus yakni Tempat Khusus Parkir (TKP) Abu Bakar Ali, Senopati, Ngabean, Sriwedani, Spraga dan Ketandan. Pihaknya menegaskan sudah mewanti- wanti pengelola TKP agar memastikan bus pariwisata yang masuk sudah lolos pemeriksaan di Terminal Giwangan.

Baca juga   BNN Magelang Musnahkan Barang Bukti 19 Kilogram Ganja Kering

“Kami juga patroli di lapangan temukan dua bus tidak berstiker sempat masuk kota. Lalu kami minta untuk masuk Terminal Giwangan dulu untuk pemeriksaan,” imbuhnya.

Secara terpisah Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arif mengatakan, saat penerapan one gate system pada akhir pekan kemarin sebagian besar bus pariwisata masuk ke Terminal Giwangan untuk menjalani pemeriksaan. Kebijakan itu juga mendapat tanggapan positif dari para biro perjalanan dan kru bus karena dimudahkan dalam parkir.

“Semua memahami aturan yang berlaku dan saya kira komitmen ini akan bisa terbangun dengan baik. Mereka justru merasa dimudahkan karena jalur masuk bus pariwisata sudah ditentukan dan dipastikan mendapat tempat parkir. Tidak ada penumpukan bus karena parkir maksimal tiga jam,” tandas Agus. (*)

Share :

Baca Juga

Capaian vaksinansi bagi ibu hamil di Kabupaten Kendal baru 1.681 orang ibu hamil atau sebanyak 38,79 persen dari total ibu hamil, sebanyak 4.334 orang. (Foto: Diskominfo Kendal)

News

Capaian Vaksin Ibu Hamil di Kendal Baru 38,79 Persen
Di awal 2022, Indonesia mendapatkan tambahan pasokan vaksin Pfizer sebanyak 1.236.000 dosis. Vaksin ini merupakan donasi dari kerja sama yang dibangun antara negara Italia beserta dengan Covid-19 Vaccines Global Access (COVAX) Facility. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik)

News

Tambahan 1.236.000 Dosis Vaksin Pfizer Tiba di Indonesia
(Ilustrasi/nyatanya.com)

News

Masih Tinggi, Yogya Tambah 782 Kasus Positif Covid-19
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Jateng)

News

UMP Jateng 2022 Naik 0,78 Persen, Perusahaan Abai Terancam Kena Sanksi
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melakukan pantauan vaksinasi di Graha PGRI, Senin (18/10/2021). (Foto: MC Kab Sukoharjo)

News

Sentra Vaksin Sukoharjo Mulai Layani Warga Luar Daerah
Ketua Tim Gugus Pertembakauan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto mengatakan, dari pantauan hingga Oktober 2021 ini, di gudang-gudang, proses pembelian masih berlangsung, seperti di PT Gudang Garam. (Foto:MC.TMG)

News

Pemkab Temanggung Ngoyak-oyak Pabrikan Habiskan Tembakau Petani
(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah 3 Orang
Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021), diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13.30 WIB. (Foto: Dokumentasi/MC Diskominfo Prov Jatim)

News

PVMBG Jelaskan Kronologis Erupsi Gunung Semeru