Home / Peristiwa

Rabu, 24 Agustus 2022 - 11:33 WIB

70 Persen Wilayah Maluku Utara Tidak Ada Musim Kemarau Sepanjang Tahun, Fenomena Ini Penyebabnya

Ilustrasi. Foto: Ist

Ilustrasi. Foto: Ist

NYATANYA.COM, Ternate – Kondisi cuaca di Wilayah Maluku Utara hingga saat ini masih sering terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akibat adanya fenomena alam La Nina sehingga memicu terjadi cuaca ektrim.

Akibat pengaruh La Nina ini wilayah Maluku Utara yang sudah memasuki musim kemarau sepanjang tahun ini diprediksi tidak akan ada musim kemarau.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Babullah Ternate melalui Sub Koordinator Data dan Informasi Setiawan Sri Raharjo, Selasa (23/8/2022) mengatakan, sudah diidentifikasikan untuk wilayah Maluku Utara tidak akan terjadi musim kemarau tetapi hujan sepanjang tahun.

Baca juga   Korupsi Anggaran KONI, Polisi Periksa 24 Saksi di Papua Barat

Ini juga sesuai dengan hasil rapat perkiraan musim yang dilakukan di Mataran Nusa Tenggara Barat sekaligus konsolidasi nasional dan melihat potensi untuk wilayah Maluku Utara pada beberapa tempat tidak mengalami musim kemarau.

”Ada beberapa tempat dapat terjadi musim kemarau tetapi pada akhir Agustus atau awal September 2022 mendatang,” ujar Setiawan Sri Raharjo.

Secara umum untuk wilayah Maluku Utara hampir 70 persen kata Setiawan Sri Raharjo, diidentifikasikan tidak terjadi musim kemarau.

Baca juga   Nekat Nyolong Motor di Pesantren, Dua Warga Pandak Bantul Dicokok Polisi

Karena itu perlu diwaspadai pada akhir November dan awal Desember 2022 hingga Januari awal kemungkinan besar terjadi pengurangan uap air di wilayah Maluku Utara sebagai timbal balik dari proses perubahan iklim sehingga La Nina masih kuat di wilayah Maluku Utara.

Dengan kondisi cuaca yang sering terjadi ektrim akibat masih adanya pengaruh La Nina diharapkan masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati terutama kepada masyarakat yang sering melakukan aktivitas di laut karena dikhawatirkan pula adanya gelombang tinggi.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Mensos Tri Rismaharini, memantau langsung perbaikan areal makam Presiden pertama Indonesia Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur. (Foto: Kementerian Sosial)

Peristiwa

Mensos Tri Rismaharini Pantau Perbaikan Makam Bung Karno
Rumah Warga Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, yang rusak berat akibat terjangan angin kencang pada Selasa (3/1), pukul 04.20 Wita. Foto: BPBD Kabupaten Mamuju

Peristiwa

23 Rumah Warga Mamuju Rusak Diterjang Angin Kencang, 4 Kecamatan Terdampak
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Asosiasi Pendeta Indonesia Diharapkan Jembatani Komunikasi Jemaat Antargereja
Membantu percepatan pencapaian vaksinasi, DPRD Temanggung menggelar vaksinasi serupa pada warga satu minggu sekali, namun bila dibutuhkan akan digelar dua atau tiga hari sekali. (Foto: MC Kab Temanggung)

Peristiwa

Bantu Percepatan, DPRD Temanggung Gelar Vaksinasi Massal
Kepala DPU PR Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana saat meninjau pembangunan irigasi di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Tingkatkan Jaringan Irigasi, Temanggung Peroleh DAK Rp10,2 M
Uji coba parkir elektronik dilakukan Pemkot Semarang mulai Rabu (2/2/2022). Ada empat lokasi yang dijadikan tempat diterapkannya parkir elektronik. (Foto: Diskomindo Jateng)

Peristiwa

Pemkot Semarang Mulai Uji Coba Parkir Elektronik di 4 Titik, Ini Lokasinya
Bupati Klaten, Sri Mulyani beserta jajaran berziarah ke makam Kyai Melati. Foto: Kominfo Klaten

Peristiwa

Sakralnya Tradisi Ziarah Makam Jelang Hari Jadi ke-218 Kabupaten Klaten
Keberhasilan memborong enam penghargan sekaligus dalam Top Business Awards ini, merupakan hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh pihak yang ada di jajaran Pemkab Bantul. (Foto: Dok Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Bantul Borong 6 Penghargaan di TOP BUMD Awards 2021