Home / Peristiwa

Senin, 29 November 2021 - 19:38 WIB

700 Nelayan Rawa Pening Terima Polis Asuransi dari Pemprov Jateng

Sebanyak 700 orang nelayan yang menangkap ikan di Rawa Pening mendapat polis asuransi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

Sebanyak 700 orang nelayan yang menangkap ikan di Rawa Pening mendapat polis asuransi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (Foto: Diskominfo Kab Semarang)

NYATANYA.COM, Semarang – Sebanyak 700 orang nelayan yang menangkap ikan di Rawa Pening mendapat polis asuransi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (Dispertanikap) Kabupaten Semarang Wigati Sunu menyampaikan, asuransi nelayan diperlukan sebagai perlindungan saat mereka bekerja menangkap ikan.
Meski saat ini sedang dilaksanakan proses revitalisasi Rawa Pening oleh Kementerian PUPR RI, masih ada nelayan yang bekerja mencari ikan.

“Jika terjadi musibah saat bekerja di rawa, nelayan bisa memperoleh santunan dari asuransi ini,” terangnya pada penyerahan asuransi tersebut secara simbolis di pendapa obyek wisata Bukit Cinta Banyubiru, Senin (29/11/2021).

Baca juga   Gus Yasin Dorong Keterlibatan Perusahaan dalam Pemberdayaan Santri dan UMKM

Disampaikan, asuransi tersebut tidak hanya meng-cover saat menangkap ikan. Di luar kegiatan itu, juga diberikan pertanggungan kecelakaan. Besaran nilai manfaat asuransi ini, mulai dari Rp20 juta sampai dengan Rp200 juta.

Kepala Seksi Perikanan Tangkap Dispertanikap Kabupaten Semarang Wekas Sawitri menjelaskan, para nelayan berasal dari Bawen, Tuntang, Ambarawa, dan Banyubiru.

Saat ini, tercatat ada sekitar 1.500 orang nelayan yang menggantungkan hidup dari usaha tangkap ikan di Rawa Pening.

Ditambahkan, pada 2021 ini, para nelayan diajak berdialog untuk menata pola penangkapan ikan di Rawa Pening usai revitalisasi. Nantinya, para nelayan diwajibkan untuk menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan.

Baca juga   Penyelundupan 112 Kg Ganja untuk Perayaan Malam Tahun Baru Berhasil Digagalkan Polda Metro Jaya

“Jadi seperti memakai branjang atau sejenis karamba itu nantinya tidak boleh. Para nelayan akan diarahkan untuk menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Hal itu untuk menjaga mutu ekosistem rawa dan diselaraskan dengan kepentingan pariwisata,” katanya.

Salah seorang nelayan, Asrul Sani (52) mengaku tidak menolak adanya revitalisasi Rawa Pening. Dia berharap, langkah itu dapat meningkatkan pendapatannya sehari-hari.

“Rata-rata sehari saya bisa mendapat tujuh kilogram ikan nila. Kalau bisa pembatasan lokasi penangkapan ikan tidak mengurangi pendapatan kami,” kata pria asal Cerbonan, Banyubiru.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun di Kota Pekalongan, Senin (20/12/2021). Ada dua tempat yang dikunjungi Ganjar yaitu SDN Podosugih 03 dan SDN Tirto 03, Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Tinjau Vaksinasi di Pekalongan, Ganjar Targetkan 2 Juta Anak Jateng Divaksin
Festival Angkringan di Halaman Komplek Kantor Kapanewon Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. (Foto:Andri Afriyanto/KIM Depok)

Peristiwa

Festival Angkringan Kapanewon Depok Pulihkan Ekonomi UMKM
Sebanyak 100 konsentrator oksigen siap pakai diberikan secara langsung oleh Wakil Walikota (Wawali) Surakarta, Teguh Prakosa dan diterima oleh Bupati Boyolali, M. Said Hidayat. (Foto:Diskominfo Boyolali)

Peristiwa

Bantuan 100 Konsentrator Oksigen Pemkot Surakarta Diterima Pemkab Boyolali
Kalurahan COndongcatur kini memiliki mobil ambulans sendiri. Proses serah terima dari pihak penyedia kepada Pj Lurah Condongcatur, Sugiyanto dilakukan di Kantor Kalurahan Condongcatur, Selasa (26/10/2021). (Foto:MC Kab Sleman)

Peristiwa

Tanggap Keadaan Darurat, Condongcatur Sediakan Ambulans Kalurahan
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam diskusi virtual media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "Expo 2020 Dubai: Etalase Indonesia di Kancah Dunia". (Foto:infopublik)

Peristiwa

Paviliun Indonesia di Dubai Expo Pikat 11 Ribu Pengunjung dalam Lima Hari
Sejumlah ahli Geodesi dari ITB saat berkunjung ke rumah dinas Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo membahas penanganan persoalan rob dan banjir yang melanda pesisir Jateng. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Penanganan Rob dan Banjir Pesisir Jateng Sudah “On The Track”
Bupati Sri Mulyani secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada PKL, relawan dan lanjut usia. (Foto: Humas Klaten)

Peristiwa

PKL Alun-alun Sumringah Dapat Bantuan Sembako dari ASN Klaten
Kombes Pol Romylus Tamtelahitu, S.Sos., S.I.K., M. Krim. Foto: Polda Pabar

Peristiwa

Korupsi Anggaran KONI, Polisi Periksa 24 Saksi di Papua Barat