Home / News

Rabu, 13 April 2022 - 12:54 WIB

75 Parpol Berhak Mendaftar sebagai Peserta Pemilu 2024

NYATANYA.COM, Jakarta – Sebanyak 75 partai politik (parpol) berbadan hukum berhak untuk mendaftar sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari, melalui keterangan tertulisnya usai Serah Terima Jabatan Anggota KPU periode 2022 -2027 di Jakarta, Selasa (12/4/2022).

“Informasi terakhir itu ada 75 partai politik berbadan hukum yang berhak mendaftar sebagai peserta pemilu, namun kami akan memastikan lagi data terakhir pada April ini sebelum dimulai pendaftaran,” kata Hasyim.

Hasyim mengatakan setelah pihaknya mendapatkan nama-nama jelas mengenai partai politik yang berhak untuk menjadi peserta pemilu, maka KPU akan mengundang beberapa partai secara berkala untuk melakukan sosialisasi.

Baca juga   Mengejutkan! PSI DIY Lolos Verifikasi Keanggotaan 100%

“Sosialisasi kira-kira bagaimana tahapan kegiatan proses pendaftaran parpol. Begitu pula akan kami undang tim IT (informasi dan teknologi) atau tim Sipol (sistem informasi partai politik) dari masing-masing parpol sebagaimana yang kita praktikkan pada 2017,” tuturnya.

Hasyim memaparkan pendaftaran parpol pada Pemilu 2024 akan berlangsung pada 1 Agustus-14 Desember 2022.

Menurut Hasyim, pihaknya sudah mempersiapkan program peraturan KPU tentang pendaftaran parpol, kemudian instrumen yang akan digunakan.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Nanti kami mintakan informasi paling mutakhir pada bulan ini tentang apa saja dan berapa parpol berbadan hukum yang bisa berpartisipasi sebagai peserta Pemilu 2024,” kata Hasyim.

Baca juga   Hasyim Asy’ari Terpilih Jadi Ketua KPU RI Periode 2022 - 2027

Terkait dengan persiapan pemilu dan DPR yang mulai mendekati masa reses, Hasyim mengatakan bahwa sangat memungkinkan untuk membahas persiapan pemilu pada masa reses, termasuk membahas tahapan dan anggaran.

“Sebagaimana dalam hasil ratas (rapat terbatas), Pak Presiden beberapa waktu lalu merespons dan menyampaikan komunikasi kepada KPU bahwa sangat dimungkinkan di masa reses apabila diperlukan hal-hal atau pembicaraan-pembicaraan untuk menuntaskan persiapan tahapan Pemilu 2024,” katanya.

(N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji. Foto: Diskominfo Jateng

News

PMK Mewabah, MUI Jateng Beberkan Syarat Sah Hewan Kurban
Mantan penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. (Foto: Istimewa)

News

Novel Baswedan Sentil Firli Bahuri Soal Penetapan Tersangka Kepala Basarnas
Ilustrasi hoaks. (iStock)

News

Hoaks! Menteri Agama Larang Tarawih dan Tadarus Menggunakan Pengeras Suara
Presiden Jokowi. Foto: Tangkapan Layar BPMI Setpres

News

Indonesia Berhasil Menemukan Alternatif Energi Berbahan Baku Gula
Penerbangan lampion pada perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE dari Candi Borobudur Magelang, Senin (17/5/2022). Foto: Ist/beritamagelang

News

Sebanyak 2022 Lampion Diterbangkan Saat Perayaan Waisak 2566 BE/2022

News

Indonesia Gaungkan Toleransi di the Fifth Session of the Islamic Congress of Youth and Suport Ministers
Presiden RI Joko Widodo menyerahkan palu G20 kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi pada penutupan KTT Presidensi G20 Indonesia di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022). India akan mengemban Presidensi G20 pada 2023. Foto: Media Center G20

News

KTT Presidensi G20 Indonesia Hasilkan “Bali Leaders Declaration”
(Foto: BNPB)

News

Per Jumat 17 Desember 2021, Sebanyak 205 Orang Sembuh dari Covid-19