Home / Olga

Minggu, 19 Juni 2022 - 14:52 WIB

96 ‘Gento Terhormat’ Ikuti Babak Semifinal Jogja Gelut Day #1

Semifinal Jogja Gelut Day #1 yang digelar di Bumi Pramuka Kaliurang, Minggu (19/6/2022). Foto: Agoes Jumianto

Semifinal Jogja Gelut Day #1 yang digelar di Bumi Pramuka Kaliurang, Minggu (19/6/2022). Foto: Agoes Jumianto

NYATANYA.COM, Sleman – Sebanyak 96 ‘Gento terhormat’, julukan untuk para peserta Jogja Gelut Day #1 berebut tempat terhormat di babak semifinal yang digelar di Bumi Pramuka Kaliurang, Sleman, Minggu (19/6/2022).

Semestinya ada 100 gento terhormat yang masuk babak semifinal, 4 peserta mengundurkan diri sebelum pertandingan karena alasan sakit.

Erix Soekamti, penggagas event gelut bersama Jogja Mixed Martial Arts (Jogja MMA) mengatakan, sebelum babak semifinal digelar para semifinalis terlebih dahulu menjalani karantina dan workshop untuk menempa fisik dan mentalnya.

Semifinal Jogja Gelut Day #1. Foto: Agoes Jumianto

“Karena pada dasarnya event Jogja Gelut Day bukan semata-mata mencari jagoan gelut, tetapi spirit paseduluran jalaran soko gebuk-gebukan perlu ditanamkan kepada peserta,” beber Erix Soekamti.

Baca juga   Kampanyekan Hidup Sehat, Perwosi Kota Yogya Luncurkan Senam Kreasi Wira Pertiwi

Jogja Gelut Day juga diharapkan menjadi sport tourism baru di Yogyakarta. Sport tourism adalah konsep olah raga yang dikombinasikan dengan pariwisata ataupun sebalinya, untuk memberikan dampak satu sama lain.

“Gak cuma seneng senengnya, semoga dari gelaran acara yang kita selenggarakan di tempat-tempat wisata ini juga bisa memberi dampak ke masyarakat dan lingkungan disekitarnya,” imbuh pentolan band Endang Soekamti yang turut menyaksikan babak semi final.

Semifinal Jogja Gelut Day #1. Foto: Agoes Jumianto

Sampai berita ini diturunkan, pertarungan seru masih berlangsung di atas ring yang didirikan di tengah lapangan bumi perkemahan Kaliurang.

Kalau sesuai jadwal, babak semifinal berlangsung pukul 09.10 – 12.00 WIB (ronde 1) dan pukul 13.00 – 15.45 WIB (ronde 2).

Baca juga   Fikri/Bagas Juara Baru All England, Kalahkan Seniornya Hendra/Ahsan

Dari babak semifinal ini nantinya akan dipilih 20 sampai 26 gento terhormat yang berbak maju di babak grand final yang bakal digelar di Tebing Breksi, Kamis, 30 Juni 2022.

Event Jogja Gelut Day#1 ini digelar dari keprihatinan bersama tentang aksi kejahatan jalanan (klitih) yang marak terjadi di Yogyakarta.

Dan Erix Soekamti menggagas ruang gelut ini sebagai wadah bagi para remaja khususnya serta pecinta olahraga beladiri pada umumnya untuk berekspresi serta menyalurkan energi positifnya di tempat yang benar dengan regulasi serta mekanisme yang tepat, bukan di jalanan.

(N1)

Share :

Baca Juga

Tim Sepakbola CP Provinsi Papua berfoto bersama setelah berhasil meraih medali emas pada pertandingan final sepakbola CP PEPARNAS XVI PAPUA melawan Team Provinsi Kalimantan Selatan di Stadion Mahacandra Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, Jumat (12/11/2021). (Foto: PB.PEPARNAS16PAPUA/Billy Krey)

Olga

Dulang 261 Medali Emas, Papua Makin Tak Terkalahkan di Peparnas 2021
Pembukaan Kejuaraan Kota (Kejurkot) Bulu Tangkis Piala Wali Kota Surakarta digelar di GOR FKOR UNS pada 26-29 Januari 2022. (Foto: MC Kota Surakarta)

Olga

Jaring Atlet Muda Bulu Tangkis, Surakarta Gelar Kejurkot Poala Wali Kota
Pembukaan Pesonas digelar di Pendapa Pengabdian, Rumah Jabatan Wali Kota Magelang, Jumat (18/3/2022), yang ditandai dengan kegiatan Kirab Obor Virtual dari Kabupaten Temanggung ke Kota Magelang, dan selanjutnya ke Kabupaten Magelang. (Foto: MC.MagelangKota)

Olga

40 Atlet Penyandang Disabilitas Kota Magelang Ikuti Pesonas 2022
Pebasket putri DKI Jakarta Valenia Chrishanti (kanan) berusaha melewati pebasket putri Papua Violita Nomantari (tengah) dan Adriana Kayok (kanan) pada pertandingan babak penyisihan basket putri 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Senin (4/10/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom)

Olga

DKI Jakarta Bertemu Jatim di Semifinal Basket
Tiga orang atlet asal Demak yang berlaga pada PON XX Papua menerima bonus dari Bupati Demak Eisti’anah. (Foto: Kominfo Demak)

Olga

3 Atlet PON XX Papua Asal Demak Dapat Bonus dari Bupati
Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya harus puas keluar sebagai runner up di ajang bulutangkis Malaysia Open 2022. Foto: PBSI

Olga

Dikalahkan Takuro/Kobayashi, Fajar/Rian Runner Up Malaysia Open 2022
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia
Menpora RI Zainudin Amali. (Foto: Bagus/Biro Humas DPR)

Olga

Digelar di Jateng, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022