Home / Peristiwa

Sabtu, 18 Juni 2022 - 14:53 WIB

Abrasi Pantai di Minahasa Selatan, Kepala BNPB: Posko Darurat Harus Terorganisir

Kondisi pasca abrasi pantai di Kabupaten Minahasa Selatan. Foto: BNPB

Kondisi pasca abrasi pantai di Kabupaten Minahasa Selatan. Foto: BNPB

NYATANYA.COM, Minahasa Selatan – Dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Suharyanto, mengingatkan agar organisasi Posko Darurat Abrasi Pantai segera dibentuk dan dijalankan sebagaimana fungsi dan peranannya.

“Dengan adanya posko dan organisasinya ini memudahkan kegiatan harian apa yang harus dilakukan,” jelas Suharyanto dalam keterangan yang diterima InfoPublik, Sabtu (18/6/2022).

Suharyanto menegaskan, semuanya terpusat di posko tanggap darurat. Sehingga kegiatannya betul-betul terencana, terukur, serta dapat diimplementasikan di lapangan.

Sebagai bentuk percepatan pemenuhan hak-hak masyarakat terdampak abrasi pantai, BNPB akan memberikan dukungan berupa dana tunggu hunian yang dapat digunakan masyarakat untuk menyewa tempat tinggal sementara, sampai hunian tetap yang baru terbangun.

Baca juga   Warga Jakarta Perlu Waspada, 10 Wilayah Ini Ternyata Rawan Longsor

“Bagi para pengungsi akan mendapatkan bantuan dari pusat yang namanya dana tunggu hunian,” jelas Suharyanto.

“Kalau ada hunian sementara boleh saja. Nanti bisa ditempati hingga hunian tetap jadi,” imbuh Suharyanto.

Guna mendukung pelaksanaannya, Suharyanto meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk segera mendata seluruh masyarakat yang terdampak.

Di samping itu, pemerintah setempat juga diharapkan segera mengambil kebijakan untuk penyediaan lahan hunian baru bagi masyarakat yang saat ini sudah terdampak maupun yang terancam abrasi pantai.

Pada pelaksanaannya nanti, Suharyanto mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagaimana praktik yang telah dilakukan guna penyediaan tempat tinggal bagi warga terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga   Bupati Etik Suryani Dorong Tiap Kecamatan Miliki Sanggar Inklusi

“Saya akan minta bantuan ke Kementerian PUPR saja biar cepat. Mereka sudah punya prototipe seperti yang sudah ada bagi warga lereng Semeru,” jelas Suharyanto.

Berdasarkan data perkembangan kaji cepat bencana abrasi pantai di Minahasa Selatan per Jumat (17/6/2022), ada sebanyak 353 warga yang mengungsi.

Adapun kerugian materiil yang dihimpun sebanyak 31 unit rumah rusak berat, 1 jembatan rusak berat, 5 unit cottage terdampak, 1 unit kafetaria, dan kawasan destinasi wisata juga turut terdampak.

(JR/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Tagana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan diksusi bersama komunitas di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan pada Kamis (10/2/2022) di aula Kalurahan Kepuharjo dan dihadiri oleh komunitas perempuan Kepuharjo. (Foto: MC Sleman)

Peristiwa

Tagana DIY Gandeng Perempuan untuk Siaga Bencana
Kegiatan HUT ke-41 Satpam ISI Surakarta ziarah ke makam pahlawan dan anjangsana menjenguk anggota Satpam ISI Surakarta yang sedang sakit di Papahan kemudian dilanjutkan aksi donor darah. (Foto: Dok. ISI Surakarta)

Peristiwa

Sambut HUT ke-41, Satpam ISI Surakarta Gelar Aksi Sosial
Polda DIY ungkap kejahatan seksual melalui media sosial yang dilakukan tersangka FAS. Foto: @poldajogja

Peristiwa

Kejahatan Seksual Bermotif Video Call Incar Anak-anak, 3 Bocah di Bantul Jadi Korban
KGPAA Paku Alam X. (Dok/Humas Pemda DIY)

Peristiwa

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X Ajak Stakeholder Bersinergi Turunkan Stunting
Ganjar Pranowo sidak ke RSUD Dr M Ashari Pemalang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Stok Oksigen Aman, PCR Pemalang Siap Dioperasikan
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww

Peristiwa

Foto: Lomba Kebersihan Sungai Ciliwung
Pemerintah Kota Yogyakarta bersama Bank Indonesia dan BPD DIY, melaunching Siap QRIS Parkir dan Kick Off ASN Siap QRIS di Hotel Inna Malioboro, Senin (7/3/2022). (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Kota Yogya Peringkat Satu Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah
Warga di Desa Jepang antusias mengikuti vaksinasi. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Inovatif, di Desa Jepang Vaksinasi Dapat BLT