Home / News

Rabu, 15 Juni 2022 - 12:36 WIB

Ada Aplikasi Sipudi dan Sidopi-Go, Izin Operasi Drone bisa Lewat Aplikasi

Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

Ilustrasi. Foto: Ist/InfoPublik

NYATANYA.COM, Jakarta – Operator penerbangan dan stakeholder pesawat udara tanpa awak (drone) kini dapat menikmati proses perijinan yang lebih mudah, singkat dan transparan.

Untuk itu Direktorat Jendral Perhubungan Udara (Ditjen Hubud), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan penggunaan aplikasi sistem registrasi drone, pilot drone dan persetujuan pengoperasian drone (SIDOPI-GO), dan aplikasi sistem pendaftaran pesawat udara Indonesia (SIPUDI).

“Kedua aplikasi itu sebagai komitmen Ditjen Hubud dalam memberikan pelayanan prima kepada operator penerbangan dan stakeholder drone dalam meningkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Mereka akan menikmati proses perijinan yang lebih mudah, singkat dan transparan,” ujar Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara (Plt Dirjen Hubud), Nur Isnin Istiartono sebagaimana dikutip InfoPublik pada Rabu (15/6/2022).

Baca juga   Promosikan ASEAN Para Games 2022, Gibran Branding Mobil Dinasnya dengan 'Rajamala'

Sistem registrasi drone, pilot drone dan persetujuan pengoperasian drone (Sidopi-Go) merupakan aplikasi yang dikembangkan berkaitan dengan pengendalian pengoperasian drone di Indonesia.

Menurut Nur Isnin, dengan aplikasi tersebut persetujuan pengoperasian dapat diberikan secara terintegrasi dalam satu pintu, sehingga menjadi lebih efektif, transparan dan dapat dimonitor secara real time. Hal ini sejalan dengan peningkatan trend utilisasi drone di Indonesia.

Selanjutnya, sistem pendaftaran pesawat udara Indonesia (Sipudi), merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk proses penerbitan sertifikat pendaftaran pesawat udara secara daring (online), sehingga pengguna layanan yaitu operator penerbangan dapat dengan mudah mengakses secara daring, cepat, akurat, dan transparan.

Baca juga   Mobil Listrik Made in Lokal Akan Digunakan di 2 Bandara dan dukung Event G20

Meskipun dilakukan secara online, namun Nur Isnin mengingatkan bahwa semua proses perijinan pengoperasian drone dan pendaftaran pesawat tetap mengacu pada ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Ia berharap, implementasi aplikasi ini dapat menjadi acuan untuk proses perijinan, khususnya di dunia penerbangan, sehingga dapat berperan dalam memajukan penerbangan di Indonesia.

“Manfaat aplikasi ini tidak hanya bagi operator penerbangan dan pegiat drone, tetapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atas pelayanan jasa transportasi udara. Sosialisasi menjadi penting untuk dilakukan secara massif agar implementasi aplikasi ini dapat menjangkau masyarakat luas,” pungkasnya.

(DT/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi (tengah) beserta Wakil Bupati Boyolali Wahyu Irawan (kiri) dan Plt Dinkes Boyolali Insan Adi Asmono saat meninjau kegiatan vaksin di Kantor Kecamatan Ngemplak, Jumat (17/9/2021). (Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Solo Raya Belum Merata, Menhub Gelontorkan 25.000 Dosis untuk Genjot Vaksinasi
Membantu petani di saat harga anjlog, ASN di Kabupaten Magelang gelar aksi borong cabai dan sayur petani. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

ASN Magelang Ramai-ramai Borong Cabai dan Sayur, Ada Apa?
Foto: ANTARA

News

Kementerian ESDM Tetapkan Harga Pasar Biodiesel, Segini Harga Per Liter Belum Ongkut
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi meresmikan papan nama kampung di wilayah Kelurahan Terban. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Branding Kampung di Yogya Dimulai Lewat Papan Nama
Cara Pemkot Solo melakukan percepatan vaksinasi menggunakan layanan bus keliling. (Foto: nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Bisa Ditiru Nih, Vaksinasi dengan Bus Keliling di Solo
Penyerahan bantuan untuk UMKM dilakukan secara simbolis di Balai Kota Yogyakarta, Kamis (2/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

News

20 UMKM di Kota Yogya Terima Bantuan Pemulihan Ekonomi dari Uni Eropa, Berikut Kriterianya
Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja di Sumatera Utara, Kamis (3/2/2022). (Foto: BPMI SETPRES)

News

Agenda Hari Kedua Kunker Presiden di Sumut, Serahkan SK TORA dan Bagikan Sertipikat Tanah
Gerakan Kasih Ramadan di Lippo Plaza Mall, Senin (11/4/2022). Sejumlah kegiatan digelar di acara ini seperti agenda sosial vaksinasi booster, workshop edukasi dan bazar UMKM serta kompetisi kampuspreneur. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Percepatan Vaksinasi Booster Dorong Kebangkitan Ekonomi Masyarakat