Home / Peristiwa

Rabu, 22 September 2021 - 12:33 WIB

Ada Recovery di Bekas Penambangan Quarry, Wadas Jadi Destinasi Wisata Paling Memikat

Gambar (maket) rencana lokasi bekas penambangan batu andesit (quarry) bakal menjadi destinasi wisata menarik di Indonesia dan Jawa Tengah.  (Foto: BBWS DIY)

Gambar (maket) rencana lokasi bekas penambangan batu andesit (quarry) bakal menjadi destinasi wisata menarik di Indonesia dan Jawa Tengah. (Foto: BBWS DIY)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Bendungan Bener di Purworejo, Jateng merupakan Mega Proyek Strategis Nasional (PSN).  Bendungan Bener digadang-gadang bakal menjadi salah satu bendungan tertinggi ke-2 di ASEAN. Namun demikian, dalam pembangunannya diperlukan bermacam material, salah satunya andesit.

Dan lokasi tambang andesit (quarry) telah ditetapkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Tepatnya di Desa Wadas Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Bendungan ini nantinya dipastikan akan membawa banyak manfaat untuk Purworejo. Bahkan Bupati Purworejo H Agus Bastian SE pun mengakui akan besarnya manfaat serta keunggulan adanya Bendungan Bener.

Demikian pula dengan penggalian batu andesit sebagai bahan materialnya. Dimana lokasi bekas galian itu nantinya juga mampu menjadikan Wadas sebagai destinasi wisata menarik di Indonesia dan Jateng khususnya.

Baca juga   Bareng Polres, Mahasiswa Rembang Bagikan Sembako pada Warga Terdampak PPKM

“Lokasi penambangan tidak akan dieksploitasi begitu saja, namun ada recovery. Usai dilakukan penambangan akan  dilakukan reklamasi. Dibangun tempat wisata dengan beragam fasilitas bagi publik. Areanya akan kembali menjadi hijau dengan tanaman pohon-pohon perindang. Pengelolaan tempat wisata itu juga diserahkan kepada masyarakat setempat,” terang Agus Bastian di Kompleks Kantor Bupati Purworejo beberapan waktu lalu.

Sementara, Perwakilan BBWS Yosiandi juga mengungkapkan jika kawasan Quarry Wadas nantinya akan direklamasi atau dikelola kembali, agar kawasan yang sudah ditambang dapat digunakan untuk peningkatan potensi wisata. Nantinya lokasi quarry diproyeksikan dapat dijadikan ruang terbuka, seperti pembangunan rest area atau tempat wisata lainnya.

Baca juga   Angkatan 86 SMPN Cicurug Sukabumi Berbagi untuk Guru dan Anak Yatim

“Jarak 10 km dari Desa Wadas hingga Bendungan Bener juga merupakan wilayah yang nantinya dapat dikembangkan, salah satunya adalah dengan mengembangkan pariwisata di Wadas,” terangnya, Rabu (22/9/2021).

Sedangkan, penggalian batu jauh dari pemukiman warga. Jadi sudah barang tentu ada jarak aman antara lokasi penggalian dengan pemukiman. Antara lokasi penggalian dan pemukiman adalah bukit, sehingga sangat aman tidak menimbulkan dampak apapun bagi kelangsungan hidup warga setempat.

“Perlu diketahui juga, bahwa metode yang digunakan untuk menggali juga menggunakan metode yang dapat mencegah terjadinya longsoran. Dengan metode ini, isu permasalahan perusakan lingkungan diharapkan tidak akan terjadi,” urainya.  (N2)

Share :

Baca Juga

Pembangunan RSUD Tangen terus dikebut. Ditargetkan akhir tahun 2021 pembangunan selesai dan siap melayani kebutuhan kesehatan masyarakat. (Foto:Diskominfo Sragen)

Peristiwa

Pembangunan RSUD Tangen Ditarget Selesai Akhir Tahun
Ganjar Pranowo melihat langsung KRI dr Soeharso sandar di Semarang. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Jateng Dapat Pasokan Oksigen dari KRI dr Soeharso
Masyarakat Karanganyar tak lagi kebingungan mencari oksigen. (Foto: Diskominfo Kab.Karanganyar)

Peristiwa

Pasokan Oksigen di Karanganyar Lancar Jaya Lur
Panen perdana porang di Kabupaten Semarang. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Kab Semarang)

Peristiwa

Petani Porang Desa Tukang Raup Ratusan Juta Rupiah Sekali Panen
Pemerintah Kota Surakarta meluncurkan inovasi Strategi Pemanfaatan dan Aksesibilitas Cagar Budaya dengan digitalisasi, Teman Gardagita. (Foto: HUmas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Teman Gardagita, Aplikasi Online Akses Benda Cagar Budaya
Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya pada diskusi media Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang bertajuk "Expo 2020 Dubai: Etalase Indonesia di Kancah Dunia" secara virtual, Kamis 7 Oktober 2021. (Foto:infopublik)

Peristiwa

Dubai Expo 2020 Dongkrak Sektor Pariwisata Indonesia
Akses ke objek wisata Rowo Jombor ditutup. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Akses Jalan Masuk Objek Wisata Rawa Jombor Ditutup
Setiap pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah setidaknya memperoleh bantuan logistik selama 10 hari. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pelaku ‘Gandeng Gendong’ Cukupi Kebutuhan Permakanan Pasien Isoman Kota Yogya