Home / Wisata

Minggu, 4 Juli 2021 - 12:11 WIB

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Berbicara tempat wisata di Yogyakarta tak akan pernah habis, banyak tempat yang menawarkan keelokan dan kenyamanan bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satu yang menarik adalah air terjun Ledok Pokok.

Air terjun alami Ledok Pokoh atau biasa disebut Lepo berada di Dusun Pokoh I, Kalurahan Dlingo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Air terjun Lepo memiliki 3 air terjun dengan 4 kolam alami yang bisa dipakai untuk bermain.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju Imogiri ke arah Dlingo. Sesampai di pertigaan Balai Desa Mangunan ambil kanan sampai pasar Dlingo terus ikuti papan petunjuknya.

Baca juga   Obwis di Batang Mulai Pasang Aplikasi PeduliLindungi

Kolam pertama mempunyai kedalaman sekitar 2 m dimana orang dewasa dan remaja yang biasa menggunaknnya. Melewati tangga batu, sampailah di kolam kedua. Kolam ini paling luas dengan kedalaman sekitar 0,5 – 1 meter sehingga aman bagi anak-anak.

Kolam kedua ini dikelilingi tebing batu yang menambah eksotismenya. Di salah satu sisi batunya terdapat ceruk untuk menikmati air terjunnya. Kolam ketiga dicapai lewat jalan setapak. Terdapat tebing batu yang berbentuk balok seperti buatan tangan manusia yang menambah keindahannya.

Kolam keempat mempunyai kedalaman hampir sama dengan kolam pertama. Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air dan panorama indah di Lepo sebaiknya membawa perlengkapan mandi dan baju ganti, karena anda tidak akan mungkin menolak keinginan untuk bermain air di tempat ini.

Baca juga   Wayang Kayu Asal Madiun Makin Moncer di #LapakGanjar

Saat yang paling pas untuk berkunjung adalah pada musim hujan dan 2 bulan setelahnya karena air cukup banyak. Namun saat diberlakukannya PPKM Darurat mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021, semua onjek wisata di Bantul tutup untuk wisatawan, tak terkecuali air terjun Lepo.

Jadi, tunda dulu keinginan Anda untuk melancong ke air terjun Lepo. Setidaknya informasi ini cukup menjadi referensi yang bisa Anda agendakan nanti. (N1)

Share :

Baca Juga

Tiwul lava Merapi menjadi salah satu buah tangan yang bisa diperoleh wisatawan di sekitar Candi Borobudur. (Foto: humas/magelang)

Wisata

Ke Borobudur yuk, Icip-icip Tiwul Lava Merapi
Puncak Telomoyo kini punya wanaha baru bernama Zipline. Cocok buat yang suka uji andrenalin. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Uji Adrenalin dengan Wahana Baru Zipline di Puncak Telomoyo
Susur pantai, akan menjadi alternatif baru wisatawan menikmati indahnya Samudera Pasifik. (Foto: Diskominfo Kebumen)

Wisata

Susur Pantai, Cara Baru Menikmati Indahnya Pantai Selatan
Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Karimunjawa, Jumat (10/9/2021). Dengan pengembangan Bandara Dewandaru Ganjar berharap paket wisata segera dibuka.(Foto: Diskominfo Jateng)

Wisata

Ganjar Minta Wisata Karimunjawa Diujicobakan Terbatas
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Singgih Raharjo, SH. M.Ed., menghadiri acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Bank BPD DIY dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Rabu (3/11/2021). (Foto: Humas Pemda DIY)

Wisata

Bank BPD DIY Launching QRIS, Tiket Masuk Destinasi Wisata Diskon 50%
Salah satu objek wisata di Batang yang ditutup sementara selama PPKM Darurat. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

Wisata

Membandel, Pengelola Objek Wisata Akan Disanksi Tegas
Pantai Seruni Gunungkidul, salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Semua Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup Selama PPKM Darurat
Pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi dan melakukan scan barcode. Bagi yang tidak memiliki smartphone, maka bisa menggunakan kartu vaksin yang akan disesuaikan dengan identitas pemilik. Mereka juga harus dicek suhu tubuhnya. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Wajib Check In Aplikasi PeduliLindungi, Ketep Pass Mulai Dikunjungi Wisatawan