Home / Wisata

Minggu, 4 Juli 2021 - 12:11 WIB

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Berbicara tempat wisata di Yogyakarta tak akan pernah habis, banyak tempat yang menawarkan keelokan dan kenyamanan bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satu yang menarik adalah air terjun Ledok Pokok.

Air terjun alami Ledok Pokoh atau biasa disebut Lepo berada di Dusun Pokoh I, Kalurahan Dlingo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Air terjun Lepo memiliki 3 air terjun dengan 4 kolam alami yang bisa dipakai untuk bermain.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju Imogiri ke arah Dlingo. Sesampai di pertigaan Balai Desa Mangunan ambil kanan sampai pasar Dlingo terus ikuti papan petunjuknya.

Baca juga   Pemda DIY Hentikan Mobile Crane Wahana Ngopi In The Sky Teras Kaca, Ini Alasannya

Kolam pertama mempunyai kedalaman sekitar 2 m dimana orang dewasa dan remaja yang biasa menggunaknnya. Melewati tangga batu, sampailah di kolam kedua. Kolam ini paling luas dengan kedalaman sekitar 0,5 – 1 meter sehingga aman bagi anak-anak.

Kolam kedua ini dikelilingi tebing batu yang menambah eksotismenya. Di salah satu sisi batunya terdapat ceruk untuk menikmati air terjunnya. Kolam ketiga dicapai lewat jalan setapak. Terdapat tebing batu yang berbentuk balok seperti buatan tangan manusia yang menambah keindahannya.

Kolam keempat mempunyai kedalaman hampir sama dengan kolam pertama. Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air dan panorama indah di Lepo sebaiknya membawa perlengkapan mandi dan baju ganti, karena anda tidak akan mungkin menolak keinginan untuk bermain air di tempat ini.

Baca juga   Wabup Sleman Dorong Museum Terus Berinovasi dan Beradaptasi dengan Kebiasaan Baru

Saat yang paling pas untuk berkunjung adalah pada musim hujan dan 2 bulan setelahnya karena air cukup banyak. Namun saat diberlakukannya PPKM Darurat mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021, semua onjek wisata di Bantul tutup untuk wisatawan, tak terkecuali air terjun Lepo.

Jadi, tunda dulu keinginan Anda untuk melancong ke air terjun Lepo. Setidaknya informasi ini cukup menjadi referensi yang bisa Anda agendakan nanti. (N1)

Share :

Baca Juga

Penandatanganan prasasti Rejowinangun sebagai 50 desa wisata terbaik ADWI 2021 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Kampung Rejowinangun Masuk 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2021
(Foto: MC Batang)

Wisata

Hari Pertama Tahun Baru, Warga Batang Padati Destinasi Wisata
Kampung Dayun dinobatkan Kemenparekraf RI sebagai Desa Wisata Terbaik se-Indonesia untuk kategori kelembagaan, dalam malam apresiasi Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022. Foto: mcsiak/aris dharma.

Wisata

Objek Wisata Kampung Dayun, Terbaik 1 Nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022
Festival Gedongsongo yang digelar oleh Dinas Pariwisata akan berlangsung 23-24 November. Selain atraksi tari tradisional, juga dipamerkan aneka produk UMKM mulai dari kuliner, batik hingga cinderamata. (Foto:MC Kab Semarang)

Wisata

Festival Gedongsongo, Titik Bangkit Pariwisata Kabupaten Semarang
Untuk antisipasi gangguan kamtibmas dan protokol kesehatan di lokasi wisata tersebut, Kapolsek Todanan AKP Daknyo menginstruksikan anggotanya untuk lebih intensif patroli lokasi wisata pada pagi atau sore hari terutama saat hari libur. Patroli dilakukan bersama dengan anggota Koramil Todanan. (Foto:MC Kab Blora/ Teguh)

Wisata

Petugas Gabungan Intensif Patroli Objek Wisata Todanan
Danang Maharsa saat membuka Desa Wisata Kuliner Pokoh, Kalurahan Banyrejo, Tempel, Minggu (20/3/2022). (Foto:Humas Sleman/Eyv)

Wisata

Wabup Sleman Dorong Pelaku UMKM dan Pengelola Wisata Kuliner Berinovasi Ikuti Perkembangan
Wisata Taman Senja Ngelo siap memanjakan wisatawan dengan aneka fasilitas seperti live music, aneka menu makanan, spot selphie, deretan gazebo hingga perahu mesin menyusuri Sungai Opak. (Foto: Humas Kab Bantul)

Wisata

Wisata Taman Ngelo, Tawarkan Susur Sungai Malam dengan Perahu Motor
Festival Van Der Wijck 2022 berlangsung di Padukuhan Tangisan, Kalurahan Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sabtu (19/3/2022). (Foto:Humas Sleman)

Wisata

Festival Van Der Wijck 2022 Digelar untuk Mangayubagyo Jumeneng Tinggalan Dalem Sri Sultan HB X