Home / Wisata

Minggu, 4 Juli 2021 - 12:11 WIB

Air Terjun Ledok Pokoh Dlingo Tawarkan Kesegaran Alami

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

Indahnya panorama air terjun Lepo di Dlingo, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Pemkab Bantul)

NYATANYA.COM, Bantul – Berbicara tempat wisata di Yogyakarta tak akan pernah habis, banyak tempat yang menawarkan keelokan dan kenyamanan bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Salah satu yang menarik adalah air terjun Ledok Pokok.

Air terjun alami Ledok Pokoh atau biasa disebut Lepo berada di Dusun Pokoh I, Kalurahan Dlingo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul. Air terjun Lepo memiliki 3 air terjun dengan 4 kolam alami yang bisa dipakai untuk bermain.

Untuk mencapai lokasi ini bisa ditempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju Imogiri ke arah Dlingo. Sesampai di pertigaan Balai Desa Mangunan ambil kanan sampai pasar Dlingo terus ikuti papan petunjuknya.

Baca juga   Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis

Kolam pertama mempunyai kedalaman sekitar 2 m dimana orang dewasa dan remaja yang biasa menggunaknnya. Melewati tangga batu, sampailah di kolam kedua. Kolam ini paling luas dengan kedalaman sekitar 0,5 – 1 meter sehingga aman bagi anak-anak.

Kolam kedua ini dikelilingi tebing batu yang menambah eksotismenya. Di salah satu sisi batunya terdapat ceruk untuk menikmati air terjunnya. Kolam ketiga dicapai lewat jalan setapak. Terdapat tebing batu yang berbentuk balok seperti buatan tangan manusia yang menambah keindahannya.

Kolam keempat mempunyai kedalaman hampir sama dengan kolam pertama. Bagi wisatawan yang ingin menikmati segarnya air dan panorama indah di Lepo sebaiknya membawa perlengkapan mandi dan baju ganti, karena anda tidak akan mungkin menolak keinginan untuk bermain air di tempat ini.

Baca juga   Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata

Saat yang paling pas untuk berkunjung adalah pada musim hujan dan 2 bulan setelahnya karena air cukup banyak. Namun saat diberlakukannya PPKM Darurat mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021, semua onjek wisata di Bantul tutup untuk wisatawan, tak terkecuali air terjun Lepo.

Jadi, tunda dulu keinginan Anda untuk melancong ke air terjun Lepo. Setidaknya informasi ini cukup menjadi referensi yang bisa Anda agendakan nanti. (N1)

Share :

Baca Juga

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Uji Trail Pola Perjalanan Super Prioritas Borobudur. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

Borobudur Travel Pattern, Terobosan Baru Paket Wisata Edukatif
Porsi Tahu Gimbal Pak Yono, cukup bikin kenyang. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Icip-icip Tahu Gimbal Pak Yono yang Legendaris
Pantai Seruni Gunungkidul, salah satu diantara tempat wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul. (Foto:nyatanya.com/Ignatius Anto)

Wisata

Semua Objek Wisata di Gunungkidul Ditutup Selama PPKM Darurat
Acara penghargaan Joglosemar Tourism Awards 2021/2022. Foto: nyatanya.com/IG media_twc

Wisata

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Raih Joglosemar Tourism Awards 2021/2022
Vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif digelar Dinas Pariwisata DIY di Kawasan Hutan Pinus Mangunan dan Geosite Ngingrong. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

Wisata

Percepatan Vaksinasi Pelaku Wisata, Ikhtiar Bangkit Bersama Sektor Pariwisata
Sandiaga Uno melihat sentra kerajinan di wilayah Breksi. Foto: nyatanya.com/istimewa

Wisata

Pandemi Covid-19, Jumlah Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis
Objek wisata di Pekalongan membenahi sarana dan prasarana selama tutup PPKM. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Wisata

PPKM Level 4, Pengelola Wisata Pekalongan Benahi Sarana Prasarana
Ditutupnya tempat wisata selama PPKM Level 3, dimanfaatkan pengelola Nepal Van Java berbenah dan tambah fasilitas. (Foto: instagram nepal_van_java)

Wisata

PPKM Level 3, Wisata Nepal Van Java Dipercantik