Home / Wisata

Selasa, 14 September 2021 - 18:28 WIB

Ajib Bangettt! Sego Kikil Mojosongo Jombang yang Bikin Ketagihan

Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

Warung sego kikil Mojosongo Jombang jadi ikon wisata kuliner. (Foto: Zainuri Arifin)

NYATANYA.COM, Jombang – Jombang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Pusat pemerintahan Kabupaten Jombang terletak di tengah-tengah wilayah kabupaten.

Jombang dikenal dengan sebutan “Kota Santri”, karena banyaknya institusi pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayah kota tersebut. Bahkan ada pemeo yang mengatakan Jombang adalah pusat pondok pesantren di tanah Jawa karena hampir seluruh pendiri pesantren di Jawa pasti pernah berguru di Jombang.

Diantara pondok pesantren yang terkenal adalah Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras, dan Darul Ulum (Rejoso). Banyak tokoh terkenal Indonesia yang dilahirkan di Kabupaten Jombang, di antaranya adalah Presiden Republik Indonesia ke-4 yaitu KH Abdurrahman Wahid,  pahlawan nasional KH Hasyim Asy’ari dan KH Wahid Hasyim, tokoh intelektual Islam Nurcholis Madjid, serta budayawan Emha Ainun Najib.

Konon, kata Jombang merupakan akronim dari kata berbahasa Jawa yaitu ijo (hijau) dan abang (merah). Ijo mewakili kaum santri (agamais), dan abang mewakili kaum abangan (nasionalis/kejawen). Kedua kelompok tersebut hidup berdampingan, dan harmonis di Kabupaten Jombang. Bahkan kedua elemen ini digambarkan dalam warna dasar lambang daerah Kabupaten Jombang.

Baca juga   Masih Banyak Wisatawan Belum Instal Aplikasi PeduliLindungi

Tak hanya dikenal sebagai Kota Santri, kota ini juga kondang dengan beragam kuliner khas, salah satunya adalah Sego Kikil Mojosongo. Hampir sebagian masyarakat di Desa Mojosongo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang, adalah penjual sego atau nasi kikil sapi.

Sego kikil Mojosongo Jombang murah dan rasanya ajib banget. (Foto: Zainuri Arifin)

Warung nasi kikil di Mojosongo sudah melegenda di kalangan pecinta kuliner. Maka tidak heran jika desa Mojosongo yang terletak di jalan KH Hasyim Asyari, Kecamatan Diwek, ini dikenal sebagai kampung nasi (sego) kikil.

Jika Anda sedang singgah di Kota Santri, tidak ada salahnya mencoba kuliner sego kikil khas Kabupaten Jombang tersebut. Deretan warung nasi kikil yang ada di wilayah Mojosongo itu menawarkan makanan terkenal enak sejak 1947, bahkan sudah menjadi langganan banyak tokoh penting.

Salah satunya adalah Presiden ke-4 KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur yang sering mampir bersama keluarga dan para santrinya. Tak kalah menariknya adalah ada juga pengacara terkenal Hotman Paris, musisi Ahmad Dhani, dan sejumlah tokoh lainnya.

Baca juga   Temanggung Buka Kawasan Pedesaan Eduwisata “Eling Mbansari”

Warung-warung kikil ini cukup mudah dijangkau jaraknya kurang lebih satu kilometer dari pusat Kota Jombang ke selatan, tepat di sebelah kanan jalan raya jurusan Jombang-Malang sudah banyak berjejer warung kikil Mojosongo.

Uniknya lagi, setiap warung kikil yang ada di Mojosongo memiliki warna cat masing-masing mulai merah hingga kuning. Karena untuk memudahkan pelanggan agar tidak bingung.

Para pelanggan nasi kikil khas Jombang ini tidak hanya masyarakat lokal saja, namun banyak yang dari luar Kabupaten Jombang. Warung kikil di Mojosongo, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 02.00 WIB. Satu porsi nasi kikil khas Jombang ini dibanderol mulai Rp16 ribu hingga Rp25 ribu.  (N2)

Share :

Baca Juga

Para pelaku dan pegiat pariwisata saat mencoba sepeda elektrik dan scooter, dengan latar belakang Candi Pawon. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Sepeda Elektrik dan Scooter Ramaikan Wisata Malam Candi Borobudur
'Fahrudin Sapu' kini tak melulu membuat sapu lantai. Produk hiasan pun menjadi andalan. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkab Magelang)

Wisata

Turun Temurun Bikin Sapu Lantai, Fahrudin Sukses Kembangkan Produk Kerajinan Seni
Nuryanto mendapatkan penghargaan Satya Lancana Kepariwisataan dari Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Konsisten Kelola Wisata Desa, Nuryanto Raih Satya Lancana Kepariwisataan
Para pendaki lokal bersiap menuju ke puncak gunung Sumbing dari basecamp Butuh Kaliangkrik. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

17 Agustus, Puluhan Pendaki Lakukan Tradisi Naik Gunung Sumbing
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen melakukan simulasi uji coba pembukaan usaha pariwisata di Candi Borobudur. (Foto:Humas Jateng)

Wisata

Uji Coba Lancar, Candi Borobudur dan Prambanan Terima Wisatawan
Selama ini di Kota Yogya Pokdarwis yang dibentuk berbasis kemantren. Karena itu perlu segera dibentuk Pokdarwis di 45 kelurahan di Kota Yogya. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Wisata

Maksimalkan Potensi Kampung Wisata, Pemkot Yogya Bentuk Pokdarwis Kelurahan
Tak hanya rapat kerja dan rapat pleno nasional. B2W juga gowes bareng di sekitar kawasan wisata Borobudur. (Foto: Humas/beritamagelang)

Wisata

Komunitas Bike To Work Gowes Bareng di Borobudur
Acara Penandatanganan KSP TMII. (Foto:nyatanya.com/media_twc)

Wisata

PT TWC Akan Kelola TMII Menjadi Indonesia Opera