Home / Peristiwa

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:47 WIB

Akpar Jogja Gelar Seminar Inovasi dan Transformasi dalam Industri Pariwisata

Narasumber dan peserta pada seminar dan stadium general yang digelar Akademi Pariwisata Yogyakarta (Akpar Jogja).  Foto: Dok. Akpar Jogja

Narasumber dan peserta pada seminar dan stadium general yang digelar Akademi Pariwisata Yogyakarta (Akpar Jogja). Foto: Dok. Akpar Jogja

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Akademi Pariwisata Yogyakarta (Akpar Jogja) menyelenggarakan seminar dan stadium general bertema Inovasi dan Transformasi dalam Industri Pariwisata dan Budaya, Perhotelan, dan Kapal Pesiar, Selasa, (11/6/2024).

Seminar menghadirkan narasumber Ketua Badan Promosi Pariwisata Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, Wakil Ketua Bidang Promosi dan Investasi Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY Joko Paromo dan SEAMAN CLUB Training Center Jogja Jenny Kusuma Astuti.

Dalam sambutannya, Direktur Akpar Jogja, Drs. Ardi Surwiyanta, MM, menyampaikan, seminar ini merupakan bagian dari upaya Akpar Jogja untuk terus mengembangkan kualitas pendidikan di bidang pariwisata.

“Kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa kami, terutama dalam mempersiapkan mereka menghadapi tantangan industri pariwisata yang terus berkembang,” ujarnya.

GKR Bendara menjelaskan pentingnya inovasi dalam industri pariwisata dan budaya.

Baca juga   DLH Kota Yogya Sediakan Dropbox Sampah Spesifik Skala Rumah Tangga

Menurutnya, inovasi dalam pelestarian budaya adalah kunci untuk menjaga daya saing dan menarik minat wisatawan, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurutnya, industri pariwisata bukan hanya soal destinasi, tetapi bagaimana kita mengemas dan mempromosikan budaya kita dalam bentuk desa wisata dan berbagai tujuan wisata yang bersifat peninggalan budaya seperti museum.

“Industri pariwisata harus selalu berinovasi untuk memberikan pengalaman yang unik dan berbeda bagi wisatawan,” ujar putri Sri Sultan Hamengkubuwono X ini.

Pembicara lain, Joko Paromo menekankan pentingnya transformasi dalam industri perhotelan. Meningkatnya jumlah wisatawan, industri perhotelan harus mampu beradaptasi dan bertransformasi untuk memenuhi kebutuhan dan harapan para tamu.

“Transformasi tidak hanya dalam hal fasilitas, tetapi juga terkait pelayanan dan pengalaman yang diberikan kepada tamu,” kata Joko.

Sedangkan Jenny Kusuma Astuti mengulas tentang peluang kerja di industri kapal pesiar yang semakin terbuka lebar.

Baca juga   Sapa Tukang Becak, Bupati Klaten Bantu Paket Sembako

Menurutnya, industri kapal pesiar menawarkan kesempatan kerja yang sangat menjanjikan bagi para lulusan pariwisata.

“Kapal pesiar adalah industri yang dinamis dan menawarkan kesempatan untuk bekerja di berbagai belahan dunia dengan berbagai benefit yang menjanjikan. Kunci suksesnya adalah keterampilan, profesionalisme dan semangat untuk melayani,” terang Jenny.

Akademisi dan praktisi di bidang pariwisata, Dr. T. Prasetyo Hadi Atmoko, S.E., M.M.Par., menambahkan, seminar ini bukan hanya sekadar kegiatan akademis, tetapi juga sebagai sarana untuk mempertemukan mahasiswa dengan praktisi industri.

Inovasi dan transformasi menjadi kata kunci dalam menghadapi perkembangan industri yang semakin dinamis.

Maka, para mahasiswa semakin termotivasi untuk mengembangkan diri dan berkontribusi dalam industri pariwisata dan budaya. (N3)

Share :

Baca Juga

Sebanyak 842 jiwa mengungsi akibat banjir bandang dan gelombang pasang yang terjadi di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku pada Selasa, (22/2/2022) pukul 18.00 waktu setempat. (Foto: BPBD Kabupaten Seram)

Peristiwa

Banjir Bandang Landa Kabupaten Seram, 842 Jiwa Mengungsi
Untuk menghibur sekaligus menghilangkan rasa ketakutan saat disuntik vaksin. Dua tokoh superhero, Captain Amerika dan Gatotkaca hadir menemani anak-anak. (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Captain Amerika dan Gatotkaca Dampingi Anak-anak Suntik Vaksin Covid-19
Pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Bantul tahun 2021 ini dilaksanakan di Institut Ilmu Al-Quran An Nur Pendowoharjo, Sewon, Bantul, Rabu (24/11/2021). (Foto: Humas Pemkab Bantul)

Peristiwa

Pemkab Bantul Gelar Musabaqah Tilawatil Quran 2021
Ilustrasi: Ist

Peristiwa

Kecelakaan Beruntun 13 Mobil di Tol Pejagan-Pemalang KM 253, Satu Orang Meninggal
Tagana Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan diksusi bersama komunitas di Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan pada Kamis (10/2/2022) di aula Kalurahan Kepuharjo dan dihadiri oleh komunitas perempuan Kepuharjo. (Foto: MC Sleman)

Peristiwa

Tagana DIY Gandeng Perempuan untuk Siaga Bencana
Kapolres Temanggung AKBP Burhanuddin memberikan Penghargaan (Reward) dan Hukuman (Punishment) kepada Polsek jajaran, Rabu (2/2/2022). (Foto: MC.TMG)

Peristiwa

Kapolres Temanggung: Reward dan Punishment Wujud Apresiasi Pimpinan kepada Anggota
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta, didampingi Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, turun langsung melakukan pengecekan di pos penjagaan. (Foto:MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Kapolda Jatim: Aplikasi PeduliLindungi Diterapkan di Seluruh Jajaran Satker
Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan penyemprotan disinfektan di area publik. (Foto:nyatanya.com/Kominfo Klaten)

Peristiwa

Bupati Klaten Sri Mulyani Turun Langsung Lakukan Penyemprotan Disinfektan