Home / Olga

Kamis, 30 September 2021 - 14:23 WIB

Akses Venue PON Papua Klaster Mimika Pakai PeduliLindungi

Wabup Johannes Rettob saat jumpa pers di Media Center Kominfo Klaster Mimika. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

Wabup Johannes Rettob saat jumpa pers di Media Center Kominfo Klaster Mimika. (Foto: Ryiadhy Budhy Nugraha/InfoPublik)

NYATANYA.COM, Mimika – Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Mimika selain mengimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes), juga memastikan penggunakan aplikasi PeduliLindungi di semua tempat penyelenggaraan PON termasuk venue pertandingan .

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, mengatakan saat ini pihaknya bersama stakeholder terkait dan Panitia Besar (PB) PON XX Papua Klaster Mimika, sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi di semua tempat, termasuk di venue cabang olahraga agar bisa melakukan tracking (pelacakan) hingga tracing (penelusuran) data-data pengunjung di sekitar daerahnya, serta mengetahui berapa banyak orang yang terdeteksi mengalami Covid-19.

Menurut Wabup, pihaknya sangat mendukung penggunaan aplikasi ini, karena dapat juga mengetahui zona-zona wilayah status level penanganan Covid-19, misalnya daerah hijau, merah dan kuning.

Baca juga   Atlet PON Kabupaten Semarang Optimistis Raih 4 Emas

Wabup mengungkapkan, terkait ini pihaknya sudah melakukan uji coba di pertandingan futsal yang cukup antusias penontonnya. Hasil uji coba membuktikan aplikasi PeduliLindungi cukup efektif mencegah terjadinya potensi penularan hingga klaster baru Covid-19.

“Artinya bahwa aplikasi ini dapat memprediksi daerah zona aman dan zona merah, agar kita bisa lebih mawas diri, panitia juga bisa melakukan antisipasi dengan berdasarkan data-data yang diperoleh dari aplikasi PeduliLindungi yang sudah terkoneksi,” kata Wabup Johannes Rettob saat jumpa pers di Media Center Kominfo Klaster Mimika, Kamis (30/9/2021).

Wabup Johanes menambahkan, seperti saat ini Bandara Mozes Kilangin sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pendataan penumpang baik yang datang maupun yang berangkat, meski sempat terkendala jaringan namun berkat kerja keras PT Telkom Indonesia semua bisa diatasi.

Baca juga   Hari Ini Cabor Atletik Mulai Digelar di Mimika Sport Complex

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Mimika, Abraham Kateyauw, menuturkan upaya terkait penanganan pandemi Covid-19 dalam rangka pelaksanaan PON Papua ini sudah dilakukan sejak 2021 lalu saat pandemi baru mulai.

Salah satunya menurut Kadis Kominfo dengan sosialisasi yang masif ke masyarakat dengan menggunakan Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) dengan menggunakan Toa.

“Hampir setiap minggu kita turun ke lapangan untuk menyampaikan dampaknya dari Covid-19, yang sangat berbahaya sehingga masyarakat tahu dan mengerti serta paham, akhirnya masyarakat tahu apa yang harus dilakukan udalam menghindari penularan virus ini. (*)

Share :

Baca Juga

Prajurit Korem 072/Pamungkas melaksanakan olahraga bola voli di lapangan apel satuan setempat. (Foto : zainuri arifin)

Olga

Jaga dan Tingkatkan Imunitas, Prajurit Korem Pamungkas Main Voli
Priscillia Gunawan. (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Olga

PON XX Papua, Pengabdian Terakhir Priscillia Gunawan
Perenang Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani kian memantangkan persiapan jelang penampilan perdana di Olimpiade 2020 Tokyo. Keduanya ditargetkan mempertajam rekor nasional atas namanya masing saat tampil di Tokyo Aquatics Center. (Foto:nyatanya.com/nocindonesia)

Olga

Ditarget Pertajam Rekornas di Olimpiade Tokyo 2020, Perenang Fadlan dan Azzahra Matangkan Persiapan
David Jacobs sukses mempersembahkan medali perunggu di Paralimpiade Tokyo 2020. (Foto:dok npcindonesia/kemenpora)

Olga

Giliran David Jacobs Sumbangkan Medali Perunggu untuk Indonesia
Pebasket putri DKI Jakarta Valenia Chrishanti (kanan) berusaha melewati pebasket putri Papua Violita Nomantari (tengah) dan Adriana Kayok (kanan) pada pertandingan babak penyisihan basket putri 5x5 PON Papua di GOR Mimika Sport Centre, Senin (4/10/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/tom)

Olga

DKI Jakarta Bertemu Jatim di Semifinal Basket
Api PON dilepas Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, SSos MM bersama para Komandan Satuan TNI dan Polri di Mimika untuk selanjutnya diterbangkan ke Wamena. (Foto: MC PON Klaster Mimika)

Olga

Setelah Dikirab di Mimika, Api PON Terbang ke Wamena
(Foto: PPID DKI Jakarta)

Olga

Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E 2022
Wakil Sekretaris VI Bidang Penghubung Antar KONI PB PON XX Papua Jus Jefri Kaunang. (Foto: Museum Penerangan)

Olga

Mayoritas Forkopimda dari 34 Provinsi akan Hadir di Penutupan PON Papua