Home / Peristiwa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:13 WIB

Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker

Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Aksi Duta Perubahan Perilaku (DPP) Satuan Tugas Penanganan Covid-19, salah satunya adalah gencar kampanyekan penggunaan masker. Hal ini rutin dilakukan sejak program DPP digulirkan pada September 2020 lalu, sudah sekitar 17 juta masker dibagikan ke masyarakat.

Selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) mulai 3 Juli 2021, lebih dari 10.000 Duta Perubahan Perilaku secara khusus dikerahkan oleh Satgas Bidang Perilaku. Mereka mengedukasi hampir 2 juta orang dan membagikan sekitar 600.000 masker.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, pembagian masker ditujukan kepada masyarakat, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Mereka umumnya terdiri dari mahasiswa, anggota pramuka, para kader keluarga berencana, dan Satpol PP.

Baca juga   Pemkot Yogya Intensifkan Vaksinasi Kyai dan Santri
Anak-anak pun tak luput dari sasaran penyadaran memakai masker. (Foto: dokumentasi pribadi)

“Selain membagikan masker, para duta juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan pentingnya menjalankan protokol 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan dengan air mengalir sebagai upaya pencegahan penularan,” kata Sonny dalam sebuah kesempatan belum lama ini.

Sampai hari ini DPP terus bergerak lewat aksinya ke masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh DPP dari Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Suryani dan Jumilah, yang tak henti mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk memakai masker, tak cuma mengimbau tetapi juga memberikan masker kepada warga yang kedapatan tak memakai masker.

Baca juga   Polres Magelang Salurkan Bantuan Beras 8,8 Ton dari Kemenko Marves

“Memakai masker itu menjadi wajib di saat pandemi seperti sekarang ini. Terlebih di tengah masih diperpanjangnya PPKM, sehingga perlu penyadaran kepada masyarakat pentingnya memakai masker,” jelas Suryani, Rabu (11/8/2021).

Diakui Suryani, memang kesadaran masyarakat untuk memakai masker sudah terbentuk dan boleh dibilang sudah tinggi. Meski begitu masih dijumpai beberapa yang enggan atau tidak memakai masker, dan ini menjadi tugas DPP.

“Kami memang masih menjumpai beberapa warga yang tak memakai masker. Makanya kami blusukan mengingatkan warga sekaligus membagikan masker untuk dipakai,” imbuh Jumilah. (Aja)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

Peristiwa

Gerakan Kampung Panca Tertib Turunkan Pelanggaran Perda
Selain gelar operasi yustisi, petugas juga memberikan bantuan sembako bagi PKL. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Peristiwa

Operasi Yustisi Terus Digencarkan Koramil 12/Bendosari
Bupati Dyah Hayuning Pratiwi secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2021. (Foto: Humas Purbalingga)

Peristiwa

Ribuan Bidang Tanah di Desa Banjaran Tersertifikasi
Selain ASN di lingkungan Provinsi Jateng, Peni juga mengatakan aksi borong cabai dari petani juga akan dilakukan oleh ASN di daerah. Hal ini dilakukan untuk membantu petani agar tidak merugi. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Bantu Petani, Ganjar Perintahkan ASN Jateng Borong Cabai
Manajemen Indomaret area Purwodadi memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM Level 4. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Grobogan)

Peristiwa

Indomaret Bagikan Paket Sembako bagi PKL di Purwodadi
Tempat isolasi terpusat ini terwujud berkat gotong-royong para Kades di Kecamatan Karangdowo, Klaten. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Kades di Karangdowo Patungan Bikin Tempat Isolasi Terpusat
Bupati Kulonprogo menyerahkan secara simbolis rumah bantuan GKPY kepada Warji. (Foto: Humas Pemkab Kulonprogo)

Peristiwa

GKPY Wujudkan Mimpi Warji Miliki Rumah Sendiri
Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM melantik 415 pejabat secara virtual di lima lokasi berbeda untuk menghindari terjadinya kerumunan. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

Peristiwa

Bupati Sukoharjo Lantik 415 Pejabat Secara Virtual