Home / Peristiwa

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:13 WIB

Aksi Duta Perubahan Perilaku, Gencar Kampanyekan Pakai Masker

Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

Anggota Duta Perubahan Perilaku Satgas Covid-19 Kemantren Tegalrejo, Suryani gencar membagikan masker kepada warga. (Foto: dokumentasi pribadi)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Aksi Duta Perubahan Perilaku (DPP) Satuan Tugas Penanganan Covid-19, salah satunya adalah gencar kampanyekan penggunaan masker. Hal ini rutin dilakukan sejak program DPP digulirkan pada September 2020 lalu, sudah sekitar 17 juta masker dibagikan ke masyarakat.

Selama pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM Darurat) mulai 3 Juli 2021, lebih dari 10.000 Duta Perubahan Perilaku secara khusus dikerahkan oleh Satgas Bidang Perilaku. Mereka mengedukasi hampir 2 juta orang dan membagikan sekitar 600.000 masker.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Sonny Harry B. Harmadi mengatakan, pembagian masker ditujukan kepada masyarakat, terutama di Pulau Jawa dan Bali. Mereka umumnya terdiri dari mahasiswa, anggota pramuka, para kader keluarga berencana, dan Satpol PP.

Baca juga   Polisi Buru Pelaku Penusukan Berujung 2 Meninggal di Seturan Sleman
Anak-anak pun tak luput dari sasaran penyadaran memakai masker. (Foto: dokumentasi pribadi)

“Selain membagikan masker, para duta juga mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19 dan pentingnya menjalankan protokol 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan serta mencuci tangan dengan air mengalir sebagai upaya pencegahan penularan,” kata Sonny dalam sebuah kesempatan belum lama ini.

Sampai hari ini DPP terus bergerak lewat aksinya ke masyarakat. Salah satunya dilakukan oleh DPP dari Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Suryani dan Jumilah, yang tak henti mengimbau masyarakat di wilayahnya untuk memakai masker, tak cuma mengimbau tetapi juga memberikan masker kepada warga yang kedapatan tak memakai masker.

Baca juga   Tembakau 18.519 Hektare Temanggung Siap Dipanen

“Memakai masker itu menjadi wajib di saat pandemi seperti sekarang ini. Terlebih di tengah masih diperpanjangnya PPKM, sehingga perlu penyadaran kepada masyarakat pentingnya memakai masker,” jelas Suryani, Rabu (11/8/2021).

Diakui Suryani, memang kesadaran masyarakat untuk memakai masker sudah terbentuk dan boleh dibilang sudah tinggi. Meski begitu masih dijumpai beberapa yang enggan atau tidak memakai masker, dan ini menjadi tugas DPP.

“Kami memang masih menjumpai beberapa warga yang tak memakai masker. Makanya kami blusukan mengingatkan warga sekaligus membagikan masker untuk dipakai,” imbuh Jumilah. (Aja)

Share :

Baca Juga

Para tersangka kasus perdagangan manusia saat di Mapolda Jatim. Foto: Ist/selalu.id

Peristiwa

Polisi Tangkap Pelaku Perdagangan Manusia di Prigen, 19 Wanita Dipaksa Jadi PSK, 4 Diantaranya Masih di Bawah Umur
Rapat Paripurna DPRD Kota Surakarta menyetujui RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Persetujuan RPDB APBD Tahun 2021, dan RPJMD 2021-2026 Kota Surakarta
Korban berhasil dievakuasi pada Selasa 24 Mei 2022 siang setelah tim SAR gabungan melakukan pencarian di lokasi. Foto: Dok.Basarnas

Peristiwa

Pamit Beli Tepung, Mahasiswa Asal Kendari Kecemplung di Embung Kampus UII
Foto: Ist/Tribratanews

Peristiwa

Penyelundupan 112 Kg Ganja untuk Perayaan Malam Tahun Baru Berhasil Digagalkan Polda Metro Jaya
Sri Sultan Hamengku Buwono X saat menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. (Foto:nyatanya.com/Humas DIY)

Peristiwa

Sri Sultan HB X Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020
Kedua tersangka begal HP ditangkap. Foto: Polres Bengkulu Selatan/Tribratanews

Peristiwa

Begal HP di Taman Merdeka Bengkulu Selatan Diringkus Setelah 3 Bulan Kabur, Dua Rekannya Masih Buron
Plt Kepala Dinsos P2KB Kota Pekalongan, Budiyanto. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Pekalongan)

Peristiwa

Sah! Delapan Pasangan Nikah Siri Dilegalkan
Polsek Mergangsan gelar jumpa pers penangkapan pelaku klitih di Bintaran. Foto: Ist

Peristiwa

Polisi Tangkap 7 Pelaku Klitih di Bintaran, Enam Orang Masih di Bawah Umur