Home / Plus

Senin, 20 Juni 2022 - 10:01 WIB

Aktivitas Ekonomi Warga Menggeliat Lewat CFD Tandang Jogja Kreatif

Car Free Day (CFD) Tandang Jogja Kreatif di Jalan Ipda Tut Harsono, Minggu (19/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

Car Free Day (CFD) Tandang Jogja Kreatif di Jalan Ipda Tut Harsono, Minggu (19/6/2022). Foto: Humas Pemkot Yogya

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Sebanyak 108 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Kemantren Umbulharjo, Gondokusuman, Tegalrejo, dan masyarakat umum dengan produk kerajinan, fesyen, tanaman hias, dan kuliner menyemarakkan acara Car Free Day (CFD) Tandang Jogja Kreatif di Jalan Ipda Tut Harsono, Minggu (19/6/2022) yang digelar Dinas Pariwisata Yogyakarta.

Salah satu pelaku UMKM, Hana, menyebutkan bahwa acara CFD Tandang Jogja Kreatif sangat menguntungkan bagi penjual kuliner yang dibuktikan dengan kenaikan omzet dibandingkan hari biasa.

“Worth it sih mbak, menguntungkan yang jualan kuliner dan sangat membantu banget buat para UMKM, omzet kita bisa naik sampai 40-60 persen,” terangnya.

Baca juga   Buah Naga Tingkatkan Nafsu Makan dan Cegah Kanker

Di samping itu, pelaku UMKM Heykenes Official menyebutkan bahwa acara CFD Tandang Jogja Kreatif juga menjadi salah satu ajang promosi secara langsung kepada masyarakat.

Sebelumnya, promosi produk hanya dapat dilakukan secara online karena adanya Pandemi Covid-19.

Menurutnya acara Car Free Day tersebut bagi UMKM cukup membantu karena bisa menawarkan produk secara langsung yang sebelumnya hanya via online.

Tidak bisa dipungkiri bahwa selama pandemi Covid-19 selain para UMKM, warga Yogyakarta juga merasa terpuruk karena terbatasnya kegiatan massal yang dapat dilakukan.

Sehingga hadirnya CFD ini dianggap sebagai ‘angin segar’ bagi terselenggaranya kegiatan massal dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga   Heboh Desta Jadi Drummer Sheila on 7 Sampai Dicatat Wikipedia, Adam Angkat Bicara

Salah satu pengunjung, Amin, menuturkan bahwa momen CFD Tandang Jogja Kreatif juga dimanfaatkan sebagai family time dan mengisi waktu di akhir pekan.

“Adanya CFD untuk mengisi waktu minggu pagi dengan keluarga, alhamdulillah bisa berkumpul lagi dengan protokol kesehatan. Anak-anak tadi juga menjadi penampil di panggung, jadi bisa memotivasi anak juga untuk lebih baik lagi.”

Selain UMKM, Gelaran Tandang Jogja Kreatif turut dimeriahkan oleh hiburan dari Spirit Plus band, Edan-edanan Argodumilah, Jenang Ledok Tukangan, Langes Prod, Sanggar Seni Notoyudan, Viantari Modeling School, dan Kelompok Musik Isaku Iki, Globalisasi Jathilan & Jejathilan (Argodumilah).

(Dit/N1)

Share :

Baca Juga

Budidaya udang vaname dengan menggunakan teknologi millennial shrimp farming (MSF), merupakan salah satu teknologi dalam meningkatkan produktivitas budidaya udang. (Foto: InfoPublik/KKP)

Plus

Gunakan Teknologi MSF, Tambak Milenial Situbondo Sukses Budidaya Udang Vaname
Cecak Jarilengkung jenis baru dari Kawasi, Pulau Obi. (Foto: BRIN)

Plus

Peneliti BRIN Berhasil Identifikasi Cecak Jarilengkung Jenis Baru
Motif batik yang biasa digunakan oleh Olivia dalam pembuatan kue adalah motif batik Kawung dan Parang. (Foto: MC Kab Sleman)

Plus

Brownies Bermotif Batik Bikinan OliviaRu Tak Cuma Unik, Tapi Juga Laris Manis

Plus

Jalan Sehat Santri Sarungan Berlangsung Meriah, Pastikan Dukungan untuk Ganjar
Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Setelah Lakukan Ini, Bengkel Custom Milik Arie Hanggara di Sukoharjo Makin Moncer
Dengan menggarap lahan nganggur menjadi kebun sayur, kelompok tani ibu-ibu PKK Srikandi Desa Jetis Wetan ini berharap dapat menginspirasi masyarakat dalam bidang pertanian. (Foto: Diskominfo Klaten)

Plus

PKK Pedan Hijaukan Tanah Kas Desa dengan Sayuran Organik
Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Mengenal Kampung Keparakan, Sentra Sandal Kulit Berkualitas dengan Harga Merakyat
Olahan umbi garut dapat dikonsumsi rutin dan bisa mendukung kesehatan badan. (Foto:istimewa)

Plus

Olahan Garut Jaga Fungsi Pencernaan