Home / Plus

Rabu, 12 Oktober 2022 - 12:58 WIB

Akumandiri dan BPR MSA Angkat UMKM

Hermawati Setyorinny, Ketua Umum DPP Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri). Foto: Ist

Hermawati Setyorinny, Ketua Umum DPP Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri). Foto: Ist

NYATANYA.COM, Sleman – Ketua Umum DPP Asosiasi Industri Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Akumandiri), Hermawati Setyorinny mengungkap kebanggaannya atas dedikasi Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Madani Sejahtera Abadi (MSA) selama ini dalam membina dan mengangkat UMKM.

Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan, BPR MSA tidak sekedar meminjamkan dana kepada masyarakat, tapi lebih dari itu. Yaitu selalu berusaha membantu mengangkat derajat masyarakat ke arah yang lebih sejahtera lagi.

Hal ini bisa dilihat dalam gelaran UMKM bertajuk Gelar Desa Mandiri Budaya dan Ekonomi yang berlangsung di Taman Wisata Selo Kendel yang berlokasi di Dusun Turen, Desa Sardonoharjo, Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Kegiatan yang berlangsung dari Jumat (7/10/2022) hingga Minggu (9/10/2022) tersebut, berlangsung meriah dan sukses.

Kebetulan desa ini banyak menyimpan potensi khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Alasan itulah kemudian Akumandiri dan BPR MSA mengangkat desa itu menjadi desa wisata.

Baca juga   Budidaya Lele Mutiara Miliki Prospek Bisnis yang Menjanjikan

Peresmian ditandai festival dengan dimeriahkan oleh UMKM, dan pelaku seni yang diikuti oleh warga dengan penuh antusias.

Acara yang digelar selama tiga hari berturut-turut tersebut, berlangsung atas kerja bareng Akumandiri bersama Forum Komunikasi UMKM Sardonoharjo dan juga BPR Madani Sejahtera Abadi (MSA) yang kebetulan sedang merayakan ulang tahun ke-17.

Ketua Umum DPP Akumandiri, Hermawati Setyorinny mengatakan, alasan dipilihnya BPR MSA karena merupakan salah satu perbankan yang tidak hanya meminjamkan dana saja ke UMKM, namun juga bertanggungjawab mengelola dan mengembangkan potensi yang dimiliki UMKM tersebut.

“Saya pertama kali tertarik dengan BPR MSA, karena merupakan perbankan yang concern membina UMKM lebih dari sekedar meminjamkan dananya untuk permodalan usaha, tetapi juga membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang,” ujar Rinny, Selasa (11/10/2022).

Pemilihan Taman Selo Kendel sebagai lokasi festival, lanjut dia, karena desa yang masih relatif baru ini memiliki peluang untuk menjadi pusat pengembangan ekonomi dari bidang kesenian.

Baca juga   SAKI Percepat Pendaftaran Kekayaan Intelektual

Terbukti dari tercetaknya band lokal dari Dusun Turen yang tampil dalam sesi pentas seni, dan mampunyai kesenian tradisional seperti jathilan yang menampilkan grup Satrio Utomo menarik minat hampir ribuan penonton yang memadati Selo Kendel hingga kantong parkir penuh sesak.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang juga hadir dalam pembukaan event tersebut, sangat mengapresiasi digelarnya Desa Mandiri Budaya dan Ekonomi yang dilakukan Akumandiri dan BPR MSA.

Bupati Sleman berharap, apa yang dilakukan oleh Akumandiri dan BPR MSA ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan desa. Sehingga masyarakat bisa hidup lebih sejahtera, seperti yang diinginkan bersama.

“Saya berharap Selo Kendel nantinya bisa tumbuh menjadi desa yang mandiri dan menarik banyak pengunjung, apalagi dengan bantuan Akumandiri dan MSA,” ujar Kustini.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Foto:LPEI

Plus

Ditjen Bea Cukai dan LPEI Dorong UMKM Menembus Ekspor
Farel Prayoga dihadiahi gendang oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Gendang Ring Petir Buatan Bulu Sukoharjo, Hadiah Ganjar untuk Farel Prayoga
Bupati Temanggung HM Al Khadziq di acara Pekan Bocah Manggong. Foto: MC Kab.Temanggung

Plus

Pekan Bocah Manggong, Upaya Lestarikan Permainan dan Makanan Tradisional
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan gowes tersebut sengaja rutin digelar dengan mengajak berbagai komunitas sepeda untuk melihat dan mempromosikan potensi-potensi yang ada di wilayah. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Plus

Yogowes, Cara Unik Pemkot Yogya Kenali Potensi Wilayah
Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Mengenal Kampung Keparakan, Sentra Sandal Kulit Berkualitas dengan Harga Merakyat
Foto: Dok.Mafindo

Plus

Kampayekan Perdamaian, Mafindo Gelar Kompetisi Konten #SocialMedia4Peace dan Periksa Fakta
Tahun ini Kota Yogya mengirimkan wakilnya dalam ajang Pemuda Pelopor 2022 Michael Sigit Wicaksono Anugrah Kristanto. Foto: Humas Pemkot Yogya

Plus

Ciptakan Inovasi Gettook, Michael Maju Lomba Pemuda Pelopor Nasional
Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Bercita Rasa dan Miliki Nilai Jual, TP PKK Sukoharjo Juarai Lomba Kreasi Olahan Pangan Lokal