Home / Plus

Jumat, 26 Mei 2023 - 09:15 WIB

Alang-alang Sembuhkan Penyakit Asma dan Stop Diare

Tanaman alang-alang tumbuh liar. (Foto: istimewa)

Tanaman alang-alang tumbuh liar. (Foto: istimewa)

NYATANYA.COM, – Ada banyak gangguan kesehatan dan penyakit dapat diatasi dengan menggunakan herbal alang-alang. Kita bisa menggunakannya melalui bahannya dalam bentuk segar maupun kering. Tapi kini juga sudah banyak obat herbal berbahan alang-alang yang dikemas saset dan dijual di toko-toko obat maupun warung-warung. Alang-alang, meskipun dianggap gulma atau tanaman pengganggu namun di balik itu ternyata memiliki banyak manfaat.

Selain itu, juga dianggap sebagai tanaman pencegah erosi. Kendati  mengganggu lahan pertanian, jangan serta merta meremehkannya dengan membuang atau memusnahkan begitu saja. Perlu diketahui, sudah dilakukan berbagai penelitian dan pengujian dan hasilnya menunjukkan bahwa ada banyak kandungan dan khasiat alang-alang ini yang berguna bagi kesehatan.

Alang-alang mengandung unsur kimiawi yang berguna bagi kesehatan diantaranya manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, anindom dan masih banyak lagi lainnya. Secara tradisional digunakan untuk membantu mengatasi darah tinggi,sakit kepala, hepatitis, penambah darah, neropati, peluruh kencing, kencing darah, kencing nanah, penyakit ginjal dan lain sebagainya.

Baca juga   Bunga Matahari Redam Sakit Kepala

Dalam alang-alang diketahui banyak mengandung zat kimia. Dengan kandungan-kandungan itu, alang-alang bersifat antipiretik (menurunkan panas), diuretik (meluruhkan kemih), hemostatik (menghentikan pendarahan), dan menghilangkan haus.

Terdapat sekitar 18 manfaat herba alang-alang sebagai bahan alternatif pengobatan tradisional. Misal untuk mengobati pembengkakan akibat radang ginjal akut dan pembengkakan karena terbentur.

Juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran pencernaan, pendarahan akibat panasnya darah, misal mimisan, batuk darah, muntah darah dan lain-lain. Juga pendarahan pada wanita. Manfaat alang-alang lainnya adalah untuk mengatasi susah buang air kecil atau kencing terus menerus demam yg disertai haus, urat saraf melemah, radang pada paru-paru, keputihan pada wanita dan gangguan pencernaan.

Baca juga   Noken Buatan Mama-mama Kamoro Laris Manis di PON XX Papua

Bahkan juga bisa digunakan untuk mengatasi jantung koroner, batuk, flu, diare, asma, gonorhoea (kencing nanah) dan tekanan darah tinggi. Asama adalah gangguan pernapasan yang bersifat alergis, atau peka terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubu seperti debu atau udara dingin.

Penderita penyakit asma akan mengalamai kesulitan bernapas dan sesak di dalam dada. Biasanya disertai batuk dan ketika bernapas akan mengeluarkan bunyi yang tinggi tetapi terdengar menyempit.

Selain untuk asma, alang-alang juga dapat digunakan untuk menyembuhkan

diare atau mencret. Diare sering dialami oleh anak-anak yang terbawa oleh makanan yang acapkali berlebihan. Pada remaja dan dewasa, diare dapat disebabkan oleh asupan yang tidak mudah dicerna atau makanan yang mudah membusuk. Sariawan, kholera, cacingan juga dapat menyebabkan diare. Bagi penderita thypus, tuberkulosa, disentri dan mejan juga bisa terkena diare. (N2)

Share :

Baca Juga

Tariyah tidak menyangka jika bekerja di Transjateng adalah jalan hidup yang terbaik baginya saat ini. Foto: Diskominfo Jateng

Plus

Kisah Cleaning Service Transjateng, Diangkat Pramujasa dan Bisa Lanjutkan Kuliah
Foto: Dok.FKY 2022

Plus

Kisah-kisah di Tengah Kicau Burung Yogyakarta Ada di Dokumenter Foto FKY 2022
Daun kemangi punya aroma khas dan berkhasiat. (Foto: Istimewa)

Plus

Lawan Disentri dengan Kemangi, Begini Resep dan Caranya
Winarno (berkacamata) bersama karyawan membawa tegel motif Corona yang dilaunching Senin (20/12/2021). (Foto: humas/beritamagelang)

Plus

Kreatif, Win Art Solution Bikin Tegel Motif Corona
Plt Kepala DPMPTSP Kabupaten Magelang bersama pelaku usaha Desa Gulon dan Desa Sirahan, Salam, di Grand Artos Hotel & Convention Magelang, Selasa (13/9/22) Foto: Humas/beritamagelang

Plus

Pengusaha UMKM Didorong Miliki NIB dan Sertifikat Halal

Plus

Adira Festival ‘Selebrasi Warna-warni dalam Harmoni’ Digeber Tiga Hari di Stadion Mandala Krida Jogja
Produk usaha rumahan lilin aromaterapi dan hampers asal Kabupaten Boyolali, Nature. (Foto:Diskominfo Jateng)

Plus

Juara 3 Hetero For Startup, Pemilik Natureline: Branding-nya Berasa Sekali
Foto: Dok.UGM

Plus

Bawa Pulang 13 Medali, UGM Juara Umum 3 ON MIPA 2022