Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:07 WIB

Alokasi Vaksin Terbatas, Dinkes Klaten Tunda Vaksinasi Umum

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

NYATANYA.COM, Klaten – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten menunda vaksinasi Covid-19 yang dibuka untuk masyarakat umum. Hal ini sehubungan dengan terbatasnya alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat ke Kabupaten Klaten.

Kepala Dinkes Klaten, dr Cahyono Widodo mengatakan jumlah dosis vaksin yang diterima dari Pemerintah Pusat belum sebanding dengan sasaran vaksinasi yang ada di Kabupaten Klaten. Dengan kondisi tersebut, vaksinasi baru bisa diberikan kepada sasaran yang sudah terdata, yaitu masyarakat lansia dan pelayanan publik.

“Pekan ini kami menerima alokasi sekitar 1.500 dosis vaksin. Jumlah ini sebagian digunakan untuk peserta vaksinasi dosis kedua dan sebagian lagi untuk peserta baru dengan sasaran yang sudah terdata sebelumnya. Lansia dan pelayanan publik,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Baca juga   30 Kader di Sleman Diharapkan Hidupkan Pancasila di Masyarakat

Menurutnya alokasi vaksin yang diterima Dinkes Klaten hanya berupa droping dari Pusat. Sehingga setelah mendapatkan alokasi, maka vaksin segera didistribusikan hingga habis kepada masyarakat sasaran.

“Setelah itu, baru mengajukan kembali untuk alokasi vaksin berikutnya. Meskipun sudah tercantum kebutuhan di daerah saat pengajuan alokasi vaksin, namun jumlah yang dialokasikan merupakan kebijakan pembagian dari Pusat,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, kata Cahyono, Dinkes Klaten tidak menyimpan vaksin dalam jumlah banyak, pun demikian tidak ada vaksin cadangan yang tersimpan. Hal ini tidak memungkinkan pihaknya membuka vaksinasi bagi masyarakat umum yang mendaftar secara langsung atau pengajuan mandiri.

“Dengan terbatasnya vaksin yang ada, maka prioritasnya tentu yang sudah menjadi sasaran yakni kelompok rentan. Itupun kami masih harus mengejar kebutuhan untuk vaksinasi dosis kedua bagi peserta sasaran sebelumnya,” paparnya menjelaskan.

Baca juga   Relawan Kewalahan, Sehari Tangani 27 Lokasi Pemakaman Jenazah Corona

Di sisi lain, ia mengungkapkan fatality rate Kabupaten Klaten mencapai 5,7 sehingga idealnya vaksinasi ditingkatkan dari sasaran sebelumnya. Namun alokasi yang terbatas, percepatan vaksinasi tidak dapat dilakukan hanya oleh Dinkes sendiri.

Adanya vaksinasi massal dari Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten diakuinya sangat membantu jumlah masyarakat yang sudah tervaksin. Saat ini jumlah masyarakat tervaksin mencapai angka 115.000 warga untuk dosis pertama dan 80.000 warga untuk dosis kedua. Sementara untuk target vaksinasi mencapai 980 ribu warga. (*)

Share :

Baca Juga

Visual Gunung Merapi saat awan panas guguran pukul 04.36 WIB pagi tadi. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi 2 Kali Semburkan Awan Panas Guguran Pagi tadi
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Tunda Sekolah Tatap Muka, Positif Covid-19 Pada Anak di Yogya 2.051 Kasus
Petugas gabungan kembali menggelar penyekatan di Tugu Ireng, Kecamatan Salam, Magelang. (Foto: Humas/beritamagelang)

News

Petugas Gabungan Kembali Gelar Penyekatan di Perbatasan Jateng-DIY
Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Wakil Gubernur KGPAA Paku Alm X. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Jatah Oksigen DIY Ditambah 47,6 Ton Setiap Hari
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 DI Yogyakarta Bertambah 1.181 Orang
(nyatanya.com)

News

Purworejo Terbaik Terapkan PPKM Darurat se-Jateng
Ganjar Pranowo memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di RSDC Asrama Haji Donohudan dengan memakai hazmat. (Foto: Humas Jateng)

News

Pakai Hazmat, Ganjar Pimpin Upacara Kemerdekaan di RSDC Donohudan
Wagub DIY KGPAA Paku Alam X meninjau pelaksanaan vaksin untuk anak sekolah. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemda DIY)

News

Hari Ini 2500 Pelajar di DIY Terima Vaksinasi Covid-19