Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:07 WIB

Alokasi Vaksin Terbatas, Dinkes Klaten Tunda Vaksinasi Umum

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

NYATANYA.COM, Klaten – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten menunda vaksinasi Covid-19 yang dibuka untuk masyarakat umum. Hal ini sehubungan dengan terbatasnya alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat ke Kabupaten Klaten.

Kepala Dinkes Klaten, dr Cahyono Widodo mengatakan jumlah dosis vaksin yang diterima dari Pemerintah Pusat belum sebanding dengan sasaran vaksinasi yang ada di Kabupaten Klaten. Dengan kondisi tersebut, vaksinasi baru bisa diberikan kepada sasaran yang sudah terdata, yaitu masyarakat lansia dan pelayanan publik.

“Pekan ini kami menerima alokasi sekitar 1.500 dosis vaksin. Jumlah ini sebagian digunakan untuk peserta vaksinasi dosis kedua dan sebagian lagi untuk peserta baru dengan sasaran yang sudah terdata sebelumnya. Lansia dan pelayanan publik,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Baca juga   Kelurahan Sukoharjo Sleman Kini Punya ATM Beras

Menurutnya alokasi vaksin yang diterima Dinkes Klaten hanya berupa droping dari Pusat. Sehingga setelah mendapatkan alokasi, maka vaksin segera didistribusikan hingga habis kepada masyarakat sasaran.

“Setelah itu, baru mengajukan kembali untuk alokasi vaksin berikutnya. Meskipun sudah tercantum kebutuhan di daerah saat pengajuan alokasi vaksin, namun jumlah yang dialokasikan merupakan kebijakan pembagian dari Pusat,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, kata Cahyono, Dinkes Klaten tidak menyimpan vaksin dalam jumlah banyak, pun demikian tidak ada vaksin cadangan yang tersimpan. Hal ini tidak memungkinkan pihaknya membuka vaksinasi bagi masyarakat umum yang mendaftar secara langsung atau pengajuan mandiri.

“Dengan terbatasnya vaksin yang ada, maka prioritasnya tentu yang sudah menjadi sasaran yakni kelompok rentan. Itupun kami masih harus mengejar kebutuhan untuk vaksinasi dosis kedua bagi peserta sasaran sebelumnya,” paparnya menjelaskan.

Baca juga   Kekebalan Komunal Hampir Terbentuk, Vaksinasi DIY Capai Angka 75,54 %

Di sisi lain, ia mengungkapkan fatality rate Kabupaten Klaten mencapai 5,7 sehingga idealnya vaksinasi ditingkatkan dari sasaran sebelumnya. Namun alokasi yang terbatas, percepatan vaksinasi tidak dapat dilakukan hanya oleh Dinkes sendiri.

Adanya vaksinasi massal dari Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten diakuinya sangat membantu jumlah masyarakat yang sudah tervaksin. Saat ini jumlah masyarakat tervaksin mencapai angka 115.000 warga untuk dosis pertama dan 80.000 warga untuk dosis kedua. Sementara untuk target vaksinasi mencapai 980 ribu warga. (*)

Share :

Baca Juga

Pelaku (tengah) diamankan bersama barang bukti diapit prajurit Kodim 0734/Yogyakarta. FOTO : nyatanya.com/Ahmad Zain

News

Minta Sumbangan Catut Institusi Korem 072/Pamungkas, Pensiunan ASN Ditangkap Intel Kodim Yogyakarta
Foto: ANTARA

News

KPU: Sirekap Jadikan Penghitungan Suara Pemilu Lebih Efektif
Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoe. (Foto: Humas Jateng)

News

Umrah Kembali Ditunda, Gus Yasin Minta Masyarakat Sabar untuk Kebaikan
Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Kebijakan Digital dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Dedy Permadi. (Foto: AYH/Humas Kominfo)

News

Hati-hati Lur, 11 Aplikasi di Google Play Store Berpotensi Langgar Data Pribadi
Jaksa Agung RI, Burhanuddin, memberikan arahan khusus kepada 18 Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) yang baru dilantik pada Rabu (2/3/2022). (Foto: dok. Puspenkum)

News

Berikut Arahan Khusus Jaksa Agung kepada 18 Kajati Baru
Para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban PPKLY Unit 37 Teras Malioboro 1 juga mengeluhkan adanya event bazar yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM DIY yang digelar di selasar Teras Malioboro 1. (Foto: Ist)

News

Dagangan Sepi, Pedagang Unit 37 Teras Malioboro 1 Keluhkan Event Bazar karena Alasan Ini
Pemerintah Daerah DIY menerima 50 buah ubarampe gunungan dari Keraton Yogyakarta pada peringatan Iduladha, Minggu 10 Juli 2022/10 Zulhijah 1443 H/10 Besar Alip 1955. Foto: Humas Pemda DIY

News

ASN DIY Tampi Berkah Pareden Gunungan Besar, Wujud Sinergi Keraton dan Pemda
Vaksinasi bagi kyai dan santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Pandeyan Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Pemkot Yogya Intensifkan Vaksinasi Kyai dan Santri