Home / News

Kamis, 15 Juli 2021 - 15:07 WIB

Alokasi Vaksin Terbatas, Dinkes Klaten Tunda Vaksinasi Umum

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

Ilustrasi:nyatanya.com/Kominfo

NYATANYA.COM, Klaten – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten menunda vaksinasi Covid-19 yang dibuka untuk masyarakat umum. Hal ini sehubungan dengan terbatasnya alokasi vaksin dari Pemerintah Pusat ke Kabupaten Klaten.

Kepala Dinkes Klaten, dr Cahyono Widodo mengatakan jumlah dosis vaksin yang diterima dari Pemerintah Pusat belum sebanding dengan sasaran vaksinasi yang ada di Kabupaten Klaten. Dengan kondisi tersebut, vaksinasi baru bisa diberikan kepada sasaran yang sudah terdata, yaitu masyarakat lansia dan pelayanan publik.

“Pekan ini kami menerima alokasi sekitar 1.500 dosis vaksin. Jumlah ini sebagian digunakan untuk peserta vaksinasi dosis kedua dan sebagian lagi untuk peserta baru dengan sasaran yang sudah terdata sebelumnya. Lansia dan pelayanan publik,” ungkapnya, Kamis (15/7/2021).

Baca juga   Senangnya Warga Segaran Didatangi Jokowi dan Ganjar

Menurutnya alokasi vaksin yang diterima Dinkes Klaten hanya berupa droping dari Pusat. Sehingga setelah mendapatkan alokasi, maka vaksin segera didistribusikan hingga habis kepada masyarakat sasaran.

“Setelah itu, baru mengajukan kembali untuk alokasi vaksin berikutnya. Meskipun sudah tercantum kebutuhan di daerah saat pengajuan alokasi vaksin, namun jumlah yang dialokasikan merupakan kebijakan pembagian dari Pusat,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, kata Cahyono, Dinkes Klaten tidak menyimpan vaksin dalam jumlah banyak, pun demikian tidak ada vaksin cadangan yang tersimpan. Hal ini tidak memungkinkan pihaknya membuka vaksinasi bagi masyarakat umum yang mendaftar secara langsung atau pengajuan mandiri.

“Dengan terbatasnya vaksin yang ada, maka prioritasnya tentu yang sudah menjadi sasaran yakni kelompok rentan. Itupun kami masih harus mengejar kebutuhan untuk vaksinasi dosis kedua bagi peserta sasaran sebelumnya,” paparnya menjelaskan.

Baca juga   Terus Meningkat, Pasien Sembuh Covid-19 di Magelang Tambah 348 Orang

Di sisi lain, ia mengungkapkan fatality rate Kabupaten Klaten mencapai 5,7 sehingga idealnya vaksinasi ditingkatkan dari sasaran sebelumnya. Namun alokasi yang terbatas, percepatan vaksinasi tidak dapat dilakukan hanya oleh Dinkes sendiri.

Adanya vaksinasi massal dari Polres Klaten dan Kodim 0723 Klaten diakuinya sangat membantu jumlah masyarakat yang sudah tervaksin. Saat ini jumlah masyarakat tervaksin mencapai angka 115.000 warga untuk dosis pertama dan 80.000 warga untuk dosis kedua. Sementara untuk target vaksinasi mencapai 980 ribu warga. (*)

Share :

Baca Juga

Bupati Sukoharjo, Hj Etik Suryani SE MM. (Foto: Humas Kab Sukoharjo)

News

Bupati Etik Suryani Bantah Izinkan Hajatan Selama PPKM Level 4
Warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Gelanggang Remaja Kecamatan Matraman, Jakarta, Selasa (16/11/2021). Kementerian Kesehatan mencatat cakupan vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah melampaui target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekurang-kurangnya 40 persen populasi pada akhir 2021.(Foto: ANTARA/Aprillio Akbar)

News

Capaian Vaksinasi Covid-19 Indonesia Lampaui Target WHO
Kepala Urusan Pembinaan Operasional (Kaur Bin Ops) Satuan Reserse dan Kriminal Polres Boyolali, Iptu Wikan Sri Kadiyono saat berikan keterangan kepada wartawan di Mapolres Boyolali. (Foto: Diskominfo Boyolali)

News

Kebangeten! Yang Lain Berjuang Lawan Corona, Oknum Ini Malah Ngeprank
Penampakan guguran awan panas Gunung Merapi, Kamis (12/8/2021) pukul 01.09 WIB. (Foto: BPPTKG)

News

Gunung Merapi 4 Kali Luncurkan Awan Panas, Terjauh 3.000 Meter
Rusunawa Gemawang, meski lokasinya berada di Kabupaten Sleman namun kini difungsikan sebagai shelter pasien Covid-19 oleh Pemkot Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

News

Rusunawa Gemawang Mulai Difungsikan Menjadi Shelter Covid-19
Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Ngebut Vaksinasi, Jateng Ajukan Tambahan 2,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Per Minggu
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung upaya penghentian sementara PTM, terkait temuan kasus Covid-19 di sekolah. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Temukan Kasus Covid-19 di Sekolah, PTM di Semarang Dihentikan
(ilustrasi: nyatanya.com)

News

Kasus Covid-19 di Magelang Tambah 410, Sembuh 266 Orang