Home / Militer

Sabtu, 2 Desember 2023 - 23:28 WIB

Alutsista Terbaru TNI AU Siap Kawal Kedaulatan Udara Nasional

NYATANYA.COM, Bogor – Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, S.E., M.M. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si menghadiri penyerahan delapan unit helikopter angkut berat H255M dan satu unit H255M full flight simulator dari Menhan RI kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Atang Sendjaja Bogor, Jumat (1/12/2023).

Helikopter H225M ini merupakan produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters. Kedelapan helikopter tersebut dikirimkan secara bertahap, sejak dikirimkannya unit pertama pada tanggal 14 September 2023 dari Apron Hanggar Rotary Wing PTDI.

H225M dikenal sebagai helikopter yang aman, andal, kuat, dan serbaguna yang mampu melaksanakan berbagai misi seperti operasi khusus, SAR, evakuasi medis, pengawasan maritim, dan bantuan tembakan dari udara.

Baca juga   Kodam Diponegoro Tunjuk Kodim Yogyakarta Ikuti Lomba Binter Tingkat Pusat

H225M juga dapat dilengkapi dengan sistem persenjataan yang memungkinkannya untuk menangani semua jenis skenario operasi, baik dalam konflik konvensional maupun asimetris.

Pesawat helikopter angkut berat H255M merupakan perkuatan bagi TNI AU khususnya Skadron Udara 8 Wing 4 Pangkalan Udara Atang Sendjaja Bogor.

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan bahwa, Indonesia adalah negara yang besar dengan jumlah penduduk keempat terbesar di dunia, ekonomi termasuk ke-16 besar dan luas wilayah yang sama dengan Eropa, memerlukan Alutsista sarana pertahanan yang harus mampu mengawal kedaulatan bangsa dan negara, dan itu tidaklah murah.

“Ada yang mengatakan pertahanan itu mahal, kemerdekaan itu mahal, kedaulatan itu mahal, kita mau jadi negara yang merdeka itu mahal, mau jadi negara terhormat itu mahal,” ujarnya.

Baca juga   Hari Ini, Megawati Uji Disertasi Hasto Kristiyanto di Unhan

Indonesia harus punya Angkatan Udara yang handal dan unggul, sebagai alat pertahanan negara dan bukan untuk melakukan agresi ke negara lain.

“Bukan mau gagah-gagahan atau mengancam siapapun, kita ingin damai dan tetap merdeka, kalau kita ingin damai harus siap untuk perang itu adalah hukum sejarah,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono, Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan Marsda TNI Yusuf Jauhari, pejabat lain di lingkungan kementerian, Mabes TNI dan Mabesau. (N1)

Share :

Baca Juga

Foto: Dispenal

Militer

Kasal Pastikan Sektor Laut Selama KTT G20 Aman
Korem 072/Pamungkas melaksanakan kampanye kreatif rekrutmen Prajurit TNI AD Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Kaajenrem Tipe “A” 072 Mayor Caj Supriyanto bersama Dandim 0708/Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim bertempat di SMK Ma’Arif NU 1 Bener Kabupaten Purworejo, Selasa (15/02/2022). (Foto:Penrem 072PMK)

Militer

Korem 072/Pamungkas Sosialisasi Penerimaan Prajurit TNI AD di SMK Ma’Arif NU 1 Bener
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 142/KJ melalui Pos Kelila bersama masyarakat melaksanakan bakti membersihkan jalan yang merupakan akses utama menuju gereja di Distrik Kelila, Kabupaten Mamberamo Tengah, Papua, Rabu (20/7/2022). Foto: Satgas Yonif Raider 142/KJ

Militer

Wujudkan Lingkungan Bersih, Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Gelar Kerja Bakti Bersama Warga
Danrem 072/Pmk, Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan secara simbolis memberikan bantuan sembako untuk masyarakat di Desa Pijenan, Kelurahan Wijirejo, Kecamatan Pandak, Bantul. (Foto:nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Danrem 072/Pamungkas Baksos ke Kelompok Maju Makmur Desa Pijenan
Foto: Penrem 072/Pmk

Militer

HUT ke-61 Korem 072/Pamungkas, Bersama BRI Gelar Bakti Sosial
Drone dua media dipamerkan pada acara Wisuda Lulusan STTAL bertempat di Gedung Graha Samudera Bumimoro, Surabaya, Kamis (13/1/2022). (Foto: Dispenal)

Militer

TNI AL Ciptakan Prototipe Drone Dua Media
Taifib Marinir TNI AL bersama Marines Expeditionary Unit - Special Operation Capable (US MEU SOC) melaksanakan Sinkronisasi Teknik dan Taktik dengan yang dilaksanakan di Batalyon 10 Marinir/BS, Setoko, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (30/7/2022). Foto: Dispenal

Militer

Tingkatkan Naluri Tempur, Taifib Laksanakan Sinkronisasi dengan US Recon
Foto: Pen Kodim 1710/Mimika

Militer

Tingkatkan Produksi Pertanian, Babinsa Koramil 1710-07/Mapurujaya Dampingi Petani