Home / News

Jumat, 25 Juni 2021 - 21:15 WIB

Aman, Pemda DIY Penuhi Stok Oksigen

(Ilustrasi: nyatanya.com/istimewa)

(Ilustrasi: nyatanya.com/istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Pemerintah Daerah DIY akan menerima 17 ribu meter kubik oksigen cair untuk penanganan pasien Covid-19 DIY. Oksigen cair kiriman PT Samator Gas Industri ini dijadwalkan akan tiba Sabtu (26/6/2021).

Kepala Dinas Kesehatan DIY drg. Pembajun Setyaningastutie mengatakan kebutuhan oksigen bagi pasien positif Covid-19 DIY semakin bertambah seiring adanya lonjakan jumlah kasus positif beberapa hari terakhir.

“Pemakaian meningkat hampir tiga kali lipatnya (di DIY),” kata Pembajun saat sesi konferensi pers secara daring, Jumat (25/6/2021) siang.

Pembajun menambahkan Pemda DIY terus mengupayakan pasokan oksigen cair agar kebutuhan oksigen di RS Rujukan Covid-19 dapat tercukupi. “Nggak usah 100 persen, minimal 80 persen dan yang diharapkan dari teman-teman rumah sakit adalah kontinuitas, seberapa pun nggak masalah. Tapi (pasokan) terus didistribusi,” ungkapnya.

Di sisi lain, Pembajun mengungkapkan bahwa antar rumah sakit pun bisa saling berkoordinasi untuk memenuhi kebutuhan gas yang ada. Misalnya jika ada RS yang stoknya menipis, bisa mendapat alokasi dari RS lain yang belum terlalu membutuhkan gas oksigen.

Baca juga   Kebangeten! Yang Lain Berjuang Lawan Corona, Oknum Ini Malah Ngeprank

“Sehingga kontinuitas pasokan bisa dilakukan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Samator Gas Industri dan Aneka Gas Industri (GAI) Budi Susanto menuturkan bahwa oksigen cair direncanakan akan didatangkan Sabtu (26/06). “Rencana besok pagi kita datangkan,” kata Budi pada kesempatan yang sama.

Sebelum didistribusikan, oksigen yang dibawa oleh kontainer akan tiba di salah satu depo milik PT Samator Gas Industri di Maguwohardjo, Sleman. Selanjutnya, oksigen cair tersebut akan dipindahkan ke truk-truk berukuran kecil dan didistribusikan ke RS Rujukan.

“Kita datangkan dengan truk besar dan nantinya akan diimbangi dengan truk-truk kecil yang sudah standby di sana untuk mengatur pengirimannya,” katanya.

Terkait hal tersebut, diperlukan persiapan tambahan untuk memindahkan oksigen cair dari kontainer ke truk-truk tangki berukuran kecil dengan daya tampung 3.500-4.000 meter kubik.

Budi juga menyatakan bahwa suplai oksigen dari pabrik gas yang berlokasi di Kendal, Jawa Tengah, ke berbagai rumah sakit daerah cukup lancar. Namun diakui kuantitasnya saat ini harus dikurangi agar pasokan bisa merata. Selama ini, selain dari Jakarta, kebutuhan DIY dan Jawa Tengah selalu disuplai dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga   Turun Level 2, Pemulihan Ekonomi Jadi Fokus Pemkot Pekalongan

“Kondisi saat ini memang tidak ada yang tahu. Di Jateng Covid ini sudah merupakan puncak atau masih ada puncak-puncak yang lain, tetapi dalam arti kalau kondisi masih tetap seperti ini Insyaallah dalam minggu ini bisa teratasi. Walaupun kita bagi sedikit-sedikit sehingga tidak ada yang putus suplainya,” ujarnya.

Adapun saat ini PT Samator memiliki kemampuan produksi sekitar 50 ribu meter kubik gas oksigen tiap harinya. Di tengah lonjakan kasus positif, kebutuhan gas oksigen di Jawa Tengah dan DIY turut mengalami peningkatan signifikan mencapai 164 ribu meter kubik ribu tiap harinya. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Covid-19 DIY Hari Ini: Kasus Baru Tambah 398, Sembuh 737, Meninggal 22 Orang
Rakor Penerapan Protkes pada Industri Sektor Esensial yang diikuti secara daring oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X didampingi Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Ini 6 Perusahaan di DIY yang Boleh Beroperasi Penuh Selama Perpanjangan PPKM
Ilustrasi aktivitas PKL dan pertokoan di Malioboro mulai bergeliat, meski masih sepi. Foto diambil hari pertama PPKM Darurat diberlakukan 3 Juli 2021. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

News

Hari Pertama PPKM Darurat Positif Covid-19 DIY Meroket, Tambah 1.358 Kasus
Foto penampakan Gunung Merapi, Senin (9/8/2021) pukul 05.34 pagi tadi. (Foto: BPPTKG)

News

Pagi Ini Gunung Merapi 2 Kali Luncurkan Awan Panas
Sejumlah siswa SMAN 6 Semarang mulai ikuti pembelajaran tatap muka. Pihak sekolah tidak mewajibkan anak didiknya untuk membeli seragam baru. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Respons Imbauan Ganjar, SMAN 6 Semarang Tak Wajibkan Siswanya Beli Seragam
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendampingi Menkomarvest Luhut Binsar Pandjaitan, soft launching Kereta Bandara Yogyakarta International Airport. (Foto: Humas Pemda DIY)

News

Kereta Bandara YIA Beroperasi, Yogya-YIA Hanya 40 Menit
Kepala Dinas Kesehatan Jateng Yulianto Prabowo. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Jateng)

News

Ngebut Vaksinasi, Jateng Ajukan Tambahan 2,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Per Minggu
Logo Pemerintah Kabupaten Sleman. (nyatanya.com)

News

Bupati Sleman: Di Rumah Saja untuk Memutus Rantai Penyebaran Covid-19