Home / News

Minggu, 17 April 2022 - 13:21 WIB

Aman Sampai Habis Lebaran, Persediaan 12 Komoditas Strategis di Jawa Tengah Berlebih

Dirjen Tanaman Pangan Kementan Dr Ir Suwandi MSi usai meninjau langsung persediaan komoditas pangan di Pasar Bandarjo, Ungaran Barat, Minggu (17/4/2022) pagi. Foto: MC Kab.Semarang

Dirjen Tanaman Pangan Kementan Dr Ir Suwandi MSi usai meninjau langsung persediaan komoditas pangan di Pasar Bandarjo, Ungaran Barat, Minggu (17/4/2022) pagi. Foto: MC Kab.Semarang

NYATANYA.COM, Semarang – Dirjen Tanaman Pangan Kementan Dr Ir Suwandi MSi memastikan persediaan 12 komoditas pangan strategis berlebih di Jawa Tengah. Tak hanya sampai lebaran, bahkan mencukupi kebutuhan masyarakat untuk dua pekan berikutnya.

“Kami mengecek ke sentra-sentra produksi malah berlebih. Apalagi beras karena Jawa Tengah adalah lumbung terbesar ke dua setelah Jawa Timur,” katanya usai meninjau langsung persediaan komoditas pangan di Pasar Bandarjo, Ungaran Barat, Minggu (17/4/2022) pagi.

Didampingi Bupati H Ngesti Nugraha, Dirjen berkeliling pasar dan berdialog dengan para pedagang. Harga beberapa komoditas juga menjadi perhatian. Diantaranya telur per kilogram mencapai Rp23 ribu, daging sapi Rp120 ribu-Rp125 ribu, kentang berkisar Rp9 ribu – Rp12 ribu per kilogram dan cabai Rp22 ribu per kilogram. Sedangkan harga minyak goreng curah berkisar di Rp20 ribu per liter dan kemasan Rp24 ribu per liter.

Baca juga   Ganjar Dukung Penuh Patirtan Cabean Kunti Diproyeksikan Jadi Pusat Konservasi Mata Air

Suwandi juga memastikan akan terus memantau perkembangan harga komoditas. “Sampai saat ini harga masih terkendali, wajar. Terpenting persediaannya mencukupi,” ujarnya lagi.

Ikut serta pada peninjauan kali ini Direktur PPHTP Gatut Sumbogodjati, perwakilan Dinas Pertanian Jawa Tengah, Kadispertanikap Kabupaten Semarang Wigati Sunu dan Kepala Diskumperindag Heru Cahyono.

Bupati H Ngesti Nugraha juga menegaskan akan terus memantau persediaan dan harga komoditas strategis terutama di pasar tradisional.

“Jika ada kenaikan harga, Kita berharap masih dalam batas wajar,” tegasnya.

Baca juga   Polres Magelang Gencar Lakukan 'Vaksinasi Merdeka Candi'

Sementara itu Kepala Dispertanikap Wigati Sunu menjelaskan ketersediaan beras sebagai komoditas utama sangat melimpah.

Pada minggu ke dua Bulan April ini, tersedia 3.697 dari kebutuhan sebanyak 1.292 kg. Selain itu komoditas daging sapi dan daging ayam serta telur juga mencukupi.

Persediaan cabai merah keriting dan cabai rawit bahkan melimpah. Bahkan pada bulan ini diperkirakan akan panen cabai Rawit sebanyak 872 ton dari luas panen 143 hektar.

Persediaan cabai keriting juga diperkirakan bertambah 714 ton. Untuk bawang merah diperkirakan akan panen sebanyak 11 ton dari luas panen dua hektar.

(*/Junaedi)

Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/10/2021). (Foto: BPMI)

News

Presiden Jokowi Melantik Dewan Pengarah BRIN
Tim Densus 88 Antiteror berhasil menangkap seorang pria berinisial T alias AR atas dugaan tindak pidana terorisme. (Foto: Divisi Humas Polri)

News

Densus 88 Tangkap Pentolan Teroris Lajnah
KBRI Nur-Sultan di Kazakhstan terus melakukan pemantauan terhadap para warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut, menyusul status darurat yang diberlakukan oleh Presiden Kassym-Jomart Tokayev terkait aksi protes berskala besar di negara itu. (Foto: ANTARA)

News

Status Darurat di Kazakhstan, Dubes RI Jaga Komunikasi dengan WNI
Pekerja mengemas minyak goreng curah di Pasar Subuh, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (5/1/2022). Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan menyediakan 1,2 miliar liter minyak goreng untuk masyarakat dengan harga jual Rp14 ribu per liter di tingkat konsumen di seluruh Indonesia selama enam bulan ke depan. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/wsj)

News

Mendag: Kebijakan DMO dan DPO Tidak Merugikan Petani Kelapa Sawit
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate saat memberikan keterangan pers terkait tata kelola pinjaman online. (Foto:Biro Humas Kementerian Kominfo)

News

Menkominfo: Pemerintah akan Lakukan Moratorium Penerbitan Izin Pinjol
Puan Maharani hingga sekarang tetap berkomitmen berpihak pada buruh. (Foto: Istimewa)

News

Peringati Hari Buruh, Keberpihakan Puan Pada Buruh Tak Pernah Luntur
Menkominfo, Johnny Gerard Plate. (Foto: Amiriyandi/InfoPublik)

News

Menkominfo Minta Industri Hiburan Ngebut Migrasi ke Teknologi Digital
Foto: Dispenad

News

Warga Sipil Dibunuh Lagi! Aparat Keamanan Kejar KST di Papua