Home / Militer

Rabu, 8 September 2021 - 11:30 WIB

Amankan Batas Negara, Satgas Yonif 512/QY Patroli Patok Perbatasan

Prajurit Satgas Yonmek 512/QY tiba di lokasi patok perbatasan RI-PNG.   (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Prajurit Satgas Yonmek 512/QY tiba di lokasi patok perbatasan RI-PNG. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

NYATANYA.COM, Keerom – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan wilayah NKRI, anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan Patroli Patok MM 4.A. Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat di Pos Kotis Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Selasa (7/9/2021).

Dansatgas menjelaskan Patok Batas MM. 4.A merupakan salah satu patok batas berada di wilayah sektor Satgas Yonif Mekanis 512/QY yang menjadi tugas dan tanggung jawab Pos Waris, posisi patok batas tersebut tepatnya berada di Dusun Paytenda Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Baca juga   Kodim 0705/Magelang dan PWI Tingkatkan Sinergi Komunikasi

“Kita ada beberapa patok perbatasan dengan Papua New Guinea/PNG, salah satunya Patok MM. 4.A ini yang masuk di wilayah tanggung jawab Pos Waris,” tegas Dansatgas.

Selain patroli patok batas, anggota Pos Waris juga mengadakan bakti sosial dengan membagikan paket sembako dan  pakaian kepada masyarakat serta buku tulis untuk anak-anak di Kampung Banda Distrik Waris.

Patroli Patok Batas MM 4.A tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Waris Letda Inf Tatok Pujianto, dengan melibatkan 15 anggota dari Pos Waris dan Pos kotis.

Baca juga   Tingkatkan Hasil Panen, TNI Gelar Penyuluhan Pertanian di Perbatasan RI-PNG

“Tujuan dilaksanakannya patroli Patok yaitu untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak, karena karena hal ini menyangkut tentang keutuhan wilayah NKRI,” sambung  Dansatgas.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli patok dibutuhkan kondisi fisik yang prima, karena medan yang dilalui lumayan berat dan bervariasi. Selain itu juga harus mahir mengoperasionalkan GPS untuk bernavigasi menentukan kedudukan patok batas.  (N2)

Share :

Baca Juga

Prajurit Satgas Yonmek 403/WP terima vaksin tahap dua. (Foto: Penerangan Yon 403/WP)

Militer

Satgas Yonmek 403/WP Pos Kiwirok Terima Suntik Vaksin Tahap Dua
Brigadir Jenderal TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,.M.M. menutup kegiatan Serbuan Teritorial TNI Korem 072/Pamungkas. (Foto: nyatanya.com/Penrem 072/Pmk)

Militer

Serbuan Teritorial TNI Resmi di Tutup Danrem 072/Pamungkas
Kegiatan karya bhakti dapat membangun dan memupuk semangat gotong-royong. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Songsong Hari Jadi Batalyon, Satgas Pamtas Yonif 403/WP Sulap Padang Rumput Jadi Sarana Olahraga Masyarakat Perbatasan
Pelaksanaan vaksinasi yang digelar Gerakan Kemanusiaan Republik Indonesia (GKR Indonesia) bersama Korem 072/Pamungkas. (Foto:nyatanya.com/Pendim 0734/yka)

Militer

Dandim Kota Yogya Dampingi Gubenur DIY Sri Sultan HB X Tinjau Vaksinasi GKR Indonesia
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka kegiatan “Serbuan Vaksin Corona” yang digelar Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis Raider 413/Bremoro/6/2/Kostrad. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Sukoharjo)

Militer

Serbuan Vaksin Corona Yonif 413 Kostrad Targetkan 2.000 Orang
Ketua Tim Penilai dari Pusterad menyampaikan sambutan Danpusterad dalam Lomba Binter Tingkat Pusat. (Foto: Zainuri Arifin)

Militer

Kodam Diponegoro Tunjuk Kodim Yogyakarta Ikuti Lomba Binter Tingkat Pusat
Peringati HUT ke-56 Yonif 403/WP bagikan sembako. (Foto : zainuri arifin)

Militer

Puncak Peringatan HUT Ke-56 Yonif 403/WP, Prajurit Bagikan Sembako
Serma Acip babinsa Koramil Gamping bantu mengevakuai warganya untuk dibawa ke rumah sakit. (FOTO: nyatanya.com/istimewa)

Militer

Ada Warga Sakit, Babinsa Koramil Gamping Sigap Evakuasi