Home / Militer

Rabu, 8 September 2021 - 11:30 WIB

Amankan Batas Negara, Satgas Yonif 512/QY Patroli Patok Perbatasan

Prajurit Satgas Yonmek 512/QY tiba di lokasi patok perbatasan RI-PNG.   (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

Prajurit Satgas Yonmek 512/QY tiba di lokasi patok perbatasan RI-PNG. (Foto: Penerangan Yonmek 512/QY)

NYATANYA.COM, Keerom – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menjaga kedaulatan Negara dan keutuhan wilayah NKRI, anggota Pos Waris Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY melaksanakan Patroli Patok MM 4.A. Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Letkol Inf Taufik Hidayat di Pos Kotis Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Selasa (7/9/2021).

Dansatgas menjelaskan Patok Batas MM. 4.A merupakan salah satu patok batas berada di wilayah sektor Satgas Yonif Mekanis 512/QY yang menjadi tugas dan tanggung jawab Pos Waris, posisi patok batas tersebut tepatnya berada di Dusun Paytenda Kampung Pund, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua.

Baca juga   Danrem Pamungkas Hadiri AUOR 2023 Digelar di Lanud ADS

“Kita ada beberapa patok perbatasan dengan Papua New Guinea/PNG, salah satunya Patok MM. 4.A ini yang masuk di wilayah tanggung jawab Pos Waris,” tegas Dansatgas.

Selain patroli patok batas, anggota Pos Waris juga mengadakan bakti sosial dengan membagikan paket sembako dan  pakaian kepada masyarakat serta buku tulis untuk anak-anak di Kampung Banda Distrik Waris.

Patroli Patok Batas MM 4.A tersebut dipimpin langsung oleh Danpos Waris Letda Inf Tatok Pujianto, dengan melibatkan 15 anggota dari Pos Waris dan Pos kotis.

Baca juga   Dua Kapal Penyapu Ranjau Buatan Jerman Tambah Kekuatan Armada TNI AL

“Tujuan dilaksanakannya patroli Patok yaitu untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak, karena karena hal ini menyangkut tentang keutuhan wilayah NKRI,” sambung  Dansatgas.

Dalam pelaksanaan kegiatan patroli patok dibutuhkan kondisi fisik yang prima, karena medan yang dilalui lumayan berat dan bervariasi. Selain itu juga harus mahir mengoperasionalkan GPS untuk bernavigasi menentukan kedudukan patok batas.  (N2)

Share :

Baca Juga

Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK

Militer

Aksi Cepat Tanggap Pos Malagayneri Satgas Satuan Organik Yonif Mekanis 203/AK Beri Pelayanan Kesehatan
Foto: Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti

Militer

Pos Satgas Yonif 126/Kala Cakti Diserbu Anak-anak Perbatasan Papua, Ini yang Dilakukan
Danrem 072/Pmk Ibnu Bintang Setiawan,, S.I.P,. M.M. dalam sambutannya. Foto:nyatanya.com/Dok Penrem 072/Pmk

Militer

Korem 072/Pamungkas Laksanakan Komsos dengan Masyarakat, Jalin Kekompakan dan Kebersamaan
Bakamla RI mengadakan Civil Maritime Intelligence and Targeting Workshop bersama dengan Australian Border Force (ABF). Foto: Humas Bakamla RI

Militer

Bakamla RI Gelar Workshop Intelijen bersama Australia Border Force
Satgas Yonif Mekanis 203/AK memberikan lampu dan solar cell untuk masyarakat di Desa Balingga, Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua. (Foto: Satgas Yonif Mekanis 203/AK)

Militer

Satgas Yonif Mekanis 203/AK Berikan Lampu Gratis untuk Masyarakat Desa Balingga
Warga secara sukarela menyerahkan barang terlarang berupa narkoba jenis ganja kepada Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 403/Wirasada Pratista. (Foto:nyatanya.com/Pen Satgas Yonif 403/WP)

Militer

Warga di Wilayah Perbatasan RI-PNG Serahkan Barang Ilegal Kepada Satgas Pamtas Yonif 403/WP
Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Puji Cahyono S.I.P., M. Si., bersama Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan S.I.K., meninjau secara langsung Gereja dan Pos Pengaman Operasi Lilin 2022 di wilayah DIY, Jumat (23/12/2022). Foto: Penrem072/Pmk

Militer

Danrem 072/Pamungkas dan Kapolda DIY Tinjau Gereja dan Pos Pam Operasi Lilin 2022
Prajurit dan keluarga besar Korem 072/Pamungkas mengikuti sosialisasi P4GN. (Foto: Penerangan Korem Pamungkas)

Militer

Korem 072/Pamungkas Gelar Sosialisasi P4GN