Home / Peristiwa

Selasa, 13 September 2022 - 08:48 WIB

Amankan G20 di Magelang, Polda Jateng Terjunkan 1.700 Personil

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H.., S.St.Mk. Foto: Humas/Tribratanews

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H.., S.St.Mk. Foto: Humas/Tribratanews

NYATANYA.COM, Magelang – Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H.., S.St.Mk., menjamin keamanan dan kenyamanan para peserta dan delegasi negara G20.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat meninjau lokasi pengamanan acara Kirab Budaya G20 Pengamanan bertempat di Pospam Terpadu CMM G20 di Borobudur, Senin (12/9/2022).

“Kita melakukan pengamanan tidak hanya memberikan rasa aman tapi juga nyaman kepada seluruh delegasi yang hadir di wilayah Jawa Tengah,” ujar Kapolda dihadapan media

Pengamanan yang dilakukan melibatkan 1.700 personil yang digelar mulai dari kedatangan para tamu di wilayah Polda DIY, pengamanan dan pengawalan jalur dari DIY ke Magelang, serta pengamanan terbuka dan tertutup hingga ke safe house di wilayah Magelang.

Pengamanan berlapis juga dilakukan di beberapa zona mulai dari hotel tempat menginap, lokasi kegiatan hingga kegiatan rapat. Di masing-masing lokasi terbagi ring pengamanan mulai dari dalam hingga di seputaran lokasi pengamanan.

Baca juga   Polres Magelang Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak di Desa Gumelem Pakis

“Terhadap para delegasi juga dilakukan pengamanan melekat dari LO yang disediakan oleh Polda Jateng mulai dari kedatangan hingga selesainya acara kegiatan serta disediakan anggota yang standby di lokasi pengamanan selama 1×24 jam,” ungkapnya.

Kapolda menjelaskan, kegiatan pengamanan tersebut dilakukan usai gelar pasukan pada hari Minggu (11/9/2022) hingga kepulangan para tamu delegasi di tanggal 14 September besok.

“Kita dirikan berbagai posko di tiap lokasi pengamanan, bahkan di posko gabungan juga melibatkan berbagai instansi tidak hanya Polri,” jelasnya.

Kapolda menegaskan bahwa tingkat pengamanan yang diberikan akan sama baik tamu dari dalam maupun luar negeri dengan memperhatikan SOP pengamanan dan pengawalan VVIP.

Baca juga   Yaqut Center Bagikan 1.000 Paket untuk Pasien Isoman

Meski mengutamakan kenyamanan para tamu delegasi, namun pihaknya akan tetap melakukan penegakan hukum manakala ditemui adanya gangguan kamtibmas maupun tindak pidana yang terjadi yang berpotensi mengancam kelancaran jalannya kegiatan G20 di Jateng.

Terkait dengan ancaman terorisme, dirinya telah menerjunkan tim dari Gegana Brimob untuk melakukan sterilisasi baik di lokasi tempat menginap hingga lokasi kegiatan berlangsung.

“Pengamanan yang kami berikan nyaman jadi tidak hanya tegas tapi mengutamakan kenyamanan para tamu delegasi yang hadir dalam kegiatan G20. Jadi masyarakat senang dengan gelaran G20, dan yang utama para tamu delegasi merasa nyaman dengan pengamanan yang diberikan,” pungkasnya.

Dengan rasa nyaman yang dirasakan para tamu delegasi tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai budaya Indonesia yang hangat dan nyaman.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen melepas kafilah Jawa Tengah untuk mengikuti ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri 2022 di Padang. Foto: Humas Jateng

Peristiwa

Gus Yasin Lepas 14 Kafilah Jateng ke Ajang MTQ Korpri 2022, Ini Pesannya
Kejagung menetapkan empat orang tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pemberian fasilitas impor garam industri pada tahun 2016 sampai dengan 2022. Foto: Dok. Puspenkum

Peristiwa

Kejagung Tetapkan Empat Tersangka Kasus Korupsi Impor Garam Industri
Alumni 1990 SMA Negeri I (SMANSA) Wonogiri, Jawa Tengah mengadakan acara reuni, Rabu (4/5/2022). Foto: Ist

Peristiwa

Vakum 2 Tahun, Alumni 1990 SMAN I Wonogiri Adakan Reuni
Yayasan BUMN untuk Indonesia menyerahkan sejumlah bantuan alat kesehatan (Alkes) senilai Rp600 juta kepada Pemkab Magelang yang diterima langsung Bupati Zaenal Arifin. (Foto: Humas/beritamagelang)

Peristiwa

Pemkab Magelang Terima Bantuan Alkes dari Yayasan BUMN untuk Indonesia
Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi di Surakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

Peristiwa

Minat Warga Tinggi, Vaksin di Jateng Akan Ditambah
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Ditetapkan Jadi Tersangka, Polisi Minta Bos Travel Makassar Serahkan Diri, Fotonya Terpampang di Billboard Besar
Ilustrasi: nyatanya.com

Peristiwa

Mahasiswa UTY Dibakar Hidup-hidup Temannya, Tiga Pelaku Masih Diburu Polisi
Siswa-siswi SD Bina Anak Sholeh (Bias) melalui Program Kegiatan Lapangan (PKL) belajar tentang penyiaran stasiun televisi di komplek Temanggung TV, Maron, Sidorejo, Kecamatan Temanggung, Rabu (16/3/2022). (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Kunjungi LPPL Temanggung, Siswa SD Bina Anak Sholeh Belajar Teknis Siaran TV