Home / News

Rabu, 30 Juni 2021 - 21:53 WIB

Anak-anak di Sektor Formal Jadi Prioritas Vaksinasi

Ilustrasi: nyatanya.com

Ilustrasi: nyatanya.com

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak dan ibu hamil baru dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI, Rabu (30/6/2021) hari ini, sebagaimana diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 bersama Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, dan para kepala daerah secara daring, Rabu (30/6/2021) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, usai mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 mengatakan bahwa teknis pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak sudah teragenda. “Meski demikian, vaksin yang akan dipergunakan masih proses didatangkan. Kami juga sudah koordinasi dengan Kepala Disdikpora DIY,” ujar Pembajun.

Baca juga   Tingkat Kepatuhan Masyarakat Masih Rendah, Penyekatan Bakal Diperketat

Menurutnya, kendala terbesar pemberian vaksin anak-anak adalah mereka yang berada di sektor non-formal. “Kalau yang usia 12-17 tahun dan ada di pendidikan formal, itu lebih mudah karena kita selalu memakai bulan imunisasi. Yang menjadi masalah adalah yang tidak berada di pendidikan formal.

Dijelaskan Pembajun, untuk akselerasi vaksin anak-anak akan diprioritaskan bagi anak-anak dari sektor formal terlebih dulu. “Kita cobakan dengan yang formal dulu nanti, mana faktor risiko yang lebih besar dulu lalu kita tindaklanjuti,” urainya.

Baca juga   Positif Covid-19 yang Sembuh di DIY Hari Ini Tambah 1.126 Orang

Ia berharap, adanya sinergi dari OPD seperti Dinas Sosial akan membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak dari sektor non-formal. “Misalnya Dinas Sosial (DIY) bisa mengumpulkan anak-anak itu, misal yang dari panti, atau dari jalan, yang mungkin lebih sulit,” tukas Pembajun. (*)

Share :

Baca Juga

(Ilustrasi:nyatanya.com)

News

Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Bertambah 1.808 Orang
Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mencoba menempelkan kartu ATM beras yang berisi saldo tiga kilogram dan lima kilogram beras di Rice Truck. (Foto: Diskominfo Salatiga)

News

“Rice Truck” Salurkan 1 Ton Beras di Salatiga
(Ilustrasi: nyatanya.com)

News

Okupansi Tempat Tidur RS Pasien Covid-19 Terus Menurun
Akses menuju Jalan Margo Utomo Yogyakarta kembali ditutup selama PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. (Foto: agoes jumianto)

News

Ini Kabupaten/Kota di Jawa-Bali yang Masuk PPKM Level 4 dan 3 Terbaru
Visual Gunung Merapi saat awan panas guguran pukul 04.36 WIB pagi tadi. (Foto:nyatanya.com/BPPTKG)

News

Gunung Merapi 2 Kali Semburkan Awan Panas Guguran Pagi tadi
Warga Wadas, Bener, Purworejo pendukung proyek nasional Bendungan Bener gelar aksi bentuk perlawanan atas tindakan teror yang diterimanya. (Foto: dokumentasi LBH Nyi Ageng Serang)

News

Nyatakan Sikap Melawan Segala Tindak Intimidasi dan Teror, Warga Wadas Gelar Aksi Solidaritas
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke RSUD Wonogiri. (Foto:nyatanya.com/Humas Jateng)

News

Kunker ke Wonogiri, Ganjar Pranowo Diwaduli Beban Pasien Luar Provinsi
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Tertinggi dalam Sepekan, Positif Covid-19 di DIY Tambah 1.809 Kasus