Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 14:09 WIB

Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya Sosialisasikan 4 Pilar di Bokoharjo Prambanan

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman.  (Foto: Istimewa)

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya, Selasa (23/11/2021) mensosialiasakan Empat Pilar Majelis Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) di Balai Desa Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman.

Acara yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama serta unsur organisasai kemasyarakatan tersebut memiliki tujuan agar masyarakat memhami sekaligus dapat mengimplementasikan Empat Pilar dalam kehiduapan sehari-hari.

Dijelaskan oleh politisi muda Partai Gerinda ini, bahwa Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, dibahas dan dipaparkan pemahamannya oleh Andika Pandu Puragabaya secara jelas.

Baca juga   Berlagak Minta Sumbangan, Pencuri HP dan Laptop Asal Indramayu Dicokok Polisi Sleman

Dalam sambutan awal, politisi yang juga putera mantan Panglima TNI Almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santosa menyampaikan, jika dirinya mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar ini,dimana sosialisasi empat pilar Kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat essential dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Generasi muda merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial. Oleh karena itu  hal ini harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter dan saya berharap hendaknya para generasi muda dapat memanfaatkan Media Sosial (medsos) dengan baik.  Generasi muda diharapkan tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX, apalagi ujaran kebencian dan perilaku-perilaku yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,” kata Andika Pandu Puragabaya, anggota DPR wakil dari Dapil DIY.

Baca juga   Banjir yang Rusak 10 Rumah Warga Pekalongan Berangsur Surut

Dirinya juga mengatakan, bahwa acara ini bertujuan agar masyarakat terkhusus generasi muda lebih memahami nilai-nilai jati diri bangsa yang terangkum dalam Empat Pilar MPR RI.

“MPR RI sangat menaruh harapan yang besar terhadap para peserta agar memahami secara utuh nilai-nilai Empat Pilar yang disosialisaikan, sehingga akan terwujud masyarakat yang sadar konstitusi,” harapnya.

Dijelaskannya pula, jika memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu. Generasi muda merupakan salah satu kunci penggerak informasi, sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental generasi muda.  (N2)

Share :

Baca Juga

Menkominfo Johnny G. Plate. (Foto: Humas Kominfo)

Peristiwa

Kominfo Umumkan Mitra 9 Area Paket KSO di Wilayah 3T
Paguyuban Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pusat Batang Berkarya (PUBER) membuka lapak peduli yang nantinya 50% dari keuntungan penjualan produk, akan disumbangkan untuk membantu korban letusan Gunung Semeru. (Foto: MC Batang/Heri/Jumadi)

Peristiwa

Bantu Korban Semeru, UMKM Batang Buka Lapak Peduli
Polisi olah TKP mayat terbakar tanpa kepala di Pantai Marina Semarang. Foto: Humas Polda Jateng/Tribratanews

Peristiwa

Polisi Pastikan Mayat Terbakar Tanpa Kepala PNS Semarang Saksi Korupsi

Peristiwa

Seorang Pria Ditemukan Meninggal di Kamar Mandi Masjid Al Karomah Surabaya
Wagub Jatim Emil Dardak saat meninjau Posko Pengungsian di Kantor Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). (Foto: MC Diskominfo Prov Jatim)

Peristiwa

Wagub Jatim Pastikan Ketersediaan Logistik dan Posko Pengungsi Terpenuhi
Pembangunan jalur ganda Solo-Semarang Fase 1 Kota Surakarta adalah untuk mengakomodasi dan mengantisipasi pergerakan lalu lintas penumpang. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Lokasi Pembangunan Jalur Ganda KA Solo-Semarang Fase 1 Ditetapkan
Basilius Agung Daru Wibowo menunjukkan Surat Tanda Terima Laporan Polisi tertanggal 10 Juni 2019. (Foto: Agoes Jumianto)

Peristiwa

Laporan Penganiayaan Diabaikan Polisi, Basilius Agung Akan Surati Presiden dan Kapolri
Polisi melakukan olah TKP kecelakaan di Kalibawang, Rabu (6/4/2022). Foto: Dok. Polres Kulon Progo

Peristiwa

Kecelakaan Motor Juga Terjadi di Kalibawang, Satu Orang Meninggal Dunia