Home / Peristiwa

Selasa, 23 November 2021 - 14:09 WIB

Anggota DPR RI Andika Pandu Puragabaya Sosialisasikan 4 Pilar di Bokoharjo Prambanan

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman.  (Foto: Istimewa)

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Dapil DIY mensosialisasikan 4 Pilar kepada elemen masyarakat di Bokoharjo, Prambanan, Sleman. (Foto: Istimewa)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dari Fraksi Gerindra, Andika Pandu Puragabaya, Selasa (23/11/2021) mensosialiasakan Empat Pilar Majelis Permusyawarahan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) di Balai Desa Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman.

Acara yang dihadiri sejumlah tokoh masyarakat, pemuda, tokoh agama serta unsur organisasai kemasyarakatan tersebut memiliki tujuan agar masyarakat memhami sekaligus dapat mengimplementasikan Empat Pilar dalam kehiduapan sehari-hari.

Dijelaskan oleh politisi muda Partai Gerinda ini, bahwa Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila Sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara, dibahas dan dipaparkan pemahamannya oleh Andika Pandu Puragabaya secara jelas.

Baca juga   Guru dan Tenaga Kependidikan Wonosobo Terima Vaksinasi Tahap 2

Dalam sambutan awal, politisi yang juga putera mantan Panglima TNI Almarhum Jenderal TNI (Purn) Djoko Santosa menyampaikan, jika dirinya mengapresiasi terselenggaranya acara sosialisasi empat pilar ini,dimana sosialisasi empat pilar Kebangsaan merupakan sesuatu yang sangat essential dalam rangka memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Generasi muda merupakan elemen penting di dalam menumbuh suburkan semangat tersebut.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah termasuk melalui media sosial. Oleh karena itu  hal ini harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter dan saya berharap hendaknya para generasi muda dapat memanfaatkan Media Sosial (medsos) dengan baik.  Generasi muda diharapkan tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita HOAX, apalagi ujaran kebencian dan perilaku-perilaku yang mengarahkan kepada budaya intoleransi,” kata Andika Pandu Puragabaya, anggota DPR wakil dari Dapil DIY.

Baca juga   8 Kalurahan di Sleman Deklarasikan Desa Bersih Narkoba

Dirinya juga mengatakan, bahwa acara ini bertujuan agar masyarakat terkhusus generasi muda lebih memahami nilai-nilai jati diri bangsa yang terangkum dalam Empat Pilar MPR RI.

“MPR RI sangat menaruh harapan yang besar terhadap para peserta agar memahami secara utuh nilai-nilai Empat Pilar yang disosialisaikan, sehingga akan terwujud masyarakat yang sadar konstitusi,” harapnya.

Dijelaskannya pula, jika memahami Pancasila tidak hanya sekedar sila-silanya saja, tapi juga sejarahnya yang diamanahkan oleh pendiri bangsa terdahulu. Generasi muda merupakan salah satu kunci penggerak informasi, sehingga dalam penyampaian empat pilar kebangsaan harus mampu dibangun secara struktural untuk membangun sikap dan mental generasi muda.  (N2)

Share :

Baca Juga

Ribuan botol miras jenis Arak Bali disita petugas. Foto: Polsek Rastim/Tribratanews

Peristiwa

Polsek Rastim Sita Ribuan Botol Miras Jenis Arak Bali
Kapolres Magelang AKBP Ronald A Purba menyerahkan bantuan PPKM Darurat pada para wartawan. (Foto:nyatanya.com/Humas Magelang)

Peristiwa

Polres Magelang Serahkan Bantuan PPKM Darurat untuk Wartawan
Bupati Sukoharjo, Etik Suryani mengunjungi pasar pagi Ir Soekarno, memantau pelaksanaan protokol kesehatan. (Foto: Humas Sukoharjo)

Peristiwa

Pasar Ir Soekarno Jadi Percontohan Prokes, Pasar Lain Menyusul
Selvi Ananda Gibran dan Atikoh Ganjar Pranowo melihat salah satu produk yang dipamerkan di UKM Virtual Ekspo yang digelar di Bank Jateng Cabang Surakarta. (Foto:Diskominfo Jateng)

Peristiwa

Atikoh Ganjar Pranowo: Perajin Harus Peka Selera Pasar
Pengurus Ormas PEKAT IB membuat laporan ke Polda DIY. (Foto: istimewa)

Peristiwa

Gelar Demo Kibarkan Bendera Bintang Kejora, PEKAT IB Buat Laporan ke Polda DIY
Hukuman fisik seperti push-up diberikan agar muncul efek jera. (Foto:nyatanya.com/Diskominfo Klaten)

Peristiwa

Tertangkap Basah Tengah Malam Tak Bermasker, 2 Pemuda Dihukum Push Up
Tak cuma obat dan vitamin gratis, Pemkot Pekalongan juga membagikan oksigen dan cairan infus bagi warga isoman. (Foto: Diskominfo Kota Pekalongan)

Peristiwa

Dari Paket Obat, Oksigen dan Infus Gratis Dibagikan kepada Warga Isoman
Baznas terus menggencarkan program 'Kita Jaga Kyai' dengan melakukan vaksinasi bagi kyai dan santri. (Foto: Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Baznas Gelar Vaksinasi Bagi Kyai dan Santri