Home / News

Minggu, 4 Juni 2023 - 17:05 WIB

Anggota PWI dan IKWI Yogya Ikuti Sosialisasi 4 Pilar

Usai memberi materi Sosialisasi MPR RI, Pak Idham melantunkan lagu berbahasa Jawa, dilanjutkan pula foto bersama dengan sebagian panitia.  (Foto: zainuri arifin)

Usai memberi materi Sosialisasi MPR RI, Pak Idham melantunkan lagu berbahasa Jawa, dilanjutkan pula foto bersama dengan sebagian panitia. (Foto: zainuri arifin)

NYATANYA.COM, Yogyakarta – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY menggelar Diskusi Pancasila di Aula Gedung PWI DIY Jalan Gambiran, Yogya, Sabtu (3/6) lalu. Diskusi Pancasila dengan tema,Sosialisasi MPR RI (Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI) tersebut sebagai pemberi materinya, Drs HM Idham Samawi (anggota DPR/MPR RI).

Ratusan anggota PWI maupun Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) DIY antusias mengikuti pemaparan materi Diskusi Pancasila tersebut dari awal sampai akhir. Pak Idham (sapaan akrab HM Idham Samawi) sering juga memberi contoh implementasi/pengamalan sila-sila dalam Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Menurutnya, dalam era digital yang terus berkembang seperti sekarang, sudah selayaknya pula wartawan dituntut untuk dapat memberikan karya yang bernafaskan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

“Pada era digital seperti saat ini, tak ada lagi batasan ruang dan waktu, maka insan pers harus bisa membuat konten-konten yang mengimplementasi Pancasila,” harapnya.

Sebagai contoh, ketika membuat liputan maupun ikut kegiatan gotong royong bisa juga membuat videonya. Lalu dalam video diberi keterangan, kegiatan gotong-royong bagian dari mengimplementasikan sila ketiga maupun kelima Pancasila.

Baca juga   Outlet Penukaran Uang Kas Keliling Dibuka di Alun-Alun Sewandanan Pakualaman, Ini Jadwalnya

Ditegaskan pula oleh Pak Idham dengan ideologi Pancasila, Indonesia yang mempunyai banyak suku, bahasa, budaya, ribuan pulau dan beberapa agama bisa tetap bersatu. Dahulu pernah dijajah oleh beberapa negara, karena belum bersatu.

Usai memberikan materi, Pak Idham dengan diiringi organ tunggal Pak Cipto asal Gedongkiwo, Yogya melantunkan lagu berbahasa Jawa yang pernah dipopulerkan Didi Kempot berjudul, Tanjung Mas Ninggal Janji.

Sejumlah pengurus/anggota PWI dan IKWI DIY ikut juga bernyanyi di depan, termasuk juga Ketua IKWI DIY yang juga mantan Bupati Bantul, Hj Sri Surya Widati (Bu Idham).

“Ketika saya masih menjadi Bupati Bantul pernah melantunkan lagu Tanjung Mas Ninggal Janji bersama Didi Kempot dan dibolehkan sejumlah liriknya diganti,” ungkap Pak Idham.

Wajar setiap ia melantunkan lagu tersebut, lirik Neng Pelabuhan Tanjung Mas diganti Neng Pelabuhan Bantul dan Neng Pelabuhan Semarang diganti Neng Pelabuhan Parangtritis.

Baca juga   Diskominfo Keluarkan Jadwal Migrasi TV Biasa ke Digital

Sementara itu Ketua PWI DIY, Drs H Hudono SH menjelaskan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan profesi wartawan dapat turut mengamalkan nilai-nilai dan ideologi bangsa dalam setiap pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

“Para wartawan dapat mengimplementasikan nilai-nilai dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” paparnya.

Ditegaskan pula oleh Hudono, pers Indonesia memiliki jati diri, yaitu Pers Pancasila dan menjadi pembeda dengan pers negara-negara lain. PWI DIY pun terus berupaya menggaungkan Pers Pancasila.

“Materi Sosialisasi MPR ini menjadi nyambung dengan komitmen PWI DIY untuk terus menggaungkan Pers Pancasila,” tandasnya.

Tampak hadir pula dalam kesempatan tersebut, Dewan Penasihat PWI DIY, Prof Sudjito Atmoredjo, pengurus PWI dan IKWI DIY. Sebagai pemandu acara, Dra Esti Susilarti MPd MPar (Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI DIY).  (N2)

Share :

Baca Juga

Mahfud Md. Foto: Ist/InfoPublik.id

News

Mahfud Md Pastikan Tak Terapkan Operasi Khusus di Papua
Pemindahan narapidana berisiko tinggi ini juga dalam rangka mengurangi over kapasitas pada Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan. (Foto: Kemenkumham Kalteng)

News

Kemenkumham Pindahkan Narapidana “Maximum Security” ke Nusakambangan
Ganjar sengaja mengangkat kisah mantan teroris yang kini telah banting setir menjadi pedagang soto untuk menjadi inspirasi pada napi yang peroleh remisi. (Foto:Humas Jateng)

News

Ganjar Ungkit Cerita Lama Jack Harun, Ada Apa?
Menpora Zainudin Amali usai diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, pada Selasa (1/11/2022) pagi. Foto: Muchlis Jr/BPMI Setpres Foto: BPMI Setpres

News

KLB PSSI Siap Digelar, Menpora: Pemerintah Tak Akan Ikut Campur, Apalagi Intervensi
Ilustrasi, pkerja melakukan bongkar muat Vaksin Covid-19 Moderna setibanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (30/10/2021). Indonesia menerima vaksin Moderna sebanyak 819.600 dosis vaksin jadi dan siap pakai. (Foto: Infopublik/Amiriyandi)

News

Indonesia Tambah Pasokan 2 Juta Dosis Vaksin Pfizer
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, meminta kecamatan yang warganya masih membandel soal protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi agar di-lockdown. (Foto: Humas Jateng)

News

Jika Warga Masih Bandel Prokes dan Enggan Vaksinasi, Gus Yasin: “Lockdown” Saja!
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Rekor, Indonesia Capai Kesembuhan Covid-19 Harian Tertinggi sejak Pandemi
Direktur Eksekutive LKPI Kristin Ervina, Kamis,(3/2/2022), menjelaskan hasil survei yang dilakukan, dimana preferensi publik jika Pilpres digelar hari ini, nama Airlangga Hartarto menjadi kandidat terkuat presiden Indonesia. (Foto: Dokumentasi/Istimewa)

News

Survei LKPI, Jika Pilpres Digelar Hari Ini, Airlangga Hartarto Kandidat Terkuat Presiden RI