Home / News

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 23:14 WIB

Angin Kencang Porak Porandakan 10 Rumah Warga di Sumbawa

Angin kencang menerjang Desa Supukur di Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (15/10/2021) Pukul 17.00 WITA. (Foto: BNPB)

Angin kencang menerjang Desa Supukur di Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (15/10/2021) Pukul 17.00 WITA. (Foto: BNPB)

NYATANYA.COM, Sumbawa – Angin kencang menerjang Desa Supukur di Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (15/10/2021) Pukul 17.00 WITA. Fenomena alam ini terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi disertai angin yang mengakibatkan sejumlah pemukiman warga mengalami rusak.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa menginformasikan terdapat 10 rumah terdampak dengan kategori rusak sedang.

“Keadaan ini terlihat dari bagian atap rumah warga yang terlepas saat angin kencang menerjang. Fenomena ini juga mengakibatkan warga yang terdampak mengungsi ke rumah kerabat terdekat,” kata dia dalam keterangan yang diterima InfoPublik, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga   Antisipasi Dampak La Nina, BNPB Tekankan Aspek Mitigasi dan Kesiapsiagaan Daerah

Merespons kejadian ini, BPBD Kabupaten Sumbawa telah melakukan pendataan, monitoring, dan melakukan koordinasi lintas instansi untuk melakukan penanganan darurat. Lokasi kejadian yang merupakan pegunungan, menjadi salah satu kendala dalam pendistribusian logistik saat ini.

Sementara itu, tim gabungan dan masyarakat setempat bergotong royong untuk melakukan pemotongan atau pembersihan pohon-pohon tumbang yang menghalangi ruas jalan.

Baca juga   Pasca Banjir Bandang di Cilacap, Warga Mulai Bersihkan Lumpur dan Sampah

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan wilayah Sumbawa memiliki potensi terjadinya hujan yang dapat disertai angin kencang hingga Minggu (17/10/2021).

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca peralihan musim yang memicu terjadinya bahaya hidrometeorologi.

Masyarakat juga dapat memantau informasi prakiraaan cuaca melalui info BMKG serta memeriksa potensi bencana disekitar wilayah melalui InaRisk. (*)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Kepala BPPTKG Hanik Humaida di PGM Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. (Foto:humas/beritamagelang)

News

BPPTKG Imbau Warga Tidak Beraktivitas di Alur Sungai Merapi
Selain meresmikan Kampung KB Kricak Kidul, Wawali Kota Yogyakarta membagikan paet sembako kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Wawali Kota Yogya Resmikan Kampung KB Kricak Kidul Sembari Bagikan Sembako
Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. (Foto:vanessaangelofficial)

News

Breaking News! Vanessa Angel dan Suami Tewas Kecelakaan di Tol Nganjuk
Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta. (Foto:today.line.me)

News

Tingkatkan Faktor Keselamatan Penerbangan, Bandara Halim Perdanakusuma akan Direvitalisasi
Ketua Tim Gugus Pertembakauan Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto mengatakan, dari pantauan hingga Oktober 2021 ini, di gudang-gudang, proses pembelian masih berlangsung, seperti di PT Gudang Garam. (Foto:MC.TMG)

News

Pemkab Temanggung Ngoyak-oyak Pabrikan Habiskan Tembakau Petani
(nyatanya.com/@unpad)

News

Ketua Uji Klinis Vaksin Sinovac Bio Farma Dr Novilia Sjafri Meninggal Dunia
(Foto: Kemenkes)

News

Hingga Oktober 2021, Sudah 235.598.924 Dosis Vaksin Covid-19 Terdistribusi
Tim gabungan melakukan upaya pencarian dan pertolongan korban banjir bandang di sepanjang aliran sungai di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat (5/11). (Foto: BPBD Kota Batu)

News

Update! Korban Meninggal Dunia Banjir Bandang Kota Batu Bertambah Menjadi 5 Orang