Home / Peristiwa

Rabu, 8 Desember 2021 - 11:23 WIB

Angkasa Pura II Terjunkan Tim Bantu Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

PT Angkasa Pura/AP II (Persero) mengirim tim relawan tanggap darurat yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tanggerang, dan Bandara Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi guna membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. (Foto: Angkasa Pura II)

PT Angkasa Pura/AP II (Persero) mengirim tim relawan tanggap darurat yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tanggerang, dan Bandara Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi guna membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. (Foto: Angkasa Pura II)

NYATANYA.COM, Lumajang – PT Angkasa Pura/AP II (Persero) mengirim tim relawan tanggap darurat yang diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) di Tanggerang, dan Bandara Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi guna membantu warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur.

Tim terdiri dari 13 orang yang berangkat dari Bandara Soetta, dan 8 orang dari Bandara Banyuwangi, dimana mereka adalah bagian dari Tim Gunung Rimba Laut (GuRiLa) yang dibentuk oleh karyawan AP II untuk siap membantu kondisi tanggap darurat bencana di mana pun.

Adapun tim yang diberangkatkan adalah karyawan yang bertugas sebagai dokter, Airport Rescue & Fire Fighting (ARRF), serta Airport Security.

Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin, mengatakan tim GuRiLa dari Bandara Soetta dan Bandara Banyuwangi berangkat pada Minggu 5 Desember 2021 menuju Lumajang.

“AP II menyampaikan duka cita atas musibah dari erupsi Gunung Semeru, semoga warga diberi kekuatan dan kesabaran. BUMN bergerak cepat, termasuk AP II, untuk berupaya memberikan bantuan kepada warga terdampak erupsi Gunung Merapi. Ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, agar BUMN bergerak dan dipastikan hadir untuk membantu warga. Setelah kami mendengar kabar erupsi Gunung Semeru, persiapan segera dilakukan dan tim berangkat menuju Lumajang pada malam harinya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diperoleh, Rabu (8/12/2021).

Baca juga   Polisi Geledah Gudang Tempat Bekerja Terduga Teroris di Surabaya

Kehadiran tim GuRiLa AP II, menurut Awaluddin untuk memberikan bantuan evakuasi, medis, serta menyalurkan bantuan yang diperlukan sesuai pemetaan kebutuhan di lapangan, di mana ini juga sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

SM of Planning and distribution Community Development Center AP II, Agust Lubisk mengatakan, tim di lapangan telah berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait guna memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Setibanya di Lumajang, kami berkolaborasi dengan BUMN lain, TNI dan Polri, serta Kementerian Sosial guna memastikan bantuan yang diberikan dapat optimal. Adapun bantuan yang kami salurkan antara lain peralatan tanggap darurat, obat-obatan dan vitamin, peralatan memasak, makanan dan minuman, pakaian masker dan berbagai perlengkapan lainnya, dengan total nilai bantuan awal sebesar Rp50 juta,” jelas Agus Lubisk.

Baca juga   Tim SAR Gabungan Sisir Korban di Jalur Lahar Gunung Semeru

Di samping itu, penyaluran bantuan nantinya akan kembali dilakukan sesuai dengan hasil pemetaan kebutuhan di lapangan. Lebih lanjut, Agust Lubisk menuturkan, tim GuRiLa AP II bersama tim BUMN Peduli telah melakukan kegiatan trauma healing bagi anak-anak di lokasi bencana tepatnya di Posko Kecamatan Candipuro.

Selain itu, tim GuRiLa AP II juga terlibat dalam operasional dapur umum guna menyiapkan makanan bagi pengungsi dan relawan, serta melakukan evakuasi serta memberikan bantuan medis.

(*/N1)

Sumber: InfoPublik.id

Share :

Baca Juga

Dengan penangkapan 22 kapal tersebut, total KKP telah menangkap 51 kapal ikan yang terdiri dari 5 kapal ikan asing yaitu 4 kapal berbendera Malaysia dan 1 kapal berbendera Filipina. KKP juga mengamankan 46 kapal ikan Indonesia yang melanggar ketentuan. (Foto:KKP)

Peristiwa

KKP Amankan 22 Kapal Ikan Ilegal Saat gelar Operasi Pengawasan di Enam WPP
Polres Temanggung menggencarkan akselerasi vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan yang dilakukan pada malam hari. (Foto:MC.TMG)

Peristiwa

Polres Temanggung Gencarkan Vaksinasi di Malam Hari
Konferensi pers penangkapan kelompok geng motor di Yogyakarta. Foto: polresjogja

Peristiwa

Saling Tatap Main Bacok, Tiga Anggota Geng Motor Ditangkap Polisi, Salah Satunya Terpaksa Didor!
Petugas gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi Kota juga melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mendapatkan konstruksi kejadian secara lengkap. Foto: Ist/Antara

Peristiwa

Kecelakaan Maut di Cibubur Akibatkan 11 Orang Meninggal, Polisi Tutup Jalur Arah Cileungsi
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming menyerahkan bantuan konsentrator oksigen kepada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Sukoharjo. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Soloraya Harus Kompak Lawan Pandemi, Gibran Serahkan Bantuan Konsentrator Oksigen

Peristiwa

Mulai Hari ini, Keraton Yogyakarta Tutup Hingga 2 Juli 2021
Delapan individu Orang Utan Kalimantan (Pongo Pygmaeus) dilepasliarkan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Provinsi Kalimantan Tengah. (Foto: Biro Humas KLHK)

Peristiwa

Delapan Ekor Orang Utan Dilepasliarkan di TNBB Bukit Raya Kalteng
Pasar Klithikan Pakuncen Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogyakarta)

Peristiwa

Pasar Ditutup Selama PPKM Darurat, Pedagang Diberi Keringanan Bayar Restribusi