Home / Peristiwa

Kamis, 9 Desember 2021 - 11:19 WIB

Angkat UMKM Kriya, Dekranasda Jateng Luncurkan “Drakor” dan Perkuat Kolaborasi

Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jateng di Grhadhika Bhakti Praja, Rabu (8/12/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

Rapat Koordinasi Daerah Dekranasda Jateng di Grhadhika Bhakti Praja, Rabu (8/12/2021). (Foto: Diskominfo Jateng)

NYATANYA.COM, Semarang – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Tengah menyusun strategi untuk membangkitkan UMKM pada 2022. Menggencarkan promosi digital dan berkolaborasi dengan pemerintah dengan penguatan sumberdaya manusia, menjadi salah satu rencana.

Ketua Dekranasda Jawa Tengah Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, ada tujuh strategi kolaborasi yang akan dilakukan di tahun depan. Jika penyebaran wabah Covid-19 semakin mereda, upaya pameran online pun akan ditempuh untuk memperkenalkan kerajinan asal Jateng.

Ia mengatakan, strategi yang akan ditempuh di antaranya, meningkatkan kemampuan SDM, dan promosi lewat youtube. Adapula, pameran offline yang rencana diikuti, seperti Pameran Ina Craft, Jateng Fair, dan UKM Roadshow ke Makasar. Selain itu, pameran juga dilakukan pada galeri UKM dan Dekranasda di Bandara Ahmad Yani maupun Yogyakarta International Airport.

Baca juga   Mengulik Serunya Permainan Tradisional di Kampoeng Dolanan Borobudur

“Adapula acara Dekranasda Review and Auction (Drakor) nanti hari Jumat akan tayang perdana, melalui Instagram saya dan Diskop UKM Jateng,” ujarnya, saat memimpin Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Dekranasda Jateng, yang dihadiri Dekranasda Kabupaten/ Kota, di Grhadhika Bhakti Praja, Rabu (8/12/2021).

Atikoh menyebut, kolaborasi akan menggandeng beberapa pihak seperti Bank Indonesia, Bank Jateng, dan Indonesian Fashion Chamber (IFC), dan lainnya. Adapula kerja sama yang dilakukan dengan Dinkop UKM Jawa Tengah, Disperindag Jawa Tengah, Diskominfo Jawa Tengah, dan Disporapar Jawa Tengah.

Selain itu, kebijakan dari Pemprov Jateng juga diharapkan mengatrol penjualan penjualan produk UMKM kriya. Di antaranya, izin usaha melalui Online Single Submission, adapula kebijakan yang mewajibkan pengadaan barang dan jasa pemerintah menggunakan produk UMKM sebesar 40 persen.

Baca juga   Sosialisasi 4 Pilar, Mas Pandu Paparan Paham yang Bertentangan dengan Ideologi Negara

“Di Jawa Tengah hal itu ditempuh melalui Blangkon Jateng. Ini ditempuh Pemprov Jateng dengan menerbitkan Instruksi Gubernur Nomor 4 Tahun 2021. Ini mendorong pemda melibatkan pengusaha mikro kecil dalam pengadaan barang dan jasa,” sebut Atikoh.

Di samping itu, pelatihan terhadap UMKM fesyen pun digenjot, karena potensinya cukup kuat di Jawa Tengah. Seperti, melatih perajin mendesain kain menjadi pakaian siap pakai. Dengan pembuatan pakaian ready to wear, diharapkan bisa mengangkat harga produk perajin.

“Saya juga ingin Jawa Tengah menjadi salah satu ikon fesyen di Indonesia, karena, kita cukup lengkap miliki ragam batik dan tenun,” pungkas Atikoh.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Olimpiade Pancasila yang terwujud dengan Lomba Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila tingkat SMA/SMK/ MA se-Kabupaten Bantul bertempat di aula Bank Bantul, Kamis (2/12/2021). (Foto: Humas Bantul)

Peristiwa

Olimpiade Pancasila, Bentuk Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila
Gedung Rektorat ITS. Kampus ini membuka lowongan untuk 75 dosen yang tersebar di 7 fakultas dengan 35 departemen. (Foto: Istimewa/selalu.id)

Peristiwa

ITS Buka Lowongan 75 Dosen Tetap, Tertarik Lur?
Baznas Boyolali menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. (Foto:Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Peristiwa

Baznas Boyolali Salurkan Bantuan Rp250 Juta
Asisten I Sekda Kabupaten Jepara Dwi Riyanto pada safari kebangsaan, sekaligus meninjau vaksinasi di SMK Negeri 2 Jepara, Kamis (16/12/2021). (Foto: Diskominfo Jepara)

Peristiwa

Sadar Prokes dan Mau Divaksin, Wujud Cinta Tanah Air
Rangkaian Ujian Disertasi Terbuka (Promosi Doktor) Ustadz Ikhwan. (Foto:istimewa)

Peristiwa

Pak AR Sebagai Sosok ‘Servant Leader’
Dua tersangka (membelakangi kamera) penimbun solar dibekuk petugas. Foto: Humas Polres Dharmasraya/Tribratanews

Peristiwa

Timbun BBM Bersubsidi, Warga Dharmasraya Diamankan Polisi, Acaman Hukuman 6 Tahun Menanti
Empat padi varietas unggulan baru sukses dipetik di lahan seluas empat hektar di Desa Payaman, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Keempat padi tersebut, yakni padi Siliwangi, Inpari 32 HDB , Inpari 46 GSR dan Pajajaran. (Foto: humas/beritamagelang)

Peristiwa

Petani Padi Payaman Panen Empat Varietas Unggulan Baru
Sejumlah pelaku UKM di Kabupaten Temanggung mengikuti pendaftaran menjadi mitra GrabFood/GrabMart. (Foto: Diskominfo Temanggung)

Peristiwa

Dinkopdag Temanggung Fasilitasi UKM Jadi Mitra Grab