Home / Peristiwa

Senin, 22 Agustus 2022 - 21:02 WIB

Animo Tinggi, Trans Jateng Kini Layani Masyarakat Hingga Weleri-Kendal

Layanan Trans Jateng koridor Semarang-Kendal yang sebelumnya sampai Terminal Bahurekso, kini diperpanjang hingga Weleri. Foto: Diskominfo Jateng

Layanan Trans Jateng koridor Semarang-Kendal yang sebelumnya sampai Terminal Bahurekso, kini diperpanjang hingga Weleri. Foto: Diskominfo Jateng

NYATANYA.COM, Kendal – Layanan Trans Jateng koridor Semarang-Kendal yang sebelumnya sampai Terminal Bahurekso, kini diperpanjang hingga Weleri. Tingginya animo masyarakat, menjadi dasar perpanjangan rute bus, yang diluncurkan saat kepemimpinan Ganjar Pranowo ini.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Heribertus Slamet Widodo mengatakan, sejak diluncurkan pada 2019, layanan Trans Jateng Semarang-Kendal disambut positif warga. Lalu pada 2020, bus ini juga melayani rute ke Kawasan Industri Kendal (KIK).

“Sejak Oktober 2019 hingga Juli 2022 jumlah penumpang Trans Jateng koridor Semarang-Kendal yang terangkut adalah 2.092.122 orang. Berdasar survei kepuasan layanan, orang yang beralih dari kendaraan pribadi ke Trans Jateng sebesar 36,94 persen, dan dari angkutan konvensional ke Trans Jateng sebanyak 63,06 persen,” ujar Heribertus, saat membacakan sambutan Kepala Dishub Jateng Henggar Budi Anggoro, pada peresmian perpanjangan rute Semarang-Kendal-Weleri, di Terminal Bahurekso, Senin (22/8/2022).

Ditambahkan, dibukanya rute Trans Jateng Semarang-Kendal ikut menyerap tenaga kerja. Heribertus menjelaskan, dari 73 orang kru Trans Jateng rute tersebut, sebanyak 12,5 persen di antaranya berasal dari kalangan tidak mampu. Adapun, jumlah kru operator berjumlah 44 orang.

Baca juga   Menpora Dorong Pengembangan “Sport Tourism” di Kabupaten Kendal

Kasi Operasional Balai Transportasi Jateng Bayu Pramono Jati mengatakan, pembukaan rute Terminal Bahurekso- RTH (Ruang Terbuka Hijau) Weleri merupakan kebutuhan dan keinginan masyarakat. Apalagi, pasar yang sebelumnya ada di Weleri dipindah ke sekitar Bahurekso, karena kebakaran.

“Total armada yang melayani ada 14 (Terminal Mangkang-Terminal Bahurekso), nanti yang melayani ke Weleri (RTH Weleri) ada enam armada,” sebutnya.

Bayu mengatakan, perpanjangan rute ini juga mendapatkan dukungan dari Pemkab Kendal. Ini diwujudkan dengan penyiapan kondusivitas rute dan penyediaan tempat pemberhentian (halte).

Dia menjelaskan, perpanjangan rute juga telah melalui sejumlah kajian. Di antaranya potensi penumpang. Tercatat, penumpang yang naik Trans Jateng di Terminal Bahurekso Kendal sebanyak 3.025 orang, dan turun 281 orang.

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengapresiasi langkah Pemprov Jateng. Oleh karena itu, jajarannya melakukan dukungan dengan mendirikan lima halte, di sepanjang rute Terminal Bahurekso-RTH Weleri. Di antaranya di sepasang di Puskesmas Rowosari 2, sepasang di Pegadaian Weleri, dan titik akhir di RTH Weleri.

Baca juga   Kudha Kabudayan Kulon Progo Gelar Penguatan Kampung Jemparingan Mataram 2021

“Semoga bermanfaat untuk menggerakan roda perekonomian, dan memperlancar lalu lintas. Minat masyarakat terhadap moda transportasi ini besar. Ini akan menjadi triger untuk penghematan pengeluaran masyarakat, mengurangi kecelakaan, meningkatkan kesejahteraan dan dapat berimbas pada pendapatan asli daerah Kendal,” pungkas Windu.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Muhammad Eko menyampaikan, untuk mendukung rute sampai ke RTH Weleri, telah disediakan lima halte, yaitu dua halte di Puskesmas Rowosari II, yang saat dalam proses pembangunan bersumber dari APBD Kabupaten Kendal, dan dua halte di Pegadaian Weleri, bersumber dari CSR Bank Jateng dan Gabungan Perusda Kendal.

“Kemudian satu halte di RTH Weleri dari CSR BNI Cabang Kendal,” terangnya.

Penambahan rute tersebut mendapat apresiasi para penumpang. Salah satunya, siswa dari SMA Negeri 1 Weleri, Cika. Dia sangat senang dengan adanya penambahan rute BRT yang melintasi sekolahnya.

“Kalau berangkat sekolah bisa lebih nyaman, naik angkutan umum dengan ongkos lebih murah,” ujar Cika.

(*/N3)

Share :

Baca Juga

Gelombang tinggi menerjang pantai selatan di wilayah Yogyakarta. Foto: tangkapan layar video BPBD Bantul

Peristiwa

Waspada Lur! Gelombang Tinggi Masih Mengancam Wilayah Pantai Selatan Yogyakarta
Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa melantik pengurus BPC HIPMI Kabupaten Sleman di Pendopo Parasamya, Kamis (21/10/2021). (Foto: Humas Sleman)

Peristiwa

Wabup Danang Maharsa Dorong HIPMI Majukan UMKM di Sleman

Peristiwa

Ditutup 30 November 2021, Anugerah Jurnalistik Adinegoro “Semangat dan Harapan”
Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melantik Pengurus Karang Taruna Kota Yogyakarta (KT Kota) Periode 2021 – 2026 pada Minggu (14/11/2021) di ruang Bima, Kompleks Balaikota Yogyakarta. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wakil Walikota Lantik Pengurus Karang Taruna Kota Yogya
Sambil gowes pagi dari Yogyakarta, Ganjar memantau vaksinasi massal yang digelar di beberapa titik di kawasan Candi Borobudur Magelang. (Foto: Humas Jateng)

Peristiwa

Banyak Event Besar, Vaksinasi di Kawasan Borobudur Dipercepat
Kerusuhan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai, Papua pada 12 November 2022 dipicu oleh insiden sebuah truk yang menabrak Noldi Goo, balita berusia lima tahun hingga meninggal dunia. Akibatnya warga marah dan melakukan pembakaran. Foto: Ist

Peristiwa

Polisi Tangkap Ketua KNPB yang Diduga Dalang Kerusuhan di Dogiyai Papua
Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Yogyakarta. (Foto:nyatanya.com/Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya Terus Gencarkan Vaksinasi Bagi Pelajar
Tim Relawan Kricak Kidul siap menjalankan tugas kemanusiaan. (Foto:nyatanya.com/Agoes Jumianto)

Peristiwa

Siap 24 Jam dan Tak Kenal Lelah! Tim Relawan Kricak Kidul Berharap Pandemi Corona Segera Usai