Home / Peristiwa

Jumat, 14 Januari 2022 - 21:41 WIB

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Kalurahan Kepuharjo Tebang Pohon Tinggi

Pamong Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Komunitas Cokro melakukan penebangan pohon yang tumbuh menjulang tinggi di sepanjang jalan Merapi Golf sampai SMP 2 Cangkringan, pada Jumat (14/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

Pamong Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Komunitas Cokro melakukan penebangan pohon yang tumbuh menjulang tinggi di sepanjang jalan Merapi Golf sampai SMP 2 Cangkringan, pada Jumat (14/1/2022). (Foto: MC Kab Sleman)

NYATANYA.COM, Sleman – Pamong Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman bekerja sama dengan Komunitas Cokro melakukan penebangan pohon yang tumbuh menjulang tinggi di sepanjang jalan Merapi Golf sampai SMP 2 Cangkringan, pada Jumat (14/1/2022).

Heri Suprapto, Lurah Kepuharjo menuturkan bahwa penebangan ini dilakukan sebagi bentuk antisipasi terhadap curah hujan tinggi yang disertai angin kencang yang terjadi beberapa minggu terakhir ini.

Baca juga   139 KPM Ditetapkan sebagai Penerima BLT-DD Rahun 2022 di Kalurahan Sukoharjo

“Karena pada tahun 2021 lalu, ketika curah hujan tinggi, di wilayah Kepuharjo banyak pohon tumbang dan menimpa rumah warga,” ujar Heri.

Pemilihan lokasi penebangan, lanjut Heri, dilakukan melihat kondisi lingkungan daerah Merapi Golf hingga SMP 2 Cangkringan banyak terdapat pohoh yang tumbuh terlalu tinggi, sehingga dapat merusak kabel listrik yang melintang ketika tumbang.

“Jika pohon-pohon tersebut tumbang menimpa jaringan listrik, maka akan berakibat fatal,” imbuh Heri.

Baca juga   Intensitas Curah Hujan Tinggi, Warga Yogya Diminta Waspada

Penebangan pohon sendiri dilakukan setelah dilakukan koordinasi dengan PLN Sektor Kalasan agar dapat memadamkan sementara jaringan listrik agar proses penebangan dapat berjalan dengan lancar.

Pohon yang ditebang terdiri dari 5 Pohon Kelapa, 1 Pohon Waru, dan 1 Pohon Mindi. Proses penebangan juga dibantu oleh Komunitas Relawan Cokro.

(*/N1)

Share :

Baca Juga

Inovasi penggunaan bumbung (bambu) untuk tempat uang pada transaksi jual beli, membawa sentra jajanan kuliner tradisional Pasar Brumbung meraih penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI kategori penerapan protokol kesehatan. (Foto: MC Kab Rembang)

Peristiwa

Inovasi Bumbung Bawa Pasar Brumbung Raih Penghargaan
Bupati Mimika, Eltinus Omaleng memotong tumpeng perayaan HUT ke-25 Kabupaten Mimika. (Foto: Humas PPM)

Peristiwa

PON XX Papua, Kado Istimewa HUT ke-25 Kabupaten Mimika
Camat Martapura Timur, Guslan. (Foto: MC Kominfo Kab. Banjar)

Peristiwa

Banjir Rendam 1.632 Rumah di 18 Desa Martapura Timur
Gibran Rakabuming Raka menerima bantuan ventilator oksigen produk asli Indonesia dari PT Layani NahdlatulUlama yang dirancang Institut Teknologi Bandung. (Foto: Humas Pemkot Surakarta)

Peristiwa

Gibran Terima Bantuan Ventilator Portabel Buatan Anak Bangsa
Sejumlah penyintas Erupsi Gunung Semeru di Posko Pengungsian yang berada di Lapangan Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur. (Foto: Amiriyandi/ InfoPublik)

Peristiwa

Pengungsi Erupsi Semeru Sebut Layanan di Posko Sumberwuluh Cukup Baik
Talud ini dulunya longsor akibat kejadian siklon tropis Cempaka di bulan November 2017, dan telah selesai direkonstruksi 100% pada akhir tahun 2019, namun belum bisa langsung diresmikan karena adanya pandemi Covid-19. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Wakil Walikota Yogyakarta Resmikan Talud Juminahan
(Foto: Ilustrasi/InfoPublik)

Peristiwa

819 Ribu Dosis Vaksin Pfizer Mendarat di Bandara Soetta
Sejumlah kepala perangkat daerah Pemkot Yogyakarta menandatangani berita acara dalam rapat koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Kota Yogyakarta tahun 2021. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

Peristiwa

Pemkot Yogya – BPN Realisasikan Kegiatan Reforma Agraria Tahun 2021