Home / News

Minggu, 25 September 2022 - 21:28 WIB

Antisipasi Demo Pendukung Lukas Enembe, Polri Siapkan 1.800 Personel Pengamanan di Papua

Foto: Polda Papua/Tribratanews

Foto: Polda Papua/Tribratanews

NYATANYA.COM, Jayapura – Polda Papua menyiagakan 1.800 personel untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat setelah Komisi Pemberantasan Kosupsi (KPK) mengeluarkan panggilan kedua kepada Gubernur Papua Lukas Enembe terkait kasus korupsi.

Diketahui, Gubernur Papua Lukas Enembe telah ditetapkan oleh KPK sebagai tersangka kasus korupsi, yakni menerima gratifikasi Rp1 miliar.

Atas penetapan status tersangka kasus korupsi tersebut, Lukas Enembe telah dipanggil oleh KPK untuk diperiksa di Mako Brimob Polda Papua pada Senin 12 September 2022.

Namun Lukas Enembe tidak memenuhi panggilan pemeriksaan itu dengan alasan sakit.

“Kaki Gubernur Papua masih bengkak, sehingga sulit jalan dan pita suaranya juga terganggu,” ujar juru bicara Gubernur Papua, Muhammad Rifai Darus.

Kemudian KPK mengeluarkan panggilan kedua kepada Gubernur Papua Lukas Enembe untuk hadir dan menjalani pemeriksaan pada Senin 26 September 2022. KPK berharap Lukas bersikap kooperatif dengan menghadiri panggilan tim penyidik tersebut.

Namun, kuasa hukum Lukas, Stefanus Roy Rening kembali menyatakan kondisi Lukas Enembe masih sakit.

Baca juga   Foto: Persiapan Armada Haji 2022

“Melihat kondisi beliau, Bapak tidak memungkinkan untuk hadir hari Senin (26 September 2022),” jelas Roy Rening di Gedung KPK.

Namun, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menilai Gubernur Papua Lukas Enembe cukup sehat untuk menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi.

MAKI menyebut memiliki bukti bahwa Lukas bisa berjalan dalam jarak yang cukup jauh dan berpergian ke luar negeri di pertengahan tahun ini.

“Pada bulan Juli, terlihat Pak Lukas itu sehat karena bisa berjalan di bandara Singapura dan cukup jauh jalannya,” ujar Koordinator MAKI, Boyamin Saiman.

Dia mengaku mengantongi video Lukas saat berjalan di Bandara Changi, Singapura pada sekitar bulan Juli 2022. Selain itu, Boyamin mengatakan pada bulan Juni hingga Agustus 2022, Lukas juga tercatat bolak-balik ke luar negeri. Pada 3 Agustus 2022 misalnya, politikus Partai Demokrat itu terbang dari Singapura ke Manila, Filipina.

Lalu pada 8 Agustus 2022, dia terbang dari Malaysia ke Manila. Dan pada 13 Agustus 2022, Lukas diduga terbang dari Manila ke Singapura. Pada periode Juni-Agustus, Lukas juga berpergian ke Jerman, Belanda dan Singapura.

Baca juga   Jateng Raih Emas Pertama Cabor Menembak Peparnas Papua

Menurut Boyamin, perjalanan yang kerap dilakukan Lukas Enembe itu menunjukkan bahwa dia seharusnya bisa memenuhi panggilan KPK pada Senin 26 September 2022.

“Sehingga seharusnya (Lukas Enembe) bisa memenuhi panggilan KPK,” tegas Boyamin Saiman.

Sementara itu, Wakapolda Papua Brigjen. Pol. Ramdani Hidayat, S.H., menerangkan telah menyiagakan sebanyak 1.800 personel gabungan dalam pengamanan pemanggilan dan pemeriksaan Lukas Enembe untuk mengantisipasti aksi demo yang dilakukan para pendukung Lukas Enembe.

Dijelaskan, sebanyak 800 personel itu tersebar di Polresta Jayapura, Polres Jayapura, Polda Papua, dan Brimob termasuk tiga kompi Brimob Nusantara dari Polda Sumatera Utara, Polda Sulawesi Utara, dan Polda Maluku.

“1.800 Personel siap digerakkan bila terjadi gangguan kamtibmas terutama di Jayapura yang merupakan ibu kota provinsi,” jelas Wakapolda Papua. (*)

Share :

Baca Juga

Menko PMK Muhadjir Effendy, mengatakan bahwa pemerintah belum membahas terkait aturan mudik lebaran pada 2022. Menko Muhadjir meminta masyarakat berjaga-jaga untuk segera melengkapi vaksin hingga dosis kedua bahkan booster. (Foto: Kemenko PMK)

News

Menko PMK: Belum Ada Pembahasan Aturan Mudik Lebaran
Haryadi Suyuti. Foto: Humas Pemkot Yogya

News

Ternyata Kasus Ini yang Membuat Haryadi Suyuti Terjaring OTT KPK
Foto Istimewa/InfoPublik.id

News

Sudah 87.718 Jemaah Haji Indonesia Diberangkatkan ke Tanah Suci
Para wisatawan berjalan di pedestrian Malioboro yang ditetapkan sebagai kawasan wajib masker. (Foto: Humas Pemkot Yogya)

News

Meski Yogya PPKM Level 3, Warga Ditekankan Tetap Jalankan Prokes
Jalan Bypass Bandara International Lombok (BIL) - Mandalika, sepanjang 17,36 kilometer dipastikan telah siap diresmikan. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

News

Dukung WSBK 2021, Jalan Bypass BIL-Mandalika Siap Diresmikan
Ilustrasi: nyatanya.com

News

Kabupaten Magelang Turun PPKM Level 2, Masih 120 Kasus Aktif Covid-19
Presiden RI Joko Widodo mengatakan, gelar pahlawan nasional Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia Soekarno atau Bung Karno telah memenuhi syarat setia kepada bangsa. Atas dasar itu, Presiden ke-1 Indonesia itu tepat dianugerahi gelar kepahlawanan. Foto: BPMI Setpres

News

Bung Karno Memenuhi Syarat sebagai Pahlawan Nasional, Begini Penjelasan Presiden Jokowi
Jembatan Ganefo nantinya bisa dilewati oleh kendaraan berpapasan, menghubungkan jalur Sragen, Galeh, hingga Purwodadi, dan sebaliknya. (Foto: Diskominfo Jateng)

News

Jembatan Ganefo Sragen Ditarget Rampung Akhir Tahun, Gantikan Jembatan Bersejarah yang Dibangun Ir Soekarno